Wooow Inilah 12 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami Yang Bakalan Membuat Gigi Anda Putih Berkilau Dalam Waktu Singkat

Wooow Inilah 12 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami Yang Bakalan Membuat Gigi Anda Putih Berkilau Dalam Waktu Singkat

Wooow Inilah 12 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami Yang Bakalan Membuat Gigi Anda Putih Berkilau Dalam Waktu Singkat
INIRecipes.ID - Siapa yang tidak ingin memiliki gigi sehat dan putih berkilau? Tentunya semua orang menginginkan hal tersebut, akan tetapi banyak faktor bisa membuat gigi menjadi kuning dan hal tersebut bisa mengurangi kepercayaan diri seseorang.

Gigi yang putih dan berkilau akan membuat senyum dan penampilan kita lebih menarik. Berdasarkan penelitian dari American Dental Association (ADA) yang melibatkan beberapa responden, 87% diantara mereka menyatakan bahwa mereka merasa senang apabila melihat orang lain tersenyum terutama jika mereka memiliki gigi yang putih.

Mengapa gigi menjadi kuning?

Sebenarnya saat dilahirkan manusia memiliki gigi yang berwarna putih namun lambat laun semakin kita tumbuh, warna gigi bisa berubah dikarenakan banyak faktor.

Warna gigi yang terlihat putih secara biologi merupakan warna dari lapisan transparan enamel gigi, warna lapisan dentin di dalamnya serta warna dari lapisan yang berada di antara enamel dan dentin.

Penelitian menunjukkan bahwa warna gigi bisa berubah dikarenakan oleh noda yang bisa berasal dari luar maupun dari dalam. Berikut ini adalah faktor yang menyebabkan gigi menjadi kuning baik ekstrinsik (faktor luar) maupun intrinsik (faktor dalam):

Faktor ekstrinsik

Faktor luar yang menyebabkan noda pada gigi diantaranya adalah makanan, rokok, dan alkohol. Makanan yang terlalu panas atau dingin bisa merusak warna alami gigi sama halnya dengan kopi, coklat, teh dan makanan lainnya.

Tembakau yang terkandung dalam rokok juga bisa menjadi salah satu penyebab berubahnya warna gigi. Sebenarnya perubahan warna pada gigi yang disebabkan oleh makanan bisa dihindari dengan membersihkan gigi atau menyikat gigi setelah makan.

Faktor instrinsik

Selain faktor yang berasal dari luar, perubahan warna gigi juga bisa disebabkan oleh faktor yang berasal dari dalam, contohnya adalah beberapa jenis obat-obatan tertentu.

Dengan berjalannya waktu, gigi akan membentuk material atau senyawa diantara lapisan enamel dan dentin dan semakin lama senyawa tersebut bisa terakumulasi dalam gigi dan menyebabkan gigi menjadi kuning.

Perubahan warna gigi yang disebabkan oleh faktor intrinsik lebih sulit dihilangkan daripada yang disebabkan oleh faktor luar.

Cara memutihkan gigi secara alami

Meskipun perubahan warna gigi atau gigi kuning sulit dihindari, tetap ada cara untuk mengembalikan warna putih alami gigi. Banyak orang yang menghabiskan uang untuk memutihkan gigi dengan cepat di klinik kesehatan dan kecantikan.

Jika anda memiliki gigi kuning dan tidak punya cukup uang untuk memutihkannya di klinik kesehatan dan kecantikan, cara-cara berikut ini bisa dapat membantu anda:

1. Siwak

Istilah siwak yang kita kenal untuk membersihkan gigi sebenarnya adalah dahan atau bagian dari pohon siwak itu sendiri. Siwak telah lama digunakan sebagai bahan alami untuk menjaga kebersihan dan warna putih alami gigi.

Penelitian arkeologis juga menemukan bahwa siwak telah digunakan sejak jaman peradaban Mesir kuno. Tidak hanya itu, umat islam tentunya mengenal dengan baik bahwa nabi Muhammad SAW selalu membersihkan giginya dengan menggunakan siwak. Berikut ini adalah cara menggunakan siwak untuk membersihkan dan menghilangkan noda pada gigi :

Gunakan siwak yang memiliki tekstur lembut, siwak ini bisa didapat dari bagian batang atau akar tanaman siwak

Haluskan siwak tersebut sampai menjadi bubuk

Campurkan bubuk siwak dengan sedikit air lalu oleskan pasta tersebut pada gigi

Bersihkan atau berkumurlah setelah lima menit

Perawatan ini bisa dilakukan dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Strawberry

Tidak hanya enak dikonsumsi, strawberry mengandung vitamin C dan asam ellagic yang dapat membantu memutihkan gigi. Beberapa seleb hollywood seperti Catherine Zeta-Jones dan Tyra Banks bahkan terbiasa menggunakan strawberry sebagai bahan pemutih gigi.

Efek pemutih yang ditimbulkan oleh strawberry bisa didapat dalam waktu yang singkat bahkan hanya dengan mengunyahnya saja. Berikut ini cara menggunakan strawberry untuk memutihkan gigi :

Strawberry bisa langsung digosokkan pada gigi dan diamkan selama beberapa menit. Kemudian berkumurlah dengan air hangat

Atau haluskan sebuah strawberry dan campurkan dengan satu sendok teh baking soda

Oleskan pasta strawberry pada gigi dan biarkan selama dua menit. Kemudian bilas dengan air hangat

Lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu

3. Minyak kelapa

Siapa sangka bahwa minyak kelapa ternyata dapat digunakan untuk mencegah plak sekaligus menjadikan gigi anda yang bermula kuning menjadi lebih putih dan bersih.

Minyak kelapa merupakan minyak nabati hasil ekstrak dari daging kelapa dan memiliki jenis lemak yang dibilang cukup unik dan kaya akan manfaat, karena keseluruhan dari lemak tersebut terbuat dari Medium Chain Triglycerides (MCTs).

Siapkan satu sendok makan minyak kelapa

Oleskan minyak kelapa ke gigi anda secara merata dan diamkan selama 10-15 menit

Ludahkan minyak kelapa tadi dan kumur mulut anda dengan air bersih

Terakhir sikat gigi anda seperti biasa

4. Gunakan hidrogen peroxida

Hidrogen peroksida adalah salah satu bahan kimia yang dapat digunakan untuk memutihkan gigi. Senyawa hidrogen peroksida biasanya digunakan sebagai produk pemutih pada makanan dan dalam konsentrasi tertentu bisa membantu memudarkan noda pada gigi.

Hidrogen peroksida banyak dijual di apotik dan toko bahan kimia. Jika anda ingin menggunakan hidrogen peroksida untuk memutihkan gigi sebaiknya pilih produk hidrogen peroksida yang memiliki label food grade atau aman untuk dikonsumsi.

Larutkan seujung sendok hidrogen peroksida pada segelas air

Gunakan larutan tersebut untuk berkumur

Selain digunakan untuk berkumur, hidrogen peroksida juga dapat digunakan untuk membuat pasta gigi alami dengan mencampurnya dengan baking soda.

Ingatlah untuk selalu berhati-hati saat menggunakan hidrogen peroksida untuk berkumur atau menyikat gigi. Penggunaan yang berlebihan malah akan merusak gigi anda. Disarankan untuk menggunakannya satu bulan sekali.

5. Garam dan lemon

Garam dan lemon bisa jadi perpaduan ampuh untuk menghilangkan warna kuning pada gigi. Garam merupakan eksfoliator atau pengelupas alami yang bisa digunakan untuk mengikis noda pada gigi, sementara lemon mengandung asam yang bisa membantu melunturkan noda pada lapisan enamel.

Berikut langkah-langkah yang perlu anda lakukan untuk memutihkan gigi menggunakan garam dan lemon:

Campur satu sendok teh garam dengan beberapa tetes lemon

Gosokkan campuran tersebut pada gigi dan diamkan beberapa menit

Bilas atau berkumurlah dengan air hangat

Selain menggunakan cara diatas, anda juga bisa menggunakan kulit lemon untuk menggosok gigi dengan mengaplikasikannya langsung pada gigi dan biarkan selama beberapa menit, kemudian kumur dengan air bersih.

Lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu

6. Baking soda

Baking soda merupakan salah satu bahan alami yang populer dan sering digunakan untuk memutihkan gigi. Baking soda adalah serbuk halus berwarna putih yang biasa digunakan sebagai pengembang makanan seperti kue dan makanan lainnya.

Namun, penggunaan baking soda secara berlebihan malah dapat merusak gigi anda. Maka dari itu, gunakan baking soda minimal satu atau dua bulan sekali.

Buatlah pasta baking soda dengan mencampurkan dua sendok makan baking soda dengan satu sendok air

Oleskan pasta tersebut pada gigi dan biarkan selama tiga menit

Bilas dan berkumurlah dengan air hangat

7. Kulit jeruk

Kulit jeruk mungkin dianggap sebagai sampah bagi kebanyakan orang dan seringkali tidak dimanfaatkan meskipun banyak memiliki manfaat.

Selain berguna untuk menghilangkan jerawat, kulit jeruk yang mengandung vitamin C bisa digunakan untuk memutihkan gigi. Berikut ini cara menggunakan kulit jeruk sebagai pemutih alami gigi :

Buatlah pasta dari bubuk kulit jeruk yang dikeringkan kemudian diblender sampai halus

Campurkan bubuk kulit jeruk tersebut dengan air secukupnya

Oleskan pasta kulit jeruk tersebut pada gigi dan diamkan selama kurang lebih tiga menit

Bilas atau berkumurlah dengan air hangat

Lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal

8. Baking soda dan jus lemon

Bahan yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga kita. Baking soda dipercaya ampuh atasi noda kuning pada permukaan gigi. Baking soda dan jus lemon merupakan kombinasi yang cukup bagus untuk mengatasi gigi kuning sekaligus membuatnya lebih putih mengkilau.

Penggunaaan baking soda sebagai pemutih gigi bisa dikombinasikan dengan bahan lainnya seperti hidrogen peroksida dan strawberry. Serbuk baking soda mampu mengikis warna kuning pada lapisan enamel gigi dan membuatnya kembali putih. Berikut ini cara menggunakan baking soda sebagai bahan pemutih gigi :

Tuangkan beberapa sendok teh baking soda secukupnya

Tambahkan sedikit jus lemon

Aduk hingga tercampur rata hingga menyerupai pasta

Letakkan pada sikat gigi, lalu gosok gigi anda secara merata

Terakhir kumur dengan air bersih

9. Cuka sari apel

Cuka sari apel atau yang dikenal sebagai apple vinegar adalah cuka yang tebuat dari sari buah apel yang difermentasi. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa cuka sari apel dapat menghilangkan noda pada gigi terutama yang disebabkan oleh kafein dari teh atau kopi serta nikotin yang terkandung dalam rokok.

Berkumur dengan menggunakan cuka sari apel juga mampu membunuh bakteri dalam mulut yang dapat meneybabkan karies pada gigi. Berikut ini adalah cara memutihkan gigi dengan menggunakan cuka sari apel :

Larutkan dua sendok cuka sari apel pada setengah gelas air mineral

Berkumurlah dengan larutan tersebut selama kurang lebih satu menit

Untuk menetralkan kondisi mulut setelah berkumur dengan cuka sari apel, sebaiknya gosoklahlah gigi dengan menggunakan pasta gigi yang biasa anda pakai

Lakukan perawatan ini secara rutin dua kali dalam seminggu

10. Mengunyah Sayuran mentah

Menguyah sayuran mentah seperi wortel dan tomat bisa membantu memutihkan gigi. Wortel dan tomat mengandung vitamin dan zat yang bisa menghilangkan noda pada gigi.

Cukup dengan mengunyahnya selama beberapa menit sehari sekali anda bisa mendapatkan gigi yang putih meskipun efek yang ditimbulkan tidaklah secepat bahan pemutih alami lainnya.

11. Apel

Mengunyah apel secara rutin ternyata dapat menguatkan gusi gigi anda sekaligus memutihkannya. Kandungan dari apel juga terbukti ampuh meningkatkan produksi air liur yang berperan penting membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut dan kerusakan pada gigi.

Selain itu, senyawa asam dan serat pada apel juga ikut andil dalam menghilangkan plak dan noda kuning pada gigi.

12. Arang kayu

Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa arang bisa memutihkan gigi dengan cepat. Hal ini memang terdengar tidak wajar karena arang tentunya berwarna hitam dan mungkin kita bingung bagaimana arang bisa membersihkan dan menghilangkan noda pada gigi yang berwarna kuning.

Arang mengandung senyawa aktif karbon yang bisa mengikis noda pada enamel gigi dengan cepat. Namun perlu diperhatikan bahwa arang tidak dapat digunakan sebagai bahan perawatan gigi secara rutin. Berikut ini cara memutihkan gigi menggunakan arang  :

Tumbuklah arang kayu hingga menjadi bubuk

Campurkan bubuk arang dengan sedikit air dan oleskan pasta tersebut pada gigi selama beberapa menit

Kumur dengan menggunakan air hangat dan lihatlah perubahannya

Ingatlah untuk hanya menggunakan arang maksimal dua kali dalam sebulan saja karena arang bisa merusak lapisan pelindung gigi dan mengakibatkan gigi menjadi sensitif

Tips mencegah gigi menjadi kuning

Seperti yang kita tahu bahwa gigi yang kuning dapat mempengaruhi penampilan kita dan terkadang membuat kita tidak percaya diri. Untuk menjaga agar gigi tetap putih dan bersih, lakukan beberapa hal berikut ini :

1. Menyikat gigi dengan rutin

Malas menggosok gigi adalah salah satu faktor ekstrinsik penyebab gigi menjadi kuning. Jika anda ingin memiliki gigi yang sehat, putih dan berkilau maka rajin-rajinlah menggosok gigi minimal dua kali dalam sehari setelah makan terutama sebelum tidur.

Menggosok gigi tidak hanya membersihkan mulut dari bakteri dan sisa makanan, tetapi juga dapat membantu mengembalikan warna alami gigi. Saat ini banyak produk pasta gigi yang mengandung pemutih di pasaran, kita tinggal memilih mana pasta gigi yang cocok dan dapat kita gunakan setiap hari.

Selain itu pilihlah sikat gigi yang sesuai untuk gigi anda, usahakan untuk tidak memilih sikat gigi dengan bulu yang terlalu keras karena bisa melukai gusi.

2. Menggunakan sedotan

Siapa sangka sedotan bisa digunakan untuk mencegah gigi menjadi kuning dan melindungi gigi kita dari warna dan suhu minuman. Gunakan sedotan saat meminum kopi, teh atau minuman lain yang bisa berpengaruh pada warna gigi.

Hal ini bisa mencegah paparan langsung zat yang ada dalam minuman dengan enamel pada gigi. Zat warna yang ada dalam kopi dan teh bisa mengendap pada gigi dan lama kelamaan menimbulkan noda pada enamael gigi. Noda ini akan membuat gigi menjadi kuning jika terus dibiarkan.

Meminum kopi atau teh hangat dengan sedotan adalah hal yang aneh, tapi jika hal ini bisa membuat gigi kita tetap putih dan sehat mengapa tidak?

3. Meminum susu

Mengkonsumsi produk susu terutama susu plain atau susu steril tanpa tambahan rasa dan pewarna bisa membantu menjaga gigi tetap putih serta mencegah gigi menjadi kuning. Warna alami susu yang putih dan kalsium yang terkandung didalamnya tidak hanya membuat gigi kita menjadi kuat dan sehat namun membuatnya menjadi putih.

Zat warna dalam susu bisa menghilangkan noda yang menempel pada enamel gigi dan mengembalikan warna alami gigi. Pilihlah produk susu murni tanpa tambahan gula atau zat adiktif lainnya dan konsumsilah minimal dua kali dalam sehari.

Meminum susu hangat atau dingin memang nikmat tapi perlu diingat juga bahwa suhu minuman bisa mempengaruhi warna dan merusak lapisan enamel pada gigi. Maka dari itu, sebaiknya konsumsilah susu dalam keadaan tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.

4. Hindari merokok dan mengkonsumsi alkohol

Rokok berasal dari tanaman tembakau yang mengandung nikotin. Zat nikotin dalam rokok bisa menempel pada lapisan enamel gigi dan lama kelamaan menimbulkan noda pada lapisan enamel. Noda yang menempel pada gigi akan terakumulasi dan menutupi warna alami gigi sehingga membuat warna gigi menjadi kuning.

Sama halnya dengan rokok, minuman berakohol seperti bir atau anggur bisa menyebabkan gigi menjadi kuning dan sulit untuk dihilangkan. Jika anda tidak ingin memiliki gigi kuning, maka sebaiknya hentikan kebiasaan merokok dan meminum alkohol mulai dari sekarang.

Selain itu, menghentikan kebiasaan merokok dan minum alkohol tidak hanya akan membuat gigi sehat tetapi juga menghindarkan anda dari berbagai macam penyakit termasuk kanker dan serangan jantung.

Anda pilih cara yang mana ?

Cobalah salah satu dari beberapa cara memutihkan gigi yang telah disebutkan diatas dan tunggu hasilnya selama beberapa minggu. Misalkan dalam beberapa minggu hasilnya kurang maksimal, anda bisa menggunakan cara lainnya.

Atau mungkin anda punya cara tersendiri untuk memutihkan gigi yang kuning? Tidak ada salahnya untuk membagikannya melalui kotak komentar dibawah ini. 🙂

BACA JUGA YANG INI:

Wooow Inilah 12 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami Yang Bakalan Membuat Gigi Anda Putih Berkilau Dalam Waktu Singkat

Baca Juga Ini