Jangan Minum Teh Saat Haid, Ini Alasannya

Jangan Minum Teh Saat Haid, Ini Alasannya

Jangan Minum Teh Saat Haid, Ini Alasannya
Bahaya minum teh saat haid - Minum teh saat haid ternyata tidak dianjurkan secara medis. Ini alasannya.

Saat haid, teh sering dijadikan senjata untuk memperbaiki mood yang berantakan, nyeri perut tak tertahankan, atau kliyengan. Namun ternyata, minum teh saat haid dapat memperparah keadaan.

Haid merupakan suatu kondisi ketika sel telur pada wanita tidak dibuahi oleh sperma dari pria. Pada prosesnya, kejadian ini menyebabkan dinding rahim luruh dan dikeluarkan dalam bentuk gumpalan darah melalui vagina.

Selanjutnya, setelah sejumlah darah dikeluarkan, tubuh harus memproduksi sel darah merah yang baru. Satu-satunya cara agar tubuh mampu memproduksi sel itu adalah dengan memenuhi kebutuhan zat besi harian.

Lantas, apa hubungannya dengan minum teh saat haid? Teh mengandung suatu zat yang disebut tanin. Zat ini menghambat penyerapan zat besi di dalam tubuh. Jadi, jika Anda minum teh saat haid, penyerapan zat besi dari makanan ke tubuh akan terganggu.

Akibatnya, pembentukan sel darah merah yang baru pun ikut terganggu. Jika ini dibiarkan, maka risiko Anda terkena anemia atau kurang darah akan semakin meningkat.

Namun demikian, minum teh saat haid sebenarnya tidak sepenuhnya dilarang. Dengan catatan, Anda hanya minum satu atau dua cangkir, dan tidak diminum bersamaan dengan makanan yang mengandung zat besi seperti sayuran hijau, daging sapi, hati ayam dan lainnya.

Nah, sudah jelas, bukan? Jadi, mulai saat ini, sebaiknya Anda tidak minum teh saat haid. Atau, bila sangat ingin, jangan lupa dengan aturan yang sudah disebutkan di atas, ya!

Sumber : klikdokter

BACA JUGA YANG INI:

Jangan Minum Teh Saat Haid, Ini Alasannya