Resep Donat "Kentang" Empuk

Resep Donat "Kentang" Empuk

Resep Donat "Kentang" Empuk

CARA MEMBUAT RESEP DONAT KENTANG

  • Kentang


Kentang (Solanum tuberosum L.) merupakan tanaman dari suku Solanaceae yg mempunyai umbi batang dan dapat di dikonsumsi. Umbi kentang ini sudah jadi salah satu makanan pokok utama di tengah-tengah masyarakat kita dan di  Eropa, dan umbi kentang ini berasal dari Amerika Selatan. Kemudian pada waktu itu orang Portugis, sepanyol membawa bibit dari umbi kentang ini lalu di kembang biakan di eropa. Sumber Wikipedia

Umbi kentang ini terkenal di buat makanan seperti sayur-sayuran tapi selain itu ternyata umbi kentang ini bisa di buat menjadi kue donat yang sangat empuk dan enak sekali, berikut INIResep akan memaparkan resep dan cara pembuatan umbi kentang tersebut.

Sediakan bahan-bahan sebagai berikut :

- 400 gr kentang kukus dan sudah dihaluskan
- 1000 gr tepung terigu
- 200 gr gula pasir yang sudah dihaluskan
- 150 gr mentega
- 200 ml air es
- 22 gram ragi instan
- 8 butir kuning telur
- 100 gram susu bubuk
- 1kg Minyak goreng

Bahan penyedap donat kentang

- Coklat chocochip
- Kacang Mede
- Keju parut
- Gula tepung
- Selai Durian, Stroberry dan lain-lain

Cara pembuatan donat kentang empuk sebagai berikut:

  1. Pertama-tama masukan 100 gram susu bubuk, 1000 gram tepung terigu, 200 gr gula pasir yang sudah dihaluskan dan 22 gram ragi instan lalu aduk sampai merata.
  2. Setelah di aduk rata tambahkan 400 gr kentang kukus yang sudah dihaluskan tadi dan aduk lagi sampai menyatu
  3. Kemudian masukan  200 ml air es secara perlahan sambil di aduk supaya tidak terlalu encer adonannya dan masukan 8 butir kuning telur, aduk terus sampai adonan tidak lengket dan mudah untuk kita bentuk.
  4. Nah setelah selesai bikin adonannya, waktunya kita bentuk adonan tersebut menjadi beberapa bagian sesuai seleran anda sampai adonan habis, dan sebelum di goreng anda diamkan terlebih dahulu selama 25-35 menit supaya adonan mengembang.
  5. Lalu Goreng adonan yang sudah mengembang di atas minyak sangat panas dengan keadaan api yang tidak terlalu kecil juga tidak terlalu besar. agar donat yang kita masak mateng dengan merata/tidak hangus sebelah. Setelah donat berubah warna kekuning-kuningan itu tandanya donat sudah matang, anda angat dan tiriskan sebentar.
  6. Setelah selesai semuanya kita tinggal kasih olesan mentega dahulu sebelum kita menaburkan kacang, keju, Coklat chocochip dan lain-lain supaya menempel ke donatnya.
  7. Hidangkan donat tersebut dan selamat menikmatinya.
Resep Donat Kentang


Mudah bukan, cara membuat donat kentang empuk dan nikmat ini?.. selamat mencobanya, karena makanan yang kita buat sendiri ada kesan dan rasa tersendiri, di cukupkan sekian dulu dari INIResep tentang ulasan bagaimana cara membuat donat kentang.

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai