Resep makanan Bayam Untuk Anak Susah Makan Sayuran

Resep makanan Bayam Untuk Anak Susah Makan Sayuran

Resep makanan Bayam Untuk Anak Susah Makan Sayuran

Bayam

Resep makanan Bayam Untuk Anak Susah Makan Sayuran - Bayam atau Amaranthus spp adalah merupakan tumbuhan sayuran yang dapat ditanam untuk dikonsumsi daunnya sebagai sayuran hijau. Tumbuhan bayam ini berasal dari Amerika tropik namun sekarang banyak membudidayakan tumbuhan bayam ini dan tersebar ke seluruh dunia. Dan juga sayur bayam ini dikenal sebagai sayuran sumber zat besi yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Sumber Wikipedia

Saya menemukan cara memasak bakso, burger, dan lasagna bayam yang mungkin buntik bisa dicoba untuk menarik perhatian anak Anda supaya dia mau mencoba dan menikmati sayuran bayam ini, karena gizi dari bayam ini sangat tinggi.
Biasanya, ada beberapa anak kecil agak sedikit  sulit jika mengajak anak-anak untuk mengonsumsi sayuran hijau. Padahal, para bunda di sini sudah tahukan akan nutrisi yang terkandung dalam sayuran hijau ini seperti bayam ini sangat penting sekali untuk pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Nah untuk semua bunda yang mempunyai anak yang tidak suka memakan sayur-sayuran ini,coba bunda memanfaatkan sayuran bayam karena rasa bayam ini cenderung ringan dibandingkan sayuran hijau lainnya sehingga sayuran ini bisa Anda sisipkan pada makanan kesukaan anak anda. Sehingga ketika anak anda makan tidak akan menyadarinya kalau dia sedang menikmati bayam!

Lalu cara apa saja yang bisa bunda lakukan untuk bikin sajian bayam yang dapat disukai anak anda? berikut akan saya paparkan beberapa inspirasinya yang bisa bunda simak dan peraktekan di rumah berikut ini:


  • Burger Bayam


Cuci terlebih dahulu bayam dengan bersih, lalu cincang dengan putih telor yang sudah di goreng,dan tambahkan cincang bawang bombay, parutan keju, tepung roti serta tambahkan garam secukupnya dan bawang putih yang sudah di tumbuk halus, aduk semuanya sampai menjadi adonan. Setelah itu bentuk adonan menjadi seperti burger atau anda bisa bentuk hanya dengan bulat-bulat kecil sesuai selera anak anda, lalu masak setelah semuanya beres anda bentuk di atas wajan anti lengket selama kurang lebih 5-6 menit atau jika adonan warnanya sudah berubah menjadi kuning keemasan. Dan angkat tiriskan, selanjutnya Anda bisa menyajikan burger bayam ini deng roti burger dan keju.

Resep Burger Bayam


  • Bakso bayam


Cuci bersih bayam dan siangi, lalu keringkan. Bunda pastikan kalo bayam benar-benar sudah kering sebelum bunda haluskan, sebab kalau bayam masih basah, adonan bakso susah untuk di bentuk dan mudah hancur ketika saat dimasak. Setelah bayam sudah kering, bunda haluskan bayam tersebut dengan keju secukupnya, srta telur kuningnya saja dan tepung dalam food processor atau di blender. Setelah adonan siap di bentuk, bunda bentuk adonannya menjadi bulatan kecil seperti bakso, lalu sisihkan. Kemudian Taburkan sedikit tepung pada kedua telapak tangan Anda saat hendak membentuk adonan supaya tidak lengket pada tangan. Setelah beres semua adona bunda bentuk, sekarang didihkan air lalu rebus bola-bola bayam tadi selama 3 menit atau sampai bola bayam mengapung. Angkat dan tiriskan bakso, kemudian sajikan  dengan parutan keju.


  • Lasagna Bayam


Sediakan bawang bombay, baayam, oregano dan bawang putih. Lalu cincang semua bahan tersebut dan tumis, lalu tambahkan sedikit air dan saus spaghetti kesukaan Anda dan panaskan selama 20 menit di atas api sedang. Lalu sambil bunda menunggu saus bayamnya matang, parut keju, telur lada dan sedikit garam dalam wadah. Setelah selesai Sisihkan terlebih dahulu campuran tersebut. Lalu angakt saus jika saus yang tadi di masak sudah mateng, lalu simpan sedikit saus di bawah pinggan tahan panas dan letakkan juga lapisan lasagna yang sudah siap di masak tapi yang belum matang letakan di atas saus, kemudian lapisi lagi bagian atas lasagna dengan saus. Lakukan terus berulang kali sampai saus habis. Setelah selesai semuanya, tutup pinggan lalu panggang di dalam oven bersuhu kurang lebih175OC selama 55 menit. Setelah itu, buka tutup pinggan, dan panggang kembali lasagna selama 15 menit. Dan akhirnya Lasagna bayam pun siap disajikan untuk si kecil tercinta.

Resep Lasagna Bayam

Mungkin itu tips dari INIResep untuk para buntik yang mempunyai anak yang susah makan sayur-sayuran, buntik bisa mengakalinya dengan cara memasknya seperti tips di atas, semoga tips di atas dapat membantu para buntik pembaca setia INIResep dlam kasih makan-makanan yang gizinya baik buat pertumbuhan dan perkembangan si buah hati buntik.

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai