Resep Soto Babat Warisan Keluarga

Resep Soto Babat Warisan Keluarga

Resep Soto Babat Warisan Keluarga

Cara Membuat Soto Babat Warisan Keluarga


Bahan-bahan

- 200 gram daging sapi
- 250 gram daging sotoan

Bumbu halus

- 2 ruas jari kunir
- 10 siung bawang merah
- 5 siung bawang putih
- 5 buah kemiri
- 500-600 ml santan dan
- Serai,daun salam,daun jeruk,gula garam merica secukupnya

Bahan pelengkap

- 200gram kubis
- 2 batang seledri
- 1 buah jeruk nipis
- Krupuk udang dan telur

Sambel

- 30 buah cabe rawit

Cara membuatnya

  1. Pertama-tama cuci terlebih dahulu sotoan dan daging sampai benar-benar bersih lalu rebus dengan air yang banyak dan tambahin beberapa lembar daun jeruk,sampai daging dan sotoan empuk, setelah empuk sisihkan dan tiriskan
  2. Kemudian tumis bumbu halus sampai matang tambahkan daun salam,sere daun jeruk,aduk-aduk sampai bumbu mateng, ciri-cirinya kalo daun jeruk sudah berubah warana itu tandanya bumbu sudah mateng
  3. Setelah bumbu sudah matang baru masukan air rebusan daging tadi,sambil menunggu rebusan mendidih,potong-potong daging dan sotoan sesuai selera masing-masing dan masukkan kedalam kuah soto.
  4. Setelah kuah soto mendidih tambahkan santan dan aduk serta tambahkan bumbu,sperti gula,garam,merica,ketumbar,sampai santan tidak pecah,cicipi sedikit rasanya, jikakalo sudah pas rasanya angkat, dan sajikan serta tambahkan pelengkapnya.
  5. Untuk membuat sambelnya anda cukup rebus cabe rawit, sampai mendidih semudian haluskan.
  6. Soto siap di hidangkan untuk keluarga, selesai.
Resep Soto Babat santan


Cerita di balik resep soto babat ini

Kebanyakan kuah soto itu warnanya bening, soto babat ini berasal dari kota nganjuk tepatnya di desa sukomoro dan sangat terkenal skali, kalo anda ke kota nganjuk coba mampir ke desa sukomoro cari soto babat mak kasih, karena sotonya sangat enaaaaak dan segar,meskipun sotonya pakai santan tidak ada rasa eneug, dan juga resep ini sudah turun temurun dari leluhur daerah nganjuk.

Tips untuk resep ini

Biar rasanya joss saya pribadikalo makan soto babat ini dengan kubos, jeruk nipis, sambal, dan kecap yang banyak dengan keadaan kuahnya masih panas jadi rasanya itu pedes,panas,manis,asem. Eummmmm bikin ngiler az.

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai