Cara Membuat dan Resep Es Cendol

Cara Membuat dan Resep Es Cendol

Cara Membuat dan Resep Es Cendol

Resep Es Cendol
Resep Es Cendol - Tentunya buntik sering menemukan jajanan es cendol yang di jual di pasar-pasar tradisional. Sangat menggoda selera, bukan? Namun tetapi ada beberapa orang yang mengurungkan niatnya untuk membeli es cendol tersebut dikarenakan tidak yakin dengan higienisan dan kebersihan serta keamanan bahan baku yang digunakan oleh penjual es cendol dalam pembuatannya? Supaya buntik dan buntar tidak perlu ragu lagi untuk mengonsumsi es cendol, INIRecipes akan membagikan bagaimana cara membuat dan resep es cendol yang nikmat dan segar. Pembuatan Es Cendol ini bahan-bahan yang di perlukan sangat mudah sekali di dapat. Selain itu es cendol cocok sekali apabila di sajikan di tengah teriknya matahari ketika musim kemarau, tetapi ketika menginjak bulan ramadhan es cendol sering di hidangkan sebagai pembuka puasa. Karena Kandungan gula merah dan tepung beras di dalam es cendol ini dapat mengembalikan vitalitas setelah seharian berpuasa.

Adapun cara mencetak cendol ini dengan saringan yang bentuknya mirip sekali dengan saringan santan kelapa yang terbuat dari aluminium. Tetapi Jika buntik di rumah tidak mempunyai alat tersebut tidak usah khawatir  karena buntik bisa menggunakan dengan plastik berbentuk segitiga sama seperti yang sering digunakan untuk menghias cake. Lalu lubangi ujungnya kira-kira hingga berdiameter 0.5 cm, dan masukkan adonan bubur cendol ke dalamnya, lantas cetak cendol tersebut secara perlahan di atas baskom yang berisi air dingin. Lakukan sampai semua bahan adonan cendol habis.

Resep Membuat Es Cendol


Waktu persiapan Waktu memasak Waktu total Saran penyajian
15 minit 30 minit 45 minit 5 Porsi

No Bahan Berat
1 tepung sagu 50 gram
2 tepung beras 100 gram
3 air suji 100 ml
4 air 200 ml
5 nangka matang, potong dadu 1 cm 100 gram
6 santan kental matang 200 ml
7 daun pandan, simpulkan 2 lembar
8 garam ½ sdt
9 gula merah sisir 150 gram
10 air 100 ml
11 es serut 500 gram

Cara membuat Es Cendol
  • Pertama campurkan 100 gram tepung beras, 50 gram tepung sagu, 100 ml air suji, dan 200 ml air menjadi satu. Lalu masak di atasa api sedang sambil di aduk-aduk sampai menjadi bubur yang kental.
  • Kemudian siapkan baskom ukuran sedang dan isi dengan air dingin, lalu saring adonan bubur tepung tadi dengan menggunakan saringan cendol dan biarkan jatuh ke dalam baskom yang berisi air sampai membeku serta membentuk cendol. sisihkan
  • Kedua rebus santan, garam, dan daun pandan sampai mendidih dan angkat.
  • Kemudian rebus gula merah yang sudah di sisir dengan 100 ml air sampai larut dan mengental. lalu Angkat.
  • Cara penyajian: Letakkan dan susun larutan gula, cendol, nangka, santan dan es serut pada gelas atau gelas.
Salah satu tips di atas dalam menyajikan es cendol ialah mencampurkan setiap bagian seperti cendol, santan, gula merah, dan es batu yang dihancurkan sesaat sebelum dihidangkan sesaat sebelum disajikan supaya tampilannya akan terlihat cantik dan menggugah selera. Dengan menyajikan es cendol sendiri di rumah buntik bisa yakin dengan kebersihan dan keamanan bahan-bahan yang di gunakan. Semoga resep es cendol ini bisa membatu semua member INIRecipes. Selamat mencoba,

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai