Menu Makanan Sahur Biar Tahan Lapar Ketika Menjalankan Ibadah Puasa

Menu Makanan Sahur Biar Tahan Lapar Ketika Menjalankan Ibadah Puasa

Menu Makanan Sahur Biar Tahan Lapar Ketika Menjalankan Ibadah Puasa

Menu Makanan Sahur Biar Tahan Lapar Ketika Menjalankan Ibadah Puasa
Tidak terasa kini bulan ramadhan telah tiba. Di mana bulan yang penuh berkah dan bulan pengampunan bagi semua umat muslim di alam jagat raya ini, untuk yang menjalankan puasa dan ibadah yang lainnya dan salah satu tips dari INIResep supaya puasa kita lancar buntik harus memperhatikan makanan yang buntik konsumsi saat  sahur. Karena sahur ialah merupakan dimana saat anda pertama kali memasukkan nutrisi ke dalam tubuh. Jadi perhatikan dan pilih makanan yang bergizi supaya selama anda menjalankan ibadah puasa selalu berenergi dan bersemangat/tidak loyo dan malas2an. berikut ini adalah beberapa makanan yang sebaiknya tidak Anda konsumsi ketika saat sahur.


Makanan Yang Harus Di Hindari Ketika Sahur
  1. Seledri - Percaya atau tidak percaya, seledri sama dengan makanan yang kadar airnya tinggi seperti halnya mentimun dan semangka ialah merupakan diuretik alami yang akan menyebabkan kandung kemih Anda penuh. Dan akan menyebabkan anda akan selalu buang air yang bisa mengakibatkan anda dehidrasi/kekurangan cairan ketika saat puasa.
  2. Makanan berlemak atau yang digoreng - Makanan goreng-gorengan memiliki kandungan lemak tinggi  tidak baik di konsumsi ketika shaur di karnakan membutuhkan waktu cukup lama untuk dicerna di dalam tubuh, dan akan menyebabkan ketidaknyamanan pada perut anda selama menjalankan ibadah puasa.
  3. Daging - Karena daging membutuhkan waktu cerna yang lebih lama. Jika buntik terlalu banyak makan daging ketika saat sahur, maka dari itu tentu saja waktu pencernaan di dalam tubuh kita akan lebih lama dan akhirnya berakibat perut anda akan merasa tidak nyaman selama berpuasa.
  4. Makanan kemasan - Karena makanan kemasan seperti biskuit dan lain sebagainya terutama yang kadar garamnya tinggi akan dapat mengikat suplai cairan di dalam tubuh. Lalu anda akan merasa lebih cepat haus di saat menjalankan puasa yang tentu akan membuat anda tidak nyaman.

Itulah beberapa makanan yang harus buntik hindari ketika shaur dan selain itu, buntik harus hindari juga minuman yang mengandung soda di karnakan kandungan kimia di dalam soda dapat membuat anda akan merasa cepat haus.

Menu Makanan Sahur Biar Tahan Lapar Ketika Siang Hari
  1. Sup - Memakan sup sangat dianjurkan sebagai menu saat waktu sahur, sebab kandungan protein dan sayuran didalamnya di butuhkan untuk tubuh. Selain itu juga, jika kita mengkonsumsi sup ketika saat sahur akan membuat perut kita tetap terasa kenyang/penuh.
  2. Buah Apel - Buah apel sangat kaya akan kandungan vitamin C yang berfungsi dapat mencegah gangguan pada mulut seperti sariawan, dan juga buah apel ini juga mengandung kadar air dan serat didalamnya. Maka dari itu jika anda mengkonsumsi buah apel ini ketika sahur akan membuat perut anda merasa kenyang lebih lama.
  3. Cokelat Hitam - Memang tidak umum untuk anda memakan coklat subuh-subuh. Tapi tidak ada salahnya anda hadirkan coklat hitam ini untuk di sajikan sebagai menu penutup di waktu sahur. Sebab cokelat mampu membuat perut anda akan merasa kenyang lebih lama dan juga asal anda tau mengkonsumsi coklat hitam sudah terbukti dapat mengurangi tekanan darah dan dapat melindungi kesehatan pada otak dan jantung.
  4. Telur - Karena telur Salah satu sumber makanan yang kaya akan protein. Anda dapat mengolahnya dengan cara di kukus atau di rebus, dan saya sarankan jangan di masak dengan di goreng untuk menu makan sahur karena jika di masak dengan di goreng akan mengandung kadar lemak yang akan menyebabkan merasa ngantuk dalam menjalani ibadah puasa.
  5. Oatmeal - Karena oatmeal mengandung serat yang sanga tinggi yang dapat mengenyangkan dalam waktu yang lama. Selain itu juga, jika anda suka mengkonsumsi oatmeal sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung anda, maka dari itu tak heran jika oatmeal dijadikan sebagai menu makanan untuk mereka yang  memilih makanan yang sehat untuk sarapannya.
  6. Air Putih - Minum air putih yang banyak atau meminum jus tanpa gula amat sangat dianjurkan ketika saat sahur. Dan hindari minum kopi dan teh ketika sahur karena akan membuat tubuh anda mengalami kekurangan cairan, sebab yang sifatnya diuretik atau yang dapat merangsang terus buat buang air kecil.

Itulah ulasan dari INIRecipes tentang hindari makan-makanan ketika sahur dan beberapa menu makanan yang baik dan dianjurkan untuk dikonsumsi sewaktu sahur. semoga bisa membantu ibadah puasa anda lancar dan akan menjaga anda tetap segar dan bersemangat dalam menjalankan ibadah puasa. Selamat berpuasa.

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai