Resep Kue klapertart Keju Kelapa Muda

Resep Kue klapertart Keju Kelapa Muda

Resep Kue klapertart Keju Kelapa Muda

Resep Kue klapertart Keju Kelapa Muda
Resep Kue klapertart - Apakah buntik pernah mencicipi/merasakan lezatnya kue klapertart? Mungkin setelah buntik mendengar nama kue ini akan terheran-heran dan bertanya dalam hati kue seperti apakah kue ini. Ya betul, hidangan kue klapertart ini mungkin masih asing di beberapa daerah. Asal buntik tahu, sebanrnya kue klapertart ini telah ada dari sejak jaman dahulu kala, yakni sejak dari jaman penjajahan. Dari namanya juga,mungkin buntik sudah dapat menebak sendiri jika kue ini ada sejak jaman penjajahan kolonial Belanda. Banyak sekali orang yang mengira jika kue ini berasal dari negara Indonesia, namun tetapi sebenarnya kue klapertart  ini berasal dari negara Belanda yang resepnya sendiri dibawa oleh para pedagang Belanda. Hanya saja pada di saat ini, kue ini terkenal di kota Manado saja, maka dari itu tidak heran jika saat ini orang-orang beranggapan bahwa kue klapertart ini adalah makanan khas kota manado.

Kue klapertart  ini terbuat bahan dasarnya dari kelapa, tepung terigu, mentega dan telur. Metode pengolahan klapertart sendiri ada dua macam yaitu dipanggang dan tidak dipanggang. Apabila kue klapertart ini dibuatnya dengan cara dipanggang maka akan menghasilkan kue yang mempunyai tekstur yang lebih padat sehingga bisa dipotong-potong kecil layaknya kue tart. Namun apabila kue ini diolah dengan cara tidak dipanggang, maka akan menghasilkan kue yang lebih padat dan terasa meleleh ketika di gigit. Wah, kayaknya buntik semakin penasaran saja ya?.... Nah, bagi buntik yang penasaran seperti apa dan bagaimana cara membuat kue klapertart yang lezat. Maka dari itu simak baik-baik resep berikut di bawah ini.

Resep Kue klapertart Keju Kelapa Muda


No Bahan Kue Klapertart Berat
1 fresh milk 750 ml
2 tepung maizena 125 gram
3 gula pasir 200 gram
4 kelapa muda 3 btr
5 kuning telur, kocok lepas 9 butir
6 fresh cream cair 250 ml
7 margarin 150 gram
8 tepung terigu 75 gram
9 kayu manis bubuk ¼ sdt
10 vanilla essence ¼ sdt

No Bahan Untuk Topping Berat
1 putih telur 9 butir
2 gula halus/ gula pasir 50 gram
3 kenari cincang Secukupnya
4 kismis, rendam sebentar dengan air hangat Secukupnya
5 kayu manis bubuk Secukupnya

Cara Membuat Kue Klapertart Keju Kelapa Muda
  1. Pertama-pertama, sediakan wadah dan campurkan 250 ml cream cair, 125 gram tepung mazeina dan 75 gram tepung terigu aduk hingga tercampur dengan rata dan sisihkan sementara.
  2. Lalu didihkan 750 ml freshmilk atau susu murni dengan 200 gram gula pasir sambil di aduk-aduk terus di atas api kecil/sedang sampai mendidih. 
  3. Setelah mendidih langsung masukkan dan campurkan 250 ml fresh cream, dan aduk adonan dengan cepat sampai mengental dan tercampur dengan sempurna. lalu matikan api dan masukan 150 gram margarin kemudian aduk kembali sampai merata.
  4. Lalu masukkan 9 butir kuning telur sedikit-sedikit sambil di aduk supaya tercampur dengan merata. Kemudian masukan ¼ sendok teh kayu manis bubuk, 3 butir kelapa muda yang sudah di haluskan dan ¼ sendok teh vanilla esense aduk hingga rata.
  5. Setelah adonan beres di buat sekarang tuangkan adonan ke dalam loyang almunium yang sudah di olesi sedikit margarin dan di taburi sedikit tepung kemudian panggang selama kurlab 20 menit di dalam suhu oven 150-160 derajat.
  6. Untuk Toppingnya mixer terlebih dahulu 9 butir putih telur dan 50 gram gula pasir sampai mengembang dan jadi kaku.
  7. Lalu masukkan ke dalam plastik yang berbentuk segitiga untuk di semprotkan ke dalam kue yang sudah setengah mateng sebagai toping kemudian taburi dengan kismis dan cincangan kenari, 
  8. Kemudian oven kembali selama kurlab 20 menit sampai adonan toping berubah warna menjadi agak kecoklatan. 
  9. Setelah itu keluarkan adonan, dan taburi dengan kayu manis.
  10. Dinginkan sebentar dan hidangkan bersama suami anak dan sanak sodara di rumah....
Baca Juga :

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai