Resep Kue Ketan Hitam Kukus

Resep Kue Ketan Hitam Kukus

Resep Kue Ketan Hitam Kukus

Resep Kue Ketan Hitam Kukus
Resep Kue Kukus Mudah - Beras ketan hitam ini tidak hanya di gunakan sebagai bahan campuran dalam pembuatan es krim atau sebagai pemanis dalam es campur serta tambahan dalam bubur kacang hijau saja, tetapi ketan hitam juga sering di gunakan sebagai bahan tambahan untuk membuat cake. Dan salah satunya berikut Resep Kue Ketan Hitam Kukus ini yang akan ini resep bagikan untuk buntik beserta cara pembuatannya, namun perlu buntik perhatikan ketan hitam yang akan digunakan dalam pembuatan kue ini ialah tepung ketan hitam. Dan juga tepung ketan hitam akan membuat rasa kue ini agak pahit rasanya dari rasa khas tepung ketan hitam. Akan tetapi nanti akan tercipta Rasa yang semakin nikmat dan lezat sebab di campurkan dengan  gula pasir dan santan yang membuat kue ini akan terasa lebih manis dan legit. Berikut ini cara pembuatan dan resep Kue Ketan Hitam Kukus simak dan cata resepnya.

Resep Kue Ketan Kukus



Waktu persiapan Waktu memasak Waktu total Saran penyajian
15 minit 65 minit 1 jam 20 minit 15 potong

No Bahan-bahan Berat
1 tepung ketan hitam 250 gram
2 pisah putih dan kuningnya 4 butir telur,
3 mentega, cairkan 150 gram
4 garam ½ sendok teh
5 kopi bubuk 1 sendok makan
6 santan 100 ml
7 gula pasir halus (kastor) 200 gram
8 Margarin secukupnya untuk olesan

Cara Membuat Kue Kukus


  • Pertama kocok terlebih dahulu ½ bagian gula dan kuning telur sampai mengembang serta mengental
  • Lalu masukkan 250 gram tepung ketan hitam, 1 sendok makan kopi bubuk, ½ sendok teh garam, dan 100 ml santan, aduk-aduk hingga benar-benar rata. Kemudian tuangkan 150 gram mentega cair, dan aduk secara perlahan dengan menggunakan spatulasampai semuanya tercampur dengan rata dan sisihkan
  • Sekarang kocok lagi putih telur dan ½ bagian gula sampai mengembang dan kaku lalu masukkan dan campurkan sedikit-sedikit ke dalam adonan tepung tadi sambil diaduk-aduk hingga tercampur dengan merata
  • Lalu masukan adonan ke dalam loyang berukuran 20x20cm yang sudah diolesi dengan margarin dan seddikit taburan tepung, supaya nantinya tidak lengket.
  • Kemudian kukus selama kurlab 37 menit sampai matang. angkat dan keluarkan dari loyang tiriskan sebentar
  • Setelah agak-agak dingin buntik potong-potong sesuai dengan selera lalu hidangkan
Tepung ketan hitam ini bisa buntik dapatkan di toko-toko bahan kue maka dari itu buntik jangan perlu khawatir dan kesulitan dalam menemukan bahan tepung ketan ini. Kue kukus ini menurut saya adalah resep andalan bagi buntik yang belum mempunyai oven dalam membuat cake untuk keluarga di rumah.
Baca Juga :

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai