Resep Ikan Gabus Sambal Goreng Terasi

Resep Ikan Gabus Sambal Goreng Terasi

Resep Ikan Gabus Sambal Goreng Terasi

Resep Ikan Gabus Sambal Goreng Terasi
Resep Ikan Gabus Sambal Terasi - Masakan ikan gabus dengan bumbu sambal goreng terasi ialah salah satu maskan special, dan Sajian ikan gabus sambal terasi ini sangat mudah cara membuatnya sehingga bunda juga bisa membuatnya sendiri dirumah. Silahkan bunda simak tenang Resep dan Cara Membuat Ikan Gabus Bumbu Sambal Goreng Terasi yang Asli Enak dan Sederhana di bawah berikut ini.

Cara Membuat dan Resep Ikan Gabus Sambal goreng Terasi

Resep Ikan Gabus Sambal goreng Terasi

Persiapan Memasak Total Jumlah Porsi
25 menit 50 menit 75 menit 4 Porsi

No Bahan Utama Ikan Banyaknya
1 Ikan gabus 1 kg
2 Jeruk nipis, ambil airnya 1 buah
3 Garam Secukupnya
4 Gula merah Secukupnya
5 Daun jeruk 4 lembar
6 Air Secukupnya

No Bumbu Ikan yang Dihaluskan Banyaknya
1 Bawang merah 5 siung
2 Bawang putih 4 siung
3 Terasi udang 1/2 sendok teh
4 Tomat matang direbus 3 buah
5 Cabai rawti 5 buah
6 Cabai merah direbus 2 buah
7 Cabai merah keriting, direbus 15 buah

Cara Membuat Ikan Gabus Bumbu Sambal Goreng Terasi yang Asli Enak dan Sederhana
  • Gunakan air mengalir dari keran ketika membersihkan ikan gabus supaya bisa lebih mudah membersihkannya, dan ketika membersihkan ikan gabus ini, bersihkan terlebih dahulu bagian lendir yang terdapat pada dibagian permukaan tubuh ikan dengan menggunakan abu gosok untuk dilumurkan pada semua bagian tubuh ikan lalu gosok-gosok sampai ikan kesat serta tidak berlendi lagi.
  • Setelah semua lendir pada permukaan ikan bersih potong dan buang moncong yang terdapat pada mulut ikan, dengan menggunakan pisau yang tajam lalu cuci kembali bagian moncongnya dengan air bersih. kemudian bersihkan dan keluarkan bagian jeroan ikan. dengan membelah bagian perut ikan lalu keluarkan jeroannya dengan tangan hingga bersih dan tidak ada yang tersisa.
  • Jika ikan gabus sudah bersih, siram dengan air jeruk nipis bersama garam untuk menghilangkan bau amis serta daging ikan akan memiliki rasa ketika dimasak dan tidak hambar. kemudian diamkan sejenak sambil kita masak bumbunya terlebih dahulu.
Cara Membuat Ikan Gabus Sambal Terasi:
  • Panaskan minyak goreng di atas wajan dan goreng ikan sampai ikan matang atau sampai warnanya berubah menjadi warna kekuningan secara rata. Angkat dan sisihkan
  • Setelah itu tumis semua bumbu yang sudah dihaluskan pada wajan dengan sedikit minyak hingga tercium bau harum. lalu masukan air, garam dan gula merah secukupnya serta 4 lembar daun jeruk, aduk-aduk sampai semua bumbu tercampur dengan sempurna.
  • Setelah bumbunya tercampur, masukkan ikan gabus yang sudah di goreng tadi lalu aduk-aduk hingga merata dan bumbu meresap kedalam ikan.
  • Setelah bumbunya mengental dan meresap pada ikan, angkat dan tuangkan kedalam piring saji.
  • Ikan Gabus Sambal Goreng Terasi siap untuk di santap dan akan terasa lebih lezat jika di temani dengan 1 piring nasi putih hangat serta pulen, eummm yummy jadi ngiler deh.
Demikianlah ulasan tentang resep dan cara membuat ikan gabus sambal terasi enak ini, selamat mencoba membuatnya di rumah dan. Jangan lupa bun ya share resep spesial ini kepada teman bunda yang lain serta kasih kami opini bunda pada kolom komentar dibawah ini!......

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai