Resep Kue Bakpia Basah Hitam

Resep Kue Bakpia Basah Hitam

Resep Kue Bakpia Basah Hitam

Resep Kue Bakpia Basah Hitam
Resep Bakpia Basah Hitam – Bakpia hitam ini pewarnanya menggunakan Black charcoal, apakah bunda tau apa itu Black charcoal?... Black charcoal ialah abu dari arang bambu. di asia sendiri khususnya di Indonesia Black charcoal di kenal abu merang  yang berbahan dasarnya terbuat dari bambu yang usianya di atas 5 tahun. Selain menghasilkan warna lebih gelap abu bambu ini berkhasiat hampir sama denga arang-arang aktif yang lain, dapat menyerap racun dari dalam organ pencernaan. arang yang saya buat kali ini hanya menyumbangkan warna hitam dan tidak mempengaruhi rasa dari Bakpia Basah Hitam yang kita buat sekarang.

Cara Membuat dan Resep Bakpia Basah Hitam

Resep Bakpia Basah Hitam
Bahan - Bahan
  • Tepung terigu protein sedang sebanyak 250 gram
  • Bubuk hitam atau black charcoal yang terbuat dari arang bambu sebanyak 5 gram
  • Margarin sebanyak 35 gram
  • Air hangat sebanyak 130 ml
  • Ragi instan sebanyak ½ bungkus
  • Gula pasir sebanyak 50 gram
  • Garam sebanyak ½ sendok teh
Bahan Untuk Isian
  • Kacang tanah di kupas secukupnya lalu panggang kemudian blender bersama dengan gula pasir di sesuaikan banyaknya kacang. Kemudian supaya bahan isi ini mejadi pasta bunda tambahkan sedikit air panas.
Cara Membuat Bakpia Basah Hitam
  1. Membuat Kulit Bakpia : campurkan 250 gram tepung protein sedang, ½ bungkus ragi instan dan 50 gram gula pasir. Aduk aduk sampai rata, lalu masukkan 130 ml air hangat sedikit demi sedikit sambil adonan di uleni sampai adonanya rata atau bunda bisa mengocoknya dengan mixer.
  2. Setelah rata jika bunda menggunakan mixer matikan mixer lalu masukkan 35 gram margarin dan ½ sendok teh garam lalu uleni kembali dengan menggunakan tangan hingga adonan kalis elastis dan mudah untuk di bentuk.
  3. Jika adonan sudah kalis elastis bulatkan semua adonan lalu tutup dengan menggunakan kain yang lembab dan diamkan selama 30 menit.
  4. Kempiskan adonan lalu bagi menjadi beberapa bagian dengan ditimbang seberat 25 gram dan bulatkan
  5. Ambil adonan yang sudah di timbang lalu masukkan bahan isian kacang tadi lalu tutup kembali dan bentuk seperti bentuk bakpia lainya.
  6. Letakkan adonan yang sudah di kasih bahan isi di atas loyang tanpa olesan apapun. Serta kasih jarak antara adoan yang satu dengan yang lainya karena roti bakpia basah ini akan sedikit mengembang.
  7. Diamkan adonan tersebut selama 15 menit lalu pindahkan semua adonan ke atas loyang yang telah diolesi dengan margarin dan beri pemberat.
  8. Panggang di dalam oven dengan suhu 200 derataj celcius selama kurang lebih 10 menitan.
  9. Kue Bakpia Basah Hitam siap untuk di santap selagi hangat. Eummmmm yummmy

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai