Resep Kue Duri Duriang Kahs Makassar

Resep Kue Duri Duriang Kahs Makassar

Resep Kue Duri Duriang Kahs Makassar

Kue Duri Duriang
Duri Duriang - Nama duri duriang ini di ambil dari bentuknya yang menyerupai seperti buah durian, tapi menurutku lebih mirip landak hehehe. Untuk bahan isian biasanya pakai cangkuning atau unti atau enten kelapa gula merah yang dikasih sedikit daging durian untuk pengawi saja.

Kelebihan kue yang satu ini bisa bertahan hingga beberapa minggu meski tidak memakai bahan pengawet. Namun ada cara yang khusus supaya kelapanya tidak basi atau jamuran, seperti orang orang dulu sebelum ada bahan pengawet, mereka biasanya menyangrai kelapa sebentar dan kelapa yang di gunakan yang setengah tua. Proses ini bukan untuk supaya kelapanya garing tetapi untuk mengurangi kadar air di dalamnya. Jadi ketika menyngrai tidak sampai berubah warna, sebentar saja bund ya. Nah setelah itu baru bunda masukkan ke dalam larutan gula merah yang kental dan di beri sedikit buah durian, dan gula merah ini juga bisa di bilang salah satu bahan pengawet alami.

Adonan kulitnya ini tidak begitu manis ketika berpadu dengan cangkuning yang manis dan harum aroma durian. Kue ini biasanya di simpan dalam toples seperti halnya permen, bisa di jadilan sebagai camilan teman ngeteh.

Berikut adalah resep  mamaku...setengah resep saja hasil jadinya sekitar 30 biji berukuran besar.

Kue Duri Duriang

Bahan - bahan
  1. Gula halus 1/2 cup ( 125 gram)
  2. Telur 3 butir
  3. Vanili 1/2 sendok teh
  4. Margarin, lelehkan 1/2 cup (115 gram)
  5. Tepung terigu serbaguna 375 gram
  6. Tepung maizena 1 sendok makan
  7. Soda kue 1/4 sendok teh
  8. Baking powder 1/2 sendok teh

Bahan Isi :
  1. Kelapa parut 1 butir
  2. Gula merah 250-300 gram (bisa ditambah kalau mau tahan lama)
  3. Air 150 ml
  4. Buang bijinya 3 buah durian (aku pake selai durian)
  5. Daun pandan Secukupnya

Cara membuat kue duri duriang

Membuat Isian

1. Sangrai atau oven sebentar saja kelapa parut di atas api kecil hingga kelapanya agak sedikit kering, lalu masak 300 gram gula merah dengan 150 ml air dan daun pandan, setelah gulanya larut dan kental segera angkat dan saring.

2. Panaskan lagi air gula tersebut yang sudah di saring di atas kompor, setelah mendidih masukkan 3 buah durian., aduk sebentar hingga duriannya masak lalu masukkan kelapa yang sudah di sangrai tadi, kemudian aduk terus hingga menjadi adonan yang kalis. angkat dan singinkan, bentuk bulat lonjong.

Membuat Kulit Duri Duriang

1. Ayak 375 gram tepung terigu dengan 1/2 sendok teh baking powder dan 1/4 sendok teh soda kue, dan sisihkan.

2. Kocok 3 butir telur dengan 125 gram gula halus dan 1/2 sendok teh vanili sampai mengembang dan kental, lalu masukan sebagian tepung sedikit-sedikit, aduk rata menggunakan sendok kayu, kemudian masukkan margarin yang sudah di lelehkan secara perlahan sambil diaduk asal rata saja. setelah itu baru masukkan sisa tepung yang ada dan aduk asal rata hingga adonannya bisa di bentuk.

3. Supaya adonanya tidak cepat mengeras selama pengerjaan karena terkena udara, bunda bagi dua adonannya lalu tutup satu bagian dengan cling wrap atau kain basah.

4. Kerjakan sebagian adonannya, setelah selesai baru dilanjutkan dengan adonan berikutnya.

5. Cara membentuknya sama seperti kita membentuk kue nastar hanya saja yang ini agak dibentuk lonjong lalu kasih motif dengan cara di gunting permukaannya membentuk seperti duri durian.
Letakkan adonan yang sudah di bentuk di atas loyang tanpa olesan, lalu panggang selama 20-25 menit panas di dalam oven dengan suhu 160 C atau sampai dasarnya agak kuning kecoklatan.

6. Angkat. Dinginkan lalu simpan dalam wadah kedap udara.

Selesai! Selamat mencoba

Resep & Foto by hesti-myworkofart.blogspot.com

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai