Resep Kue Kering Sultana Yang Enak, Manis dan Renyah

Resep Kue Kering Sultana Yang Enak, Manis dan Renyah

Resep Kue Kering Sultana Yang Enak, Manis dan Renyah

Kue Kering Sultana
Resep Kue Kering Sultana - Kukis ini adalah salah satu kue favoritku. Karena Dulunya kue ini adalah andalan kue mamaku tiap menjelang hari raya idul fitri. membuat kukis ini membutuhkan ketelatenan sebab cara membuatnya agak sedikit ribet. Kukis ini mempunya 2 lapis, yang satu adonan kukis lalu tengahnya di isi dengan adonan kismis. Dan untuk Rasa yang di hasilkan hmmmm pokoknya uenakk sekali. Cocok banget untuk bunda penikmat kismis. Rasa kukis ini memiliki rasa dari perpaduan antara manis dan sedikit agak asemnya maka dari itu aku Sengaja menggunakan kismis hitam dan kismis hijau agar tidak manis aja rasanya.
Oia bunda untuk penggunaan tepung terigunya aku tidak memberikan takaranya. Pertama dituangkan dahulu kira-kira sekitar 200 gram tepung terigu yang sudah dicampur dengan soda kue lalu aduk hingga rata. jikalau adonan masih lembek tambahkan lagi terigu secukupnya sampai kalis. Ingat bun ya Jangan sampai adonannya kekerasan karena nanti hasil kukisnya akan keras. Jangan diulen adonannya bun ya. Cukup diaduk hingga rata saja.

Cara Membuat dan Resep Kue Kering Sultana

Resep Kue Kering Sultana

Bahan – Bahan Kue Kering sultana
  1. Butter / 100 gram
  2. Margarin / 100 gram
  3. Gula halus / 200 gram
  4. Kuning telur / 3 butir
  5. Susu kental manis / 4 sendok makan
  6. Vanili bubuk / ½ sendok makan
  7. Soda kue / ½ sendok makan
  8. Tepung terigu / secukupnya sampai adonan kalis

Bahan Filling (Campurkan semua bahan dan aduk rata)
  1. Kismis/sultana di potong – potong / 100 gram
  2. Cokelat bubuk / 1 sendok makan
  3. Susu kental manis / ¼ kaleng susu
  4. Selai strawberry atau nanas / 2 sendok makan
  5. Agar bubuk / 1 sendok makan
  6. Putih telur / 1 butir
  7. Gula halus / 100 gram
  8. Kenari cincang / 100 gram

Cara Membuat Kue Kering Sultana
  • Campurkan semua bahan kecuali tepung terigu dan soda kue seperti 100 gram butter, 100 gram margarin, 200 gram gula halus, 3 butir kuning telur, 4 sendok makan susu kental manis dan ½ sendok makan vanilli bubuk lalu Kocok selama 30 detik, kemudian masukkan campuran tepung terigu dan soda kue sambil di ayak. Aduk perlahan hingga semuanya tercampur rata.
  • Bagi adonan menjadi 4 bagian yang sama banyak atau jika bunda menggunakan 1 loyang bunda cukup bagi 2 bagian adonan saja.
  • Adonan yang pertama giling tipis sesuai dengan ukuran loyang. Kalau aku menggunakan dua loyang dengan ukuran 22x22 cm supaya tidak terlalu lebar ketika menggiling adonanya. Setelah di giling tipis masukkan adonan ke dalam loyang lalu kasih lapisan filling kismis di atasnya kemudian timpa lagi dengan adonan kukis yang sudah digiling.
  • Hias permukaan kukis dengan menggunakan garpu kemudian tusuk-tusuk beberapa bagian kukis dengan menggunakan tusuk gigi agar ketika kukis dipanggang tidak menggelembung.
  • Panggang kukis selama 25 menit lalu keluarkan dan biarkan selama 7 menit supaya mudah ketika dipotong.
  • Setelah 7 menit berlalu Potong-potong kukis dengan menggunakan cutter yang tajam dan masih baru. Potong secara perlahan dengan bantuan penggaris supaya sama besarnya.
  • Untuk cara memotongnya supaya tidak beremah, gunakan gerakan dengan naik turun secara perlahan seperti menggergajinya. Jika bunda langsung ditarik pisaunya nanti kismisnya akan lengket ke pisau dan behamburan.
  • Setelah di potong-potong olesi permukannya dengan kuning telur lalu panggang kembali selama 30 menit di atas api sedang atau api 150C. Angkan dan biarkan dingin lalu Simpan ke dalam toples kedap udara.

Selamat mencoba bund yaa!.... Jangan lupa bagikan resepnya kepada teman bunda yang lain semoga bisa membantu. Terima Kasih

Foto & Resep by Hesti Kitchen

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai