Resep Roti Kacang

Resep Roti Kacang

Resep Roti Kacang

Resep Roti Kacang
Resep Roti Kacang - Roti kacang ini sebenarnya adalah roti favoritku ketika aku masih berumur 7thn karena tetangga Di dekat rumahku ada yang membuat serta menjualnya, oleh karena itu setiap aku lewat rumah tetanggaku aroma wangi roti kacang itu sangat menggodaku dan menggugah selera. Roti kacang ini sebenarnya menggunakan sedikit kayu manis di dalam campuran kacang namun tetapi aromanya tidak dominan seperti cinnamon roll sebab Kayu manis ini hanya untuk memperkuat aroma kacang sangrai. Jadi jika bunda mau aroma wangi kacangnya kuat bunda harus sangrai terlebih dahulu lalu di cincang kasar. Jika bunda mau mencoba membuat roti kacang sendiri di rumah silahkan simak dan catat resepnya dan resep di bawah ini aku menggunakan metode water roux ala Bundan Hesti's Kitchen

Cara Membuat dan Resep Roti Kacang

Resep Roti Kacang


No Bahan Water Roux Banyaknya
1 Tepung terigu protein tinggi 50 gram
2 Air 250 ml

No Bahan - Bahan Banyaknya
1 Tepung protein tinggi 400 gram
2 Tepung protein sedang 200 gram
3 Gula pasir 120 gram
4 Susu bubuk full cream 2 sendok makan
5 Telur 1 butir
6 Kuning Telur 1 butir
7 Ragi instan 10 gram
8 Water roux 200 gram
9 Air hangat 175 - 200 ml
10 Margarin 75 gram
11 Garam 1 sendok teh

No Bahan Taburan Banyaknya
1 Kacang kulit di sangrai lalu buang kulit kemudian cincang kasar 250 gram
2 Gula pasir/palem Secukupnya
3 Kayu manis bubuk 1/2 sendok teh

Cara Membuat Roti Kacang
  • Membuat Water Roux : Campurkan 250 ml air dan 50 gram Tepung terigu protein tinggi ke dalam panci lalu aduk-aduk hingga halus serta tidak bergerindil.
  • Kemudian masak di atas api sedang sampai adonan kental dan ketika diaduk dengan menggunakan sendok maka akan meninggalkan jejak sendoknya di bawah panci. serta jangan sampai mendidih. angkat dan sisihkan sampai dingin.
  • Membuat Roti : Masukkan semua bahan kering seperti 400 gram tepung terigu protein tinggi, 200 gram tepung terigu protein sedang, 120 gram gula pasir, 2 sendok makan susu bubuk full krim, 10 gram ragi instan, kecuali garam dan margarin ke dalam mixer.
  • Lalu masukkan 200 gram campuran water roux, 175 ml air, 1 butir telur dan kuning telur ke dalamnya. kemudian nyalakan mixer lalu proses hingga adonan kalis.
  • Tambahkan 75 gram margarin dan 1 sendok teh garam dan mixer kembali sampai adonan elastis. atau bunda bisa dilanjutkan dengan menggunakan tangan supaya tekstur adonannya bisa terasa jika sudah elastis. dan juga kalau adonan terlalu kering bunda bisa tambahkan sedikit air, tetapi jika adonan terlalu lembek bunda bisa tambahkan sedikit tepung terigu.
  • Setelah adonan elastis tutup dengan menggunakan cling wrap lalu fermentasikan sampai adonan mengembang menjadi 2 kali lipatnya. 
  • Jika adonan sudah mengembang ambil sebanyak 250 gram lalu giling dengan berbentuk persegi panjang kira-kira 30x25 cm lalu olesi tipis dengan sedikit margarin supaya nanti bahan taburannya menempel lalu sisakan space pada ujung tanpa olesan margarin untuk menutup adonan nanti.
  • Gulung adoan seperti membuat bolu gulung lalu padatkan kemudian potong-potong dengan ukuran  3 sampai 4 cm. dan letakkan di atas loyang yang sudah di olesi margarin.
  • Kemudian fermentasikan adonan yang sudah di bentuk sampai mengembang menjadi 2 kali lipat lalu olesi dengan kuning telur atau dengan susu evaporated.
  • Panggang Roti Kacang di adalam oven selama 10 sampai 15 menit atau sampai warna atas roti sudah kecokelatan. Angkat.
Selamat mencoba membuat roti kacang ini sendiri di rumah dan jangan lupa bagikan resepnya kepada teman bunda yang lain serta kasih kami opini tentang resep ini di komentar, terimakasih

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai