4 Manfaat Penting Daun Seledri Yang Belum Anda Ketahui

4 Manfaat Penting Daun Seledri Yang Belum Anda Ketahui

4 Manfaat Daun Seledri yang Belum Anda Ketahui
INIRecipesID - Daun seledri memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja?

 Daun seledri yang biasa Anda gunakan sebagai bahan pelengkap untuk menambah rasa pada masakan ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah manfaat daun seledri yang bisa Anda dapatkan untuk kesehatan tubuh:

Menurunkan kolesterol

Daun seledri memiliki kemampuan menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh. Artinya, mengonsumsi daun seledri dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Departemen Farmakologi di University of Singapore, menemukan bahwa tikus yang diberi makanan berlemak tinggi selama delapan minggu kemudian diberi ekstrak daun seledri menunjukkan tingkat lipid yang rendah. Kelompok percobaan yang diberi makan ekstrak seledri mengalami pengurangan kolesterol total (TC), kolesterol LDL-C dan trigliserida (TG).

Mengurangi peradangan

Seledri mengandung antioksidan dan polisakarida yang dikenal berperan sebagai antiinflamasi atau antiperadangan, terutama antioksidan flavonoid dan polifenol. Kandungan ini dapat memberi manfaat kesehatan secara keseluruhan, terutama seiring bertambahnya usia seseorang.

Kandungan ini melindungi tubuh dengan cara melawan kerusakan radikal bebas yang dapat menyebabkan peradangan. Pasalnya, peradangan sering menjadi penyebab penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, radang sendi dan banyak lagi.

Periset telah mengidentifikasi ada lebih dari selusin jenis antioksidan yang berbeda terkandung dalam daun seledri. Termasuk asam fenolik seperti asam caffeic dan asam ferulic, ditambah flavaols seperti quecetin. Hal ini membuat seledri berguna untuk mengobati berbagai kondisi yang diperparah oleh peradangan seperti nyeri sendi (seperti dari artritis), asam urat, infeksi ginjal dan hati, gangguan kulit, sindrom iritasi usus besar dan infeksi saluran kemih.

Mengurangi tekanan darah

Tekanan darah tinggi alias hipertensi merupakan satu faktor yang dapat memicu penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner merupakan penyebab kematian terbesar di negara-negara industri.

Daun seledri juga dapat membantu mengendalikan tingkat tekanan darah tinggi atau hipertensi yang kronis. Manfaat ini didapatkan dari inti seledri yang mengandung ekstrak heksana, metanol dan ekstrak etanol. Zat-zat tersebut dapat meningkatkan sirkulasi, mengurangi peradangan dan membantu tekanan darah.

Mengurangi penumpukan lemak di hati 

Ketika peneliti dari Departemen Nutrisi dan Ilmu Pangan di Universitas Helwan di Mesir memberi makan tikus dengan seledri yang dikombinasikan dengan sawi putih, tikus-tikus tersebut mengalami pengurangan jumlah penumpukan lemak berbahaya di dalam hati. Tepatnya, ketika para periset menambahkan diet tinggi kolesterol tikus dengan seledri, bubuk chicory dan barley, kemudian mengamati peningkatan fungsi enzim hati dan kadar lipid darah. Hasilnya menunjukkan bahwa diet tinggi seledri, serta chicory dan barley, bisa bermanfaat bagi penderita penyakit hati.

Melihat banyaknya manfaat untuk kesehatan tidak ada salahnya memasukkan daun seledri pada menu masakan harian Anda. Mendapatkan tubuh sehat ternyata tidak perlu merogok kocek yang cukup mahal, bukan?

BACA JUGA YANG INI:

4 Manfaat Penting Daun Seledri Yang Belum Anda Ketahui

Baca Juga Ini