5 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Tubuh Anda

5 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Tubuh Anda

5 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Tubuh Anda
Manfaat wortel tak hanya baik untuk kesehatan mata, tapi wortel juga punya sejumlah khasiat lain bagi tubuh.t

Wortel banyak dikenal sebagai bahan makanan yang dapat menjaga kesehatan mata. Tapi tahukah Anda bahwa ternyata manfaat wortel lebih dari sekadar untuk mata?

Wortel mengandung karbohidrat dan serat yang baik bagi tubuh. Selain itu, dalam satu buah wortel terkandung banyak vitamin yang dapat membantu Anda merawat kesehatan tubuh, terutama vitamin A, vitamin K, potasium dan vitamin B6. Kandungan itulah yang kemudian menjadikan wortel sebagai makanan super yang baik untuk kesehatan.

Lalu, apa saja manfaat dari rutin mengonsumsi wortel?

Menurunkan kolesterol 

Wortel kaya akan serat larut, terutama dari pektin. Kandungan itulah yang dapat membantu tubuh menurunkan kadar kolesterol jahat.

Sebuah penelitian di AS pun membuktikan hal tersebut. Penelitian itu mengamati sejumlah peserta yang rutin mengonsumsi wortel dalam porsi tertentu selama tiga minggu. Para peneliti kemudian mengamati penurunan kolesterol yang mungkin terjadi. Dan terbukti dengan setiap hari mengonsumsi wortel, para peserta benar-benar telah menurunkan kadar kolesterol.

Mengurangi risiko kanker 

Kandungan dalam wortel juga dikaitkan dengan penurunkan risiko kanker, terutama kanker paru-paru. Beta-karoten yang banyak dimiliki wortel disebut memiliki efek melindungi dari serangan kanker.

Mengutip Healthline, beberapa jenis kanker tersebut meliputi kanker prostat, kanker usus besar, kanker perut hingga kanker payudara. Karena wortel dapat membantu mengontrol kadar karotenoid yang berlebih pada wanita.

Baik untuk otak 

Seiring bertambahnya usia, kinerja otak manusia mungkin mengalami penurunan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kurang mengonsumsi buah dan sayuran dapat meningkatkan kemerosotan otak hingga tiga kali lebih tinggi.

Penelitian itu pun menemukan bahwa otak memerlukan perlindungan untuk menghindari penyakit jangka panjang, termasuk pikun. Kandungan beta-karoten yang banyak ditemukan dalam wortel disebut mampu memberikan perlindungan pada otak, meskipun usia bertambah.

Seorang peneliti dari Harvard University mengamati seorang pria yang mengonsumsi 50mg suplemen yang mengandung beta-karoten setiap hari. Dia menemukan pria tersebut dapat menghindari kemerosotan otak hingga satu sampai satu setengah tahun, dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi beta-karoten sama sekali.

Diabetes

Selain untuk kesehatan otak, kandungan beta-karoten juga ampuh untuk mencegah penyakit diabetes. Dalam sebuah penelitian, seorang diabetesi yang rutin mengonsumsi wortel memiliki kadar insulin hingga 32 persen lebih tinggi dibanding yang tidak mengonsumsi sama sekali.

Kesehatan Mata 

Wortel telah lama dikenal sebagai jenis makanan yang baik untuk kesehatan mata. Sebab wortel memiliki kandungan vitamin A yang penting bagi mata.

Menurut Hans Fisher, PhD, seorang profesor dari Rutgers University, rutin mengonsumsi wortel dapat melindungi Anda dari penyakit mata. Seperti katarak, rabun dan masalah mata lainnya.
Melihat sederet manfaat wortel di atas, yakin masih mau menolak bahan makanan sehat ini? Yuk perbanyak konsumsi wortel dan tentunya imbangi dengan konsumsi buah dan sayuran lainnya, ya!

BACA JUGA YANG INI:

5 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Baca Juga Ini