6 Manfaat Dahsyat Ikan Teri bagi Kesehatan Tubuh

6 Manfaat Dahsyat Ikan Teri bagi Kesehatan Tubuh

6 Manfaat Dahsyat Ikan Teri bagi Kesehatan Tubuh
INIRecipes.ID - Meski berukuran kecil, ikan teri ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan. Apa saja?

Sebagian besar masyarakat Indonesia mengenal ikan teri. Ikan berukuran kecil ini kerap diolah dengan berbagai cara untuk dinikmati dengan sepiring nasi hangat. Meski terbilang mini, ikan teri ternyata menyimpan sejuta manfaat bagi kesehatan.

Apa saja manfaat sehat ikan teri?

1. Menjaga kesehatan jantung

Ikan teri mengandung lemak tak jenuh, yang dapat mengurangi adanya kolesterol jahat (LDL) di pembuluh darah arteri. Jika kadar kolesterol jahat bisa ditekan, maka peluang Anda terkena aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke akan berkurang. Namun hati-hati. Jika Anda punya penyakit hipertensi, ginjal, atau penyakit jantung, sebaiknya batasi konsumsi ikan teri yang sudah diasinkan.

2. Kesehatan kulit

Ikan teri memiliki kandungan Vitamin E dan mineral seperti selenium. Tambahkan ikan teri dalam menu harian Anda, karena dapat membuat kulit lebih halus, mencegah jerawat, dan mengurangi keriput yang terkait dengan penuaan dini. Selain itu, vitamin E pada ikan teri juga turut memperkecil risiko kanker kulit akibat paparan sinar ultraviolet matahari.

3. Kesehatan tulang

Kalsium dan vitamin A pada ikan teri berpengaruh positif pada pertumbuhan tulang, dan membuat ikan mungil ini bermanfaat dalam memerangi degradasi tulang. Kalsium pada ikan teri juga diketahui dapat membantu memperkuat dan menjaga kesehatan gigi sampai usia tua.

4. Kesehatan Mata

Kadar vitamin A yang tinggi pada ikan teri banyak dikaitkan dengan pengobatan degenerasi makula dan katarak. Dengan kata lain, ikan teri bermanfaat menjaga kesehatan mata Anda.

5. Menurunkan berat badan

Ikan teri memiliki jumlah protein yang signifikan dan jumlah kalori rendah. Ini membuat ikan teri ideal bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan.

6. Mencegah anemia

Ikan teri memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Pada setiap 100 gr ikan teri, terdapat 3,9 mg zat besi. Kandungan zat besi ini bermanfaat untuk mencegah anemia, pusing, dan mempercepat proses penyembuhan luka.

Itulah beberapa manfaat sehat ikan teri bagi kesehatan tubuh Anda. Meski sangat bermanfaat, pastikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan, ya!

BACA JUGA YANG INI:

6 Manfaat Dahsyat Ikan Teri bagi Kesehatan Tubuh