Air Kelapa Bisa Sembuhkan Keracunan?

Air Kelapa Bisa Sembuhkan Keracunan?

Air Kelapa Bisa Sembuhkan Keracunan?
INIRecipes.ID - Banyak orang beranggapan bahwa air kelapa dapat menghilangkan racun. Baca faktanya di sini.

Air kelapa dikenal memiliki banyak khasiat. Letaknya yang terlindungi oleh tempurung kelapa membuat air segar ini disebut sebagai ‘air paling steril di dunia’. Bahkan sebagian orang menjulukinya sebagai ‘air kehidupan’. Konon, air kelapa juga diklaim dapat menghilangkan racun dalam tubuh.

Pada dunia pengobatan, air kelapa sering dianjurkan untuk dikonsumsi bagi mereka yang baru saja mengalami diare atau muntah berlebih. Dalam hal ini, air kelapa berfungsi untuk menggantikan elektrolit yang hilang selama sakit.

Diare sering diasumsikan akibat keracunan makanan yang tidak bersih atau sudah basi. Saat diare, penderita akan kehilangan banyak kalium bersama feses, sehingga tubuh akan mengalami kekurangan kalium. Kurangnya kalium pada tubuh akan menyebabkan perut kembung dan sakit.

Mengonsumsi air kelapa dapat menggantikan kehilangan kalium ini, sehingga dapat mengurangi gejala kembung dengan cepat. Tampaknya, hal inilah yang dimaksud dengan manfaat kelapa untuk menghilangkan racun, karena membantu penderita diare atau gangguan pencernaan lainnya untuk merasa lebih baik.

Selain itu, air kelapa muda juga mengandung komponen fitokimia yang disebut dengan tanin. Tanin bersifat antibakteri yang akan menghambat pertumbuhan bakteri dalam tubuh, sehingga bermanfaat dalam membantu penyembuhan diare akibat bakteri.

Jadi, secara langsung air kelapa tidak benar-benar menghilangkan racun dalam tubuh. Jika Anda atau keluarga mengalami keracunan makanan, pertolongan pertama yang harus dilakukan adalah dengan memberikan banyak cairan, terutama dalam 24 jam pertama. Namun, jika keluhan tidak membaik dalam 24 jam pertama, maka penderita perlu dibawa ke dokter untuk ditangani lebih serius.

BACA JUGA YANG INI:

Air Kelapa Bisa Sembuhkan Keracunan?

Baca Juga Ini