Air Kelapa dan Manfaatnya untuk Saluran Pencernaan

Air Kelapa dan Manfaatnya untuk Saluran Pencernaan

Air Kelapa dan Manfaatnya untuk Saluran Pencernaan
INIRecipes.ID - Air kelapa secara turun-temurun dikenal sebagai air yang berkhasiat bagi kesehatan. Namun, benarkah demikian? Ternyata hal tersebut dapat dijelaskan secara medis. Berikut penjelasannya.

Air kelapa mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat, seperti karbohidrat dalam bentuk gula, dan ion kalium yang 4 kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan yang terkandung pada buah pisang.

Oleh karena itu, minuman kesehatan yang berbahan dasar air kelapa diyakini sebagai minuman berenergi karena memang banyak manfaat yang bisa didapat.

Dibandingkan dengan minuman berenergi lain yang banyak ditemukan di pasaran, air kelapa mempunyai kadar kalori dan garam yang lebih rendah, tetapi mempunyai kadar kalium yang tinggi. Karena kandungan ion elektrolit yang banyak itulah air kelapa mempunyai kemampuan untuk menggantikan cairan yang hilang secara cepat.

Apa manfaat air kelapa bagi organ saluran pencernaan?

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa air kelapa mempunyai efek yang baik terhadap kesehatan saluran pencernaan. Di dalam penelitian tersebut disebutkan bahwa air kelapa bisa mengurangi gejala maag, seperti rasa mual, kembung, dan rasa nyeri ulu hati.

Jadi, bagi penderita maag yang sering kambuh, air kelapa dapat dikonsumsi sebagai salah satu alternatif cara untuk meringankan gejalanya.

Bagaimana bisa air kelapa dapat berefek bagi bagi kesehatan saluran pencernaan?

Pada kasus-kasus penyakit maag, peradangan terjadi di dalam dinding lambung seseorang, hal inilah yang menyebabkan timbulnya gejala seperti mual, kembung, nyeri ulu hati, dan tidak napsu makan. Pada dinding lambung yang sedang mengalami peradangan, dinding tersebut tidak dapat menyerap air dan gula dari makanan. Selain itu, biasanya juga terjadi kehilangan beberapa mineral esensial, seperti natrium, kalium, kalsium, dan magnesium.

Air kelapa mengandung zat yang disebut dengan tanine. Zat tersebut dapat berfungsi untuk mengurangi peradangan yang terjadi di dalam lambung. Dengan berkurangnya peradangan yang terjadi, gejala maag yang timbul juga akan semakin ringan.

Oleh karena itu, karena air kelapa yang banyak mengandung vitamin, mineral, serta gula bisa digunakan sebagai terapi alternatif untuk mengatasi kelainan pada pencernaan.

Tidak hanya sampai di situ, air kelapa juga dapat menyembuhkan infeksi ringan yang terjadi di dalam tubuh. Kandungan asam laurat yang terkandung di dalam air kelapa mempunyai komponen antikuman.

Ketika asam laurat masuk ke dalam tubuh, maka tubuh akan mengubah asam laurat ke dalam bentuk monolaurin atau sebuah komponen yang mempunyai kemampuan melawan infeksi.

Jadi, apabila Anda mengalami infeksi saluran pencernaan yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau parasit, konsumsi air kelapa dapat membantu menghilangkan infeksi tersebut.

BACA JUGA YANG INI:

Air Kelapa dan Manfaatnya untuk Saluran Pencernaan

Baca Juga Ini