Buah Kelengkeng Ternyata Punya Segudang Manfaat

Buah Kelengkeng Ternyata Punya Segudang Manfaat

Buah Kelengkeng Ternyata Punya Segudang Manfaat
INIRecipes.ID - Siapa sangka, di balik ukurannya yang mini buah kelengkeng ternyata menyimpan segudang manfaat besar bagi tubuh. Yuk, baca penjelasan lengkapnya di sini.

Buah berwarna cokelat dan berbentuk bundar ini memiliki rasa yang manis. Makan satu saja sepertinya tak akan cukup. Buah kelengkeng sangat populer di Asia, terutama di negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia. Anda dapat dengan mudah menemukan kelengkeng di swalayan, pasar tradisional, maupun pinggir jalan.

Kandungan nutrisi di balik kelengkeng sangat melimpah. Pada 100 gr kelengkeng memiliki protein sebanyak 1.3 gr, karbohidrat sebanyak 15 gr, serat sebanyak 1.3 gr, vitamin C sebanyak 84 mg, kalsium sebanyak 1 mg, dan masih banyak lagi. Menakjubkan, bukan?

1. Sumber vitamin C yang baik

Hanya dengan mengonsumsi 1/2 mangkuk kelengkeng, 80% asupan harian vitamin C Anda dapat terpenuhi. Selain itu penyerapan zat besi juga bergantung pada vitamin C. Vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh dan menjaga kesehatan kulit dari dalam.

2. Antioksidan

Antioksidan berperan penting untuk menangkal radikal bebas penyebab berbagai macam penyakit di dalam tubuh. Kelengkeng kaya akan antioksidan dan dapat membantu mencegah penyakit jantung, peradangan kronis, serta kanker.

3. Kesehatan kulit

Ternyata, kandungan vitamin dan antioksidan yang terkandung di dalam kelengkeng dapat menjadikan kulit Anda tetap sehat dan bersinar. Bahkan masyarakat Tiongkok sudah sejak lama mempercayai manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan kulit ini.

4. Kesehatan jantung

Kelengkeng dapat membantu produksi sel darah merah melalui kandungan zat besi yang dimilikinya. Selain itu, kandungan antioksidan yang terdapat di dalam kelengkeng mampu membantu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

BACA JUGA YANG INI:

Buah Kelengkeng Ternyata Punya Segudang Manfaat