Doyan Makan Tapi Badan Tetap Kurus, Apa yang Salah?

Doyan Makan Tapi Badan Tetap Kurus, Apa yang Salah?

Doyan Makan Tapi Badan Tetap Kurus, Apa yang Salah?
INIRecipes. ID - Sering makan tapi tubuh Anda tetap kurus? Temukan faktanya di sini.

Memiliki tubuh yang ideal tentu menjadi idaman semua orang. Di saat banyak orang ingin menurunkan berat badan dan ingin terlihat lebih kurus, ada juga orang-orang yang ingin membuat tubuhnya lebih berisi.

Banyak cara yang bisa ditempuh seseorang untuk meningkatkan berat badannya. Cara termudah yang bisa dilakukan adalah dengan menambah porsi makan.

Masalahnya, beberapa orang justru tidak mengalami peningkatan berat badan meskipun sudah melakukan hal tersebut –yaitu banyak makan. Apa yang terjadi? Inilah beberapa faktor yang menyebabkan Anda sulit untuk gemuk:

Alasan genetik

Faktor genetik atau faktor keturunan merupakan penyebab utama dari segala hal. Tak hanya penyakit saja, gen tubuh kurus juga bisa menurun dari orangtua atau saudara.

Orang yang diketahui memiliki garis keturunan kurus, sekalipun berusaha ingin menambah berat badan dengan makan berlebihan, tetap tidak akan memengaruhi ukuran tubuhnya. Faktor genetik tersebut sangat memengaruhi tubuh seseorang dalam merespon makanan yang masuk dalam tubuh.

Stres yang menahun

Stres yang berkepanjangan juga dapat menyebabkan tubuh kurus dan susah gemuk. Sebab, stres yang Anda alami dapat memengaruhi nafsu makan. Sebagian besar orang yang mengalami stres nafsu makannya akan terganggu, sehingga badan menjadi semakin kurus dan tidak berdaya.

Oleh sebab itu, jika terdapat masalah yang menjadi beban pikiran, tak ada salahnya jika Anda menyelesaikannya dengan berkonsultasi kepada keluarga untuk mencari jalan keluarnya.

Konsumsi alkohol 

Kecanduan alkohol dapat membuat Anda sulit untuk gemuk. Sebab, alkohol yang masuk ke tubuh akan dicerna dan diserap oleh darah untuk diedarkan ke seluruh organ, yang pada akhirnya akan menekan sistem saraf. Dalam jumlah kecil, alkohol bisa menghasilkan efek tenang, namun berbeda dalam jumlah besar. Anda disarankan untuk mengurangi atau bahkan menghindari konsumsi alkohol jika berniat ingin menggemukkan badan.

Kurang gizi

Ketika tubuh kekurangan gizi dan nutrisi, hal ini sangat berpengaruh terhadap berat badan Anda. Tak hanya itu saja, jika seseorang kekurangan asupan gizi, maka kesehatan yang dimilikinya pun ikut terancam. Untuk membuat tubuh menjadi lebih berisi, Anda bisa memperbanyak asupan protein dan kabohidrat kompleks, misalnya saja dengan mengonsumsi beras merah, kentang, ubi jalan, alpukat dan pisang.

Sering begadang

Begadang hingga kurang tidur di malam hari adalah hal yang sudah pasti dialami oleh setiap orang. Kebiasaan inilah yang menjadi penyebab tubuh menjadi kurus. Begadang membuat metabolisme tubuh tidak berjalan dengan baik, terutama dalam penyerapan nutrisi. Jika Anda ingin gemuk, hindari kebiasaan buruk ini agar kualitas tidur lebih maksimal.

Itulah beberapa penyebab yang mengakibatkan badan tetap kurus meski sudah banyak makan. Konsultasikanlah porsi makanan Anda dengan dokter spesialis gizi agar memperoleh asupan yang tepat.

BACA JUGA YANG INI:

Doyan Makan Tapi Badan Tetap Kurus, Apa yang Salah?

Baca Juga Ini