Manfaat Minum Susu Setiap Hari

Manfaat Minum Susu Setiap Hari

Manfaat Minum Susu Setiap Hari
INIRecipes.ID - Tidak hanya bayi yang membutuhkan susu untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Balita dan anak sekolah pun memerlukan susu sebagai tambahan asupan gizi bagi tubuh mungilnya.

Penasaran apa saja manfaat susu bagi anak? Simak penjelasan artikel di bawah ini.

Tulang dan Gigi Kuat

Susu adalah salah satu sumber kalsium dan vitamin D yang terbaik, di mana keduanya merupakan bahan utama pembentuk tulang dan gigi. Dengan rutin minum segelas susu setiap hari, kebutuhan kalsium dan vitamin D anak akan terpenuhi. Selain itu, dalam susu juga terkandung vitamin dan mineral lain seperti vitamin K, vitamin C, dan magnesium yang turut berperan dalam membentuk tulang dan gigi yang sehat.

Tulang dan gigi yang kuat sangatlah penting bagi anak untuk dapat makan dengan baik, bermain, belajar, dan melakukan aktivitas lainnya. Selain itu, gizi yang terkandung dalam susu dapat membantu mengurangi risiko osteoporosis pada kemudian hari.

Jantung Sehat

Telah disebutkan bahwa susu sangat kaya akan kalsium. Selain itu, susu juga mengandung kalium. Banyak penelitian menemukan bahwa asupan kalsium dan kalium yang cukup dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat. Sebaliknya, kandungan tersebut dapat meningkatkan kadar kolesterol baik.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris melaporkan bahwa pria yang rajin mengonsumsi susu setiap hari lebih sedikit mengalami serangan jantung dibandingkan dengan pria yang tidak minum susu.

Sehingga secara keseluruhan, konsumsi susu dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung pada kemudian hari. Sebuah penelitian menyarankan konsumsi susu dan produk turunannya sebesar tiga porsi sehari, yang ditambah dengan lima porsi sayur dan buah untuk jantung sehat.

Berat Badan dan Kognitif

Kandungan vitamin D yang tinggi dalam susu dapat membantu meningkatkan produksi serotonin, suatu hormon yang berhubungan dengan mood, nafsu makan, dan tidur. Diketahui bahwa anak yang kekurangan vitamin D rentan mengalami stres, depresi, mudah lelah, dan tidur yang kurang lelap.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Iran terhadap 469 murid dari empat sekolah yang berbeda mengobservasi anak yang rutin minum susu sebanyak 250 ml selama tiga bulan. Mereka menemukan bahwa anak yang rutin mengonsumsi susu memiliki pertambahan berat badan yang baik, serta mengalami peningkatan fungsi kognitif yang signifikan.

Banyak sekali manfaat susu bagi tumbuh kembang anak. Oleh karena itu, tunggu apa lagi? Ajaklah anak untuk mengonsumsi segelas susu setiap hari agar ia pun bisa mendapatkan manfaat sehatnya.

Bagaimana jika anak alergi terhadap susu sapi? Jangan khawatir, Anda tetap dapat memenuhi kebutuhan gizinya dengan susu soya sebagai alternatif susu sapi. KALBE Nutritionals bekerja sama dengan Morinaga Research Center Jepang menyajikan rangkaian produk Morinaga yang cocok bagi anak dengan alergi susu sapi. Rangkaian produk Morinaga terdiri dari:

Morinaga Soya MoriCare+ Prodiges

Morinaga Chil Kid Soya (1-3 tahun) dan Morinaga Chil School Soya (3-12 tahun) merupakan susu pertumbuhan bergizi berbahan dasar isolat protein kedelai tanpa penambahan laktosa, untuk mengatasi gejala alergi susu sapi pada anak yang sudah didiagnosis alergi susu sapi.

Morinaga P-HP MoriCare+ Prodiges

Morinaga Chil Kid P-HP merupakan susu pertumbuhan bergizi untuk anak usia 1-3 tahun, yang dapat mengurangi risiko alergi bagi anak yang berbakat alergi. Morinaga Chil Kid P-HP mengandung protein susu sapi yang telah diolah secara enzimatik, sehingga lebih mudah dicerna dan mengurangi reaksi hipersensitivitas serta risiko alergi bagi anak yang memiliki riwayat alergi.

Morinaga Platinum MoriCare+ Prodiges

Morinaga Chil Kid Platinum MoriCare+ Prodiges (1-3 tahun) dan Morinaga Chil School Platinum MoriCare+ Prodiges (3-12 tahun) merupakan susu pertumbuhan yang hadir dengan sinergi nutrisi tepat MoriCare+ Prodiges. Dilengkapi dengan Faktor Kecerdasan Multitalenta yang mengoptimalkan penyimpanan memori, berpikir, berbicara, dan gerakan sadar; Faktor Pertahanan Tubuh Ganda yang meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit; serta Faktor Tumbuh Kembang Optimal yang membantu untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi.

Morinaga Gold

Morinaga Gold terdiri dari Morinaga Chil Kid Gold (1-3 tahun) dan Morinaga Chil School Gold (4-12 tahun). Kandungan nutrisinya terdiri dari kolin, asam lemak esensial AAL, zat besi, prebiotik laktulosa, laktoferin, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E, sehingga dapat mengoptimalkan kecerdasan anak sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

BACA JUGA YANG INI:

Manfaat Minum Susu Setiap Hari

Baca Juga Ini