Resep Soto Ayam

Resep Soto Ayam

Resep Soto Ayam

Resep Soto Ayam
Resep Soto Ayam – Jika bunda membuat soto ayam dengan ayam kampung, INIRecipes sarankan bunda pilih ayam kampung yang belum begitu tua, Karena jika bunda menggunakan ayam kampung yang sudah tua di buat soto nanti dagingnya akan tersa keras. Bila bunda sudah terlanjur menggunakan ayam kampung yang sudah tua,bunda harus memasak ayam tersebut dengan waktu yang agak lama, supaya nanti daging ayamnya terasa lunak dan pastinya tetap lezat.

Cara Membuat dan Resep Soto Ayam

Resep Soto Ayam

Bahan Utama Untuk Membuat Soto Ayam
  1. Ayam dipotong-potong atau bunda bisa menggunakan ayam kampung sebanyak 1 ekor seberat 800gram
  2. Jahe, memarkan sebanyak 1 ruas
  3. Cengkeh sebanyak 3 butir
  4. Lengkuas, memarkan sebanyak 4 cm
  5. Minyak goreng untuk menumis sebanyak 2 sendok makan 
  6. Kecap Manis Bango sebanyak 3 sendok makan
  7. Garam, secukupnya 
Bahan bumbu yang dihaluskan
  1. Bawang putih sebanyak 4 siung
  2. Bawang merah sebanyak 5 siung
  3. Ketumbar sangrai sebanyak 1 sendok teh
  4. Merica utuh sebanyak ½ sendok teh
  5. Kunyit sebanyak 2 cm
  6. Kemiri sangrai sebanyak 6 butir
Cara Memasak Soto Ayam Lezat
  • Pertama rebus terlebih dahulu 1 ekor ayam dengan menggunakan 2 liter air sampai dagingnya lunak, lalu angkat dan potong-potong dengan ukuran kecil-kecil, dan jangan lupa sisihkan air kaldunya.
  • Panaskan 2 sendok makan minyak di atas wajan lalu tumis semua bumbu yang sudah dihaluskan sebelumnya hingga harum, kemudian masukkan air kaldu ayam tadi sebanyak 5 sendok makan ke dalam bumbu tumisan tersebut dengan 1 ruas jahe, 4 cm lengkuas, 3 butir cengkih dan garam secukupnya serta 3 sendok makan kecap manis cap Bango aduk rata sampai matang.
  • Setelah tumisan bumbu sudah matang dengan semprna, sekarang masukka semua tumisan bumbu tersebut ke dalam air rebusan kaldu tadi lalu masak lagi hingga matang dan semua bumbu meresap kedalam daging ayamnya.
  • Soto Ayam Lezat kini siap untuk di hidangkan bersama dengan mie bihun dan telur rebus serta nasi putih hangat dan sedikit tips sebelum di sajikan beri sedikit perasan jeruk nipis biar segar dan yummy nanti rasanya, selamat mencoba

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai