Resep Gyoza dan Hakau

Resep Gyoza dan Hakau

Resep Gyoza dan Hakau

Resep Gyoza dan Hakau

Resep dan Cara Membuat Gyoza dan Hakau

Resep Gyoza dan Hakau

Bahan-bahan yang di butuhkan untuk membuat kulit gyoza
  1. Tepung terigu sebanyak 250 gram
  2. Tepung tapioka sebanyak 1 sendok makan
  3. Air panas mendidih sebanyak 150 ml
  4. Garam sebanyak ½ sendok teh
  5. Minyak goreng sebanyak 1 sendok makan
Cara membuat kulit gyoza
  • Siapkan wadah berukuran sedang atau mangkuk lalu masukkan 250 gram tepung terigu, 1 sendok makan tepung tapioka dan ½ sendok teh garam halus,aduk rata lalu Lubangi bagian tengah bahan tersebut kemudian tuangkan 1 sendok makan minyak goreng dan juga tuangkan 150 ml air panas kedalam lubang bahan tersebut, kemudian langsung aduk dengan cepat agar semua bahan tercampur sempurna dengan air panas dengan menggunakan sendok yang terbuat dari kayu sampai menjadi gumpalan adonan.
  • Uleni dengan tangan setelah menjadi gumpalan adonan hingga kalis. Dan bila ketika adonan di uleni merasakan masih kurang air, bunda bisa menambahkan air panasnya sedikit demi sedikit, sambil adonannya diuleni sampai kalis sempurna.
  • Diamkan selama 15 sampai 20 menit agar tekstur adonanya sediktit lentur
  • Giling adonan dengan menggunakan pasta maker atau gilingan mie dan tipiskan mulai dari tingkat ketebalan nomor 1 sampai ketebalan nomor 5 atau nomor 6.
  • Lalu cetak dengan bentuk bulat dengan menggunakan ring cutter yang berdiameter 7 cm.
  • Kemudian taburi lembaran kulit pangsit tersebut dengan sedikit tepung terigu supaya tidak lengket. Isi kulit pangsitnya dengan filling satu persatu lalu di tangkupkan kemudian di lipit-lipit satu bagian sisinya.
  • Panaskan pan di atas api sedang dengan sedikit minyak goreng lalu masukkan gyoza secukupnya dan Panggang sampai bawahnya terlihat kecokelatan lalu tambahkan setengah cangkir air kemudian masak sambil di tutup hingga airnya habis. Angkat dan sajikan selagi masih hangat.
Note : Kalau kulit pangsitnya masih banyak sisanya bunda bisa simpan di dalam freezer, dengan cara tabur dengan tepung terigu supaya kulitnya tidak saling melengket lalu di tumpuk dengan dilapisi plastik tipis pada setiap lembar kulit pangsitnya, lalu kulit pangsit tersebut di masukkan wadah terlebih dahulu yang kedap udara lalu simpan di dalam kulkas dan bisa bertahan hingga 1 minggu.

Bahan-bahan yang di butuhkan untuk membuat kulit hakau
  1. Tepung tangmien sebanyak 100 gram
  2. Tepung sagu tani sebanyak 50 gram
  3. Air mendidih sebanyak 180 ml
  4. Minyak goreng sebanyak 1 sendok teh
Cara membuat kulit hakau
  • Campurkan 100 gram tepung tangmien dan 50 gram tepung sagu, aduk sampai rata lalu Tuangkan dengan 180 ml air mendidih kemudian aduk hingga bergumpal lalu bungkus dengan plastik wrap dan diamkan selama 10 menit.
  • Tambahkan 1 sendok teh minyak goreng sambil adonan di uleni sampai lembut lalu gulingkan dengan memanjang dan potong-potong dengan panjang ½ cm.
  • Setelah itu ambil satu potong adonan kulit tersebut lalu giling lalu pipihkan dengan bentuk bulat tipis dan beri isi kemudian tangkupkan sambil di lipit-lipit satu bagian sisinya.
  • Kukus selama 8 menit dengan menggunakan api sedang dan jangan lupa didalam kukusannya alasi dengan daun pisang dan matikan api dan biarkan selama 5 menit didalam kukusannya lalu angkat.
Bahan-bahan untuk isian gyoza dan hakau
  1. Fillet dada ayam, cincang sebanyak 250 gram
  2. Udang kupas, cincang 250 gram
  3. Bawang putih, ulek 5 siung
  4. Daun bawang 2 batang
  5. Wortel serut sebanyak ½ buah
  6. Tepung tapioka/sagu sebanyak 3 sendok makan
  7. Bawang bombay, parut sebanyak ½ buah
  8. Merica bubuk sebanyak ½ sendok teh
  9. Jahe diparut sebanyak ½ sendok teh
  10. Minyak wijen sebanyak 1 sendok teh
  11. Saus tiram sebanyak 1 sendok teh
  12. Garam secukupnya
Cara membuat isian gyoza dan hakau
  • Campurkan semua bahan tersbut lalu aduk sampai rata dan untuk mengetahui rasanya bunda bisa mengukusnya dengan sedikit adonan.
Note : untuk isian gyoza wajib bunda tambahkan dengan irisan kol dan sedikit garam.

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai