Tidak Suka makan Pare Karena Pahit? Sekarang Bunda Wajib Tahu Betapa Luar Biasanya "Manfaat Pare", Berikut Tips Cara Mengolah Pare Supaya Tidak Pahit!

Tidak Suka makan Pare Karena Pahit? Sekarang Bunda Wajib Tahu Betapa Luar Biasanya "Manfaat Pare", Berikut Tips Cara Mengolah Pare Supaya Tidak Pahit!

Tidak Suka makan Pare Karena Pahit? Sekarang Bunda Wajib Tahu Betapa Luar Biasanya "Manfaat Pare", Berikut Tips Cara Mengolah Pare Supaya Tidak Pahit!
INIRecipes.ID - Tidak semua wanita menyukai sayuran yang pahit seperti pare atau dikenal dengan nama pare atau paria (momordica charantina) sering digunakan sebagai pengobatan tradisional di beberapa negara seperti di Brazil dan Meksiko akan tetapi terkadang mungkin anda bertanya-tanya apa yang anda dapatkan dari sayuran pahit ini? Ternyata tidak saja buahnya yang mempunyai khasiat untuk anda, daun pare juga memiliki kemampuan untuk masalah pencernaan.

Manfaat / Khasiat Pare Untuk Tubuh :

Mengusir Diabetes

Adanya antidiabetes di dalam pare dipercaya mampu menekan resiko diabetes pada anda. Selain itu kemampuan bioaktif yang terdapat pada biji sayuran pare sehingga mampu mencegah adanya peningkatan gula darah setelah makan.

Menangkal Sel kanker

Wanita rentan terhadap beberapa kanker yang membuat ancaman bagi dirinya, kanker serviks sebagai pembunuh nomber satu disusul oleh kanker payudara diperingkat selanjutnya, sehingga penting untuk anda dalam menangkal sel kanker. Pare mempunyai kemampuan untuk menangkal sel kanker dengan kandungan zat lesichin yang ternyata bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan dan menangkal sel kanker di tubuh anda.

Menurunkan Berat Badan

Pare merupakan sayuran yang direkomendasikan untuk anda yang ingin menurunkan berat badan atau menjaga kestabilan berat badan anda. Dalam secangkir pare ternyata memiliki 16 kalori sehingga mampu membuat anda mengontrol nafsu makan dan membuat anda cepat kenyang. Tidak ada salahnya anda untuk mengkonsumsi pare di dalam menu makan anda sehingga membantu anda mendapatkan berat badan ideal.

Membersihkan Darah

Sayuran pare memiliki kandungan zat yang mampu membersihkan darah anda. Anda dapat mengkonsumsinya dengan cara di jus sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. Konsumsi rutin pada pagi dan malam hari, dengan demikian dapat membantu anda dalam membersihkan darah.

Memerangi HIV/AIDS

Adanya kandungan protein alpha-momocharin atau MAP 30 ternyata mampu membatasi perkembangan HIV. Pernyataan tersebut didukung penelitian yang dilakukan pada beberapa pasien yang mengidap AIDS yang diberikan ekstrak pare dan hasilnya kekebalan tubuh pasien tersebut meningkat.

Melancarkan Pencernaan

Sayuran pare kaya dengan kandungan serat, vitamin C, kalium dan karoten. Rasa pahit pada sayuran pare ternyata sangat baik untuk membantu anda dalam mengatasi masalah pencernaan. Anda boleh menambah menu makan anda dengan beberapa olahan pare.

Mengatasi Asma

Sebuah studi dengan konsumsi sayuran pare ternyata merespon indera pengecapan sehingga sel saluran pernapasan ikut aktif dan menyebabkan saluran pernapasan menjadi luas dan masuknya aliran udara yang kuat. Ini bagus untuk anda yang menderita asma.

Kecantikan

Tidak banyak yang tahu ternyata vitamin c yang dihasilkan oleh pare dapat membantu anda dalam memelihara kecantikan anda selain itu ancaman efek buruk dari sinar ultraviolet dapat dicegah dengan mengkonsumsi sayuran pare.

Selain itu juga ternyata sayuran pare juga dapat menurunkan demam, bisul, disentri amuba, wasir, bronkhitis, obat malaria, dan penyakit kuning.

Manfaatnya banyak bukan? Jadi apalagi yang membuat ragu kalian untuk mengkonsumsi pare? Karena pahit??? Berikut adalah tips yang bisa kamu coba untuk menghilangkan rasa pahit pada pare!

Menggunakan garam

Belah pare manjadi dua bagian kemudian bersihkan selaput putih yang ada didalamnya. Iris tipis-tipis dan remas pare yang sudah menjadi irisan tadi menggunakan garam. diamkan sampai pare ini menjadi lunak kemudian cucilah menggunakan air panas. Pare siap untuk dimasak.

Direbus dengan air garam

Cara lain untuk mengurangi rasa pahit pare ini adalah dengan merebusnya menggunakan air garam selama beberapa menit sampai pare menjadi sedikit empuk.

Menggunakan gula pasir

Caranya hampir sama dengan menggunakan garam, yaitu bersihkan terlebih dahulu pare yang akan dimasak. Kemudian iris menjadi tipis-tipis dan remas menggunakan campuran gula pasir dan garam sampai lemas. Diamkan sampai pare mengeluarkan air. Cuci hingga bersih dan pare siap untuk dimasak.

Daun Jambu Biji

Hampir sama dengan penggunaan garam, pare direbus daun jambu biji. Sebelum direbus, remaslah terlebih dahulu daun jambu biji yang akan digunakan. Rebus pare dalam air mendidih sekitar 5 menit saja, sampai setengah matang. Untuk ½ kg buah pare gunakan 10 lembar daun jambu biji.

Gunakan Lempengan Tanah Liat

Merebus pare dengan lempengan tanah liat yang dikeringkan bisa juga mengurangi rasa pahit pada buah pare. Anda tidak akan kesulitan memperoleh lempengan kering tanah liat ini, karena banyak dijual dipasar tradisional.

Bumbu Masak

Mengolah pare dengan variasi bumbu yang kaya menjadikan pare menjadi satu hidangan yang sangat lezat. Misalnya penggunaan bumbu kacang, kombinasi bawang bombay dan penambahan ikan teri, ebi atau udang segar pada olahan anda.

BACA JUGA YANG INI:

Tidak Suka makan Pare Karena Pahit? Sekarang Bunda Wajib Tahu Betapa Luar Biasanya "Manfaat Pare", Berikut Tips Cara Mengolah Pare Supaya Tidak Pahit!

Baca Juga Ini