Cara Membuat Donat Goreng

Cara Membuat Donat Goreng

Cara Membuat Donat Goreng

Cara Membuat Donat Goreng
Cara Membuat Donat Goreng - Roti dan donat goreng ini sangat lembuuut sekali texsturnya dikarenakan aku menggunakan metode water roux. Dan biasanya jika aku memakai resep water rouk ini, aku pasti menggunakan sedikit campuran tepung yang berprotein tinggi dan protein sedang. Karena persediaan tepung protein tinggi di rumah habis dan akhirnya aku pakai tepung protein sedang semuanya sebab anak di rumah sangat menginginkan sekali menikmati donat goreng di sore hari ini. Ternyata Hasilnya sungguh diluar dugaan, sangat lembut.

Resep dan Cara Membuat Donat Goreng

Resep Roti dan Donat Goreng

Bahan – bahan Water roux :
  1. Tepung terigu protein tinggi sebanyak 25 gram
  2. Air sebanyak 125 ml
Bahan – Bahan yang di butuhkan untuk membuat roti dan donat goreng
  1. Tepung protein sedang sebanyak 425 gram
  2. Gula pasir sebanyak 80 gram
  3. Susu bubuk full cream sebanyak 2 sendok makan
  4. Telur sebanyak 1 butir
  5. Ragi instan sebanyak 7 gram
  6. Adonan water roux di atas
  7. Air hangat sebanyak 120 ml
  8. Margarin sebanyak 50 gram
  9. Garam sebanyak ¾ sendok teh
Cara membuat roti dan donat goreng

Membuat water roux
  • Masukkan dan campurkan 125 ml air dan 25 gram tepung terigu ke dalam panci lalu aduk sampai halus dan tidak bergerindil lagi kemudian masak dengan menggunakan api sedang hingga kental. Tetapi Jangan sampai mendidih angkat dan sisihkan sampai dingin.
Membuat Roti
  • Tuangkan semua bahan-bahan kering kecuali margarin dan garam ke dalam mixer lalu masukkan campuran water roux tadi dengan, 120 ml air dan 1 butir telur.
  • Nyalakan mixer lalu proses sampai adonan kalis lalu tambahkan 50 gram margarin dan ¾ gram garam kemudian mixer kembali hingga elastis atau bunda bisa menggunakan tangan suoaya tekstur adonannya bisa terasa jika sudah elastis.
  • Setelah adonan elastis tutup dengan cling wrap lalu diamkan sampai adonan mengembang 2x lipatnya.
  • Kemudian timbang adonan yang sudah mengembang lalu bentuk bulat untuk donatnya dan taruh di alas yang sudah ditaburi tepung kemudian diamkan kembali selama 30-45 menit.
  • Setelah adonan donatnya sudah mengembang lubangi tengahnya lalu goreng di atas api kecil.
  • Untuk roti gorengnya, ambil sedikit adonan dan pipihkan lalu beri isian kemudian rapatkan ujung ujungnya. Jangan sampai lipatannya terbuka karena nanti ketika roti digoreng akan mengembang lagi.
Note : Untuk roti atau donat goreng jika ukuran kecil-kecil dengan takaran resep di atas bisa menghasilkan 30 buah dengan berat masing masing adonan 20-22 gr. Dan ketika adonan mau digoreng sebaiknya baluri dahulu dengan adonan roti dan putih telur yang telah dikocok dan kemudian tepung panir, goreng sampai warnanya berubah menjadi kecokelatan.

tips untuk isian ayamnya supaya mudahkan ketika diaduk di atas pan dan tidak bergumpal gumpal, ayam cincangnya sebelum ditumis tambahkan sedikit air dan aduk hingga menjadi bubur daging ayam. Makan pada saat ayam cincang ditumis akan mudah tersebar dengan rata dan tidak bergumpal gumpal.

Resep Isi Roti Goreng

Bahan Isian ayam utnuk roti goreng
  1. Ayam cincang sebanyak 250 gram
  2. Wortel ukuran besar lalu potong dadu kecil dan rebus sebentar sebanyak 1 buah
  3. Daun bawang sebanyak 1 batang
  4. Seledri sebanyak 1 batang
  5. Saus tiram sebanyak 1 sendok teh
  6. Gula pasir sebanyak ½ sendok teh
  7. Air sebanyak 50 ml
  8. Minyak untuk menumis sebanyak 1 sendok makan
Bahan bumbu yang dihaluskan
  1. Bawang merah sebanyak 2 siung
  2. Bawang putih sebanyak 3 siung
  3. Merica bubuk sebanyak ¼ sendok teh
  4. Garam secukupnya
Cara membuat isi roti goreng
  • Panaskan 1 sendok makan minyak goreng di atas pan lalu tumis semua bumbu yang di haluskan hingga tercium wangi. Lalu masukkan 250 gram daging ayam cincang dan aduk sekali-kali sampai berubah warna, lalu masukkan potongan wortel dan tambahkan 50 ml serta 1 batang daun bawang dan 1 batang daun seledri yang telah di iris, Aduk kemudian masukkan 1 sendok teh saus tiram. Aduk dan masak sampai matang.
  • Agar bahan isiannya kompak bunda bisa kasih sedikit taburan tepung terigu (1 sdm) dan aduk lagi sampai matang. Angkat dan dinginkan
Bahan baluran untuk roti dan donat sebelum di goreng
  • Putih telur secukupnya
  • Tepung panir halus secukupnya

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai