Resep Banana Sponge Cake

Resep Banana Sponge Cake

Resep Banana Sponge Cake

Resep Banana Sponge Cake
Resep Banana Sponge Cake - Banana cake ini bisanya cara membuatnya itu dengan metode butter cake, metode muffin /quick bread, atau sponge cake. Tetapi pada kesempatan kali ini aku membuatnya dengan metode sponge cake, dan untuk cara pembuatan dengan metode quick bread atau muffin yang dibuatnya tanpa menggunakan mixer, nanti kedepanya akan saya share bund ya?... Selain itu juga saya memakai brown sugar di dalam cake ini, maka dari itu menjadi tambah wangi dan juga warna cakenya menjadi agak kecoklatan. tetapi jika di rumah tidak ada brown sugar, bunda bisa menggantinya dengan menggunakan full gula pasir putih saja.

RESEP BANANA SPONGE CAKE

Bahan - Bahan
  1. Pisang ambon yang sudah matang, sebanyak 500 grm dan buang kulitnya
  2. Susu cair, suhu ruang sebanyak 50 ml
  3. Telur ukuran sedang/besar sebanyak 4 butir
  4. Gula pasir sebanyak 100 gram
  5. Brown sugar sebanyak 100 gram
  6. Garam sebanyak ¼ sendok teh
  7. Tepung terigu protein sedang sebanyak 300 gram
  8. Tepung maizena sebanyak 25 gram
  9. Baking powder sebanyak 1 sendok teh
  10. Soda kue sebanyak 1 sendok teh
  11. Vanilla sebanyak 1 sendok teh
  12. Mentega/margarin, lelehkan sebanyak 200 gram
  13. Gula halus dicampur dengan sedikit kayu manis bubuk untuk taburan (opsional)
Cara Membuat Banana Sponge Cake
  • Panaskan oven dengan suhu 160'C, lalu persiapkan loyang tulban ukuran diameternya 23 cm dan olesi dengan margarin lalu taburi tepung terigu secara tipis-tipis, sisihkan.
  • Haluskan 500 gram pisang ambon hingga lembut, lalu campurkan dengan 50 ml susu cair dan sisihkan.
  • Ayak 300 gram tepung terigu dengan 25 gram tepung maizena, 1 sendok teh baking powder dan 1 sendok teh soda kue, sisihkan.
  • Kocok 4 butir telur bersama dengan 100 gram gula pasir, 100 gram brown sugar dan ¼ sendok teh garam sampai mengembang, terlihat putih dan kental (ini sangat penting dan perlu di perhatikan karena nanti adonan tersebut akan diberi pisang yang berat).
  • Masukkan bahan campuran pisang dan susu cair tadi ke dalam 2 tahap, aduk secara perlahan-lahan hingga rata dengan menggunakan spatula.
  • Kemudian masukkan campuran tepung seperti tepung terigu, tepung maizena, baking powder dan soda kue ke dalam 3 tahap, aduk kembali sampai rata dengan cara aduk balik.
  • Masukkan 1 sendok teh vanilla dan 200 gram margarin yang sudah di lelehkan. Dan aduk-aduk hingga rata dengan cara aduk balik sampai adonan benar-benar homogen. Dan pastikan jangan sampai ada margarin leleh yang belum tercampur di dalam adonan.
  • Tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah di persiapkan tadi dan ratakan bagian permukaannya dengan menghentakkan loyang tersebut secara perlahan ke atas meja sebanyak 2 kali (gunanya untuk mengeluarkan udara gelembung yang di dalam adonan).
  • Panggang cake di dalam oven selama 45 hingga 50 menit sampai cakenya matang dan warnanya kecoklatan serta terlihat kokoh. Dan untuk mengetest matang belumnya cake dengan ditusuk atau disentuh bagian permukaannya sudah membal.
  • Setelah matang keluarkan cake dari dalam oven, lalu balikkan loyangnya untuk mengeluarkan cake, dan dinginkan.kemudian  taburi pada permukaan cake dengan sedikit gula halus yang sudah dicampur dengan sedikit kayu manis bubuk. potong-potong dengan ukuran sesuai selera dan sajikan.
Note:
Gunakan buah pisang benar-benar matang supaya nanti teksturnya  lebih lembut, manis dan juga aromanya maknyosss. Seperti kulit pisangnya sudah terlihat ada banyak bintik-bintik hitam/tidak mulus lagi.
Jika tidak ada brown sugar, bunda bisa menggantinya dengan full gula pasir. Dan untuk takaranya gulanya bisa di sesuaikan dengan selera masing-masing bun ya.
Ketika mengocok Telur dan gula harus benar-benar hingga kental sekali, supaya stabil ketika menambahkan bahan pisang yang cenderung agak berat.
Pastikan pada saat bunda mengaduk mentega cair, aduk hingga adonan hingga benar-benar homogen supaya nanti cakenya tidak bantat.
Karena adonan cake ini cukup tinggi, jadi ketika memanggang gunakan suhu rendah saja supaya nanti matangnya bisa sempurna dan tidak gosong. Dan untuk lamanya memanggang bisa bunda sesuaikan dengan oven yang bunda gunakan.

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai