Resep Bolu Sarang Semut

Resep Bolu Sarang Semut

Resep Bolu Sarang Semut

Resep Bolu Sarang Semut
BOLU SARANG SEMUT ATAU BOLU KARAMEL - Bolu sarang semut karamel ini ialah salah satu kue khas negara Indonesia. Di sebut bolu sarang semut itu, sebutan dari orang betawi, sebab bolunya berongga mirip seperti sarang semut (memangnya bunda sudah pernah melihat bagaiman bentuk dalamnya sarang semut? hehehe.

Pertama kali aku bikin bolu sarang semut ini resepnya aku dapatkan dari Ibuku tercinta, yang mana takaran resepnya itu menggunakan takaran gelas belimbing. hingga saat inipun jika ibu membuat kue selalu memakai gelas belimbing untuk takaran bahan-bahannya, karena katanya lebih mudah dan gampang.

Tapi sebenarnya Ibuku itu tidak terlalu pandai dalam bikin kue, namun ada beberapa resep yang ibuku andalkan dan resepnya sederhana tapi rasanya itu eummmm, salah satu resepnya itu adalah kue bolu sarang semut ini.

Selain resepnya sederhana dalam membuat adonan bolu sarang semut ini tidak perlu menggunakan mixer. Hanya cukup mencampurkan semua bahan dan di aduk rata aja.

Resep dari ibuku ini takaranya sudah aku konversikan ke satuan gram, takutnya bunda di rumah pusing dan tidak memiliki gelas belimbingnya untuk mengukur takarannya, dan juga sudah aku modifikasi sedikit sesuai selera, seperti mengurangi jumlah gulanya.

Resep Bolu Sarang Semut  atau Bolu Karamel

Bahan – bahan bolu sarang semut karamel
  1. Bahan untuk sirup karamel
  2. Gula pasir sebanyak 400 gram
  3. Air panas sebanyak 400 ml
  4. Daun jeruk purut, iris tipis sebanyak 5 lembar
  5. Daun pandan, iris tipis sebanyak 2 lembar
  6. Dan untuk hasil akhirnya disarankan takar menjadi 400 ml

Bahan Bolu Karamel
  1. Telur sebanyak 5 butir
  2. Tepung terigu protein sedang sebanyak 120 gram
  3. Susu kental manis sebanyak 150 ml
  4. Margarin sebanyak 150 gram lalu lelehkan dan dinginkan
  5. Soda kue sebanyak 1 sendok makan

Cara Membuat Kue Bolu Sarang Semut

Membuat Sirup karamel
  • Panaskan 400 gram gula pasir di atas wajan sampai warnanya kecoklatan (tetapi jangan sampe gosong bun ya, takutnya nanti rasanya jadi pahit) di atas api kecil, lalu tambahkan 400 ml air panas dan biarkan sampai mendidih dan gulanya larut.
  • Setelah mendidih masukkan 5 lembar daun jeruk purut dan 2 lembar daun pandan dan masak sampai tercium wangi, angkat dan dinginkan serta saring lalu buang daunnya kemudian takar airnya sebanyak 400 ml dan sisihkan.

1. Panaskan oven dengan suhu 180'Celcius, lalu persiapkan loyang tulban dengan ukuran diameternya 22 cm, dan olesi dengan sedikit margarin/minyak lalu taburi dengan terigu secara tipis.

2. Kocok lepas 5 butir telur dengan menggunakan whisk sampai rata dan berbusa, lalu masukkan 120 gram tepung terigu sedikit-sedikit bergantian dengan sirup karamel yang bunda buat tadi sambil terus diaduk hingga licin dan rata. Bila perlu saring.

3. Setelah itu masukkan 150 ml susu kental manis dan aduk rata lalu masukkan 150 gram margarin cair, aduk rata lagi.

4. Dan terakhir masukkan 1 sendok makan soda kue, aduk rata. Kemudian segera langsung tuangkan ke atas loyang dan panggang di dalam oven sampai matang selama 45 menit.

5. Jika sudah matang keluarkan dari dalam loyang lalu dinginkan dan potong-potong sesuai selera.

Resep Bolu Karamel

Notes: Bolu sarang semut ini adonannya memang cair, daun jeruk purut dan pandannya itu bersifat optional saja, supaya nanti bolunya memiliki bau yang wangi khas, tetapi jika bunda di rumah tidak menyukainya bisa bunda skip bahan-bahan tersebut.

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai