Resep Membuat Bakso Sapi dan Tips Supaya Kenyal

Resep Membuat Bakso Sapi dan Tips Supaya Kenyal

Resep Membuat Bakso Sapi dan Tips Supaya Kenyal

Bakso Sapi
Bakso Sapi – bakso sapi ini adalah kesukaan saya ketika saya masih belum berumah tangga apalagi dengan kuah yang super duper pedas sekali, sampai-sampai mantan pacar saya yang menjadi suami saya saat ini tidak kuat untuk mencicipi karena pedasnya, dan ketika saya berumah tangga saya menemukan resep buat bakso, dan akhirnya saya berhasil semua anggota keluarga di rumah menyukainya dan ada yang sampai menyarankan untuk menjualnya, tapi saya belum berminat untuk berjualan karena saya tidak begitu paham dunia bisnis. Jika bunda pembaca setia mau merasakan kelezatan dari resep bakso sapi yang saya temukan silahkan simak resep buat bakso di bawah ini.


Resep dan Cara Membuat Bakso Sapi

Resep Buat Bakso

Bahan - bahan untuk buat bakso
  1. Daging sapi tanpa lemak  sebanyak 500 gram
  2. Es batu, dihancurkan sebanyak 150 gram
  3. Putih telur sebanyak 50 ml
  4. Bawang putih,di iris tipis lalu goreng sebanyak 3 siung
  5. Bawang putih, dihaluskan sebanyak 3-5 siung
  6. Garam sebanyak 2 sendok teh atau 15 gram
  7. Soda kue atau baking powder sebanyak ½ sendok teh
  8. Tepung sagu tani atau tapioka sebanyak 100 gram
  9. Air dalam panci untuk merebus bakso secukupnya

Cara membuat bakso sapi
  • Potong-potong 500 gram daging agar mudah di haluskan lalu masukkan semuanya ke dalam tabung blender daging dan kasih ½ bagian es batu dan giling sampai halus.
  • Setelah daging halus masukkan 50 ml putih telur, 3 siung bawang putih goreng, 3 siung bawang putih halus, 15 gram garam dan sisa es batu lalu giling kembali sampai semuanya benar-benar halus.
  • Masukkan 100 gram tepung sagu tani/tapioka dan ½ sendok teh soda kue, giling kembali sampai adonan menjadi seperti pasta yang sangat lembut dan mulus.
  • Sementara itu didihkan air di atas panci untuk merebus dan setelah airnya mendidih, matikan api atau bunda nyalakan dengan api kecil sekali supaya airnya tidak bergolak mendidih cukup hanya panas saja.
  • Ambil adonan segenggam lalu kepalkan dengan tangan dan tekan jemari samapi adonan menyembul dengan berbentuk bulat, dan ambil sendok yang sudah dicelupkan ke air dingin supaya sendok tidak lengket ke adonannya kemudian angkat bulatan adonan yang ada di tangan dengan menggunakan sendok dan langsung dimasukkan ke dalam air panas tadi. Lakukan terus samapi adonan habis. Biarkan bakso yang ada di dalam panci hingga mengambang,
  • Setelah bakso mengambang nyalakanatau besarkan sedikit apinya dan proses dengan keadaan air mendidih kecil selama 5 menit supaya bakso sapi matang dengan sempurna.
  • Sementara itu Siapkan air yang dingin sekali di atas baskom, kemudian angkat bakso yang sudah matang lalu masukkan ke dalamnya dan biarkan sampai dingin. Tiriskan airnya dan kini bakso sapi kenyal siap di pakai.
  • Bakso Sapi kenyal ini sangat fresh karena tanpa pengawet dan hanya bisa bertahan 1 hari saja di dalam suhu ruang, dan jika di simpan di dalam kulkas/chiller bisa bertahan selama 2 sampai 3 bulan di dalam freezer.

Tips - Tips Membuat Bakso Sapi Kenyal 
  1. Soda kue atau baking powder fungsinya adalah agar bakso yang kita buat mempunyai pori-pori  yang halus di dalamnya karena pori-pori ini dapat membantu penyerapan bumbu-bumbu dari kuah atau kaldu ke dalam baksonya, jadi ketika di santap rasanya akan lebih lezat dan enak.
  2. Jika bunda di rumah menyukai tekstur bakso nya terasa renyah, bunda bisa campurkan dengan sedikit fillet dada ayam. Semisal  400 gram daging sapi di campur dengan 100 gram fillet dada ayam.
  3. Ketika bunda membentuk adonan bakso menggunakan tangan, di sarankan telapak tangannya diolesi terlebih dahulu dengan sedikit minyak goreng supaya nantinya adonan tidak begitu lengket. Dan wajib sebelum adonan di genggam dan di tekan keluar kepal-kepal terlebih dahulu dengan tangan supay permukaan bakso terlihat mulus dan halus.
  4. Jangan sampai bakso yang baru di bentuk langsung di masukkan ke dalam air yang mendidih sebab air yang bergolak/mendidih dapat dengan mudah merusak pada permukaan bakso sehingga hasilnya nanti  menjadi tidak mulus. Bakso yang matangnya secara perlahan-lahan nanti teksturnya akan menjadi lebih baik. Dan ketika baksonya sudah mengambang ke atas semua baru bunda didihkan airnya.
  5. Jika bunda mau menyimpan baksonya ke dalam kulkas atau freezer, di sarankan simpan ke dalam plastik atau zipper bag yang tertutup rapat supaya nantinya bakso tidak mengering.

Selamat mencoba dan jangan lupa share resep membuat bakso kenyal ini ke teman bunda yang lain, semoga dapat membantu bagi yang sedang mencari resep bakso.

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai