Resep Cake Putih Telur Pelangi

Resep Cake Putih Telur Pelangi

Resep Cake Putih Telur Pelangi

RAINBOW EGG WHITES CAKE
Resep Cake Putih Telur Pelangi - Cake ini mirip sekali dengan angel cake karena cake yang berwarna putihnya hanya menggunakan putih telur saja pada adonannya, akan tetapi dalam penggunaan loyangnya tidak perlu menggunakan loyang khusus. Karena cake ini bisa memakai loyang yang biasa saja dan kalo saya memakai loyang tulban/bundt pan. Aku tanpa harus khawatir nantinya cake akan kempes ketika dikeluarkan dari oven serta tidak perlu membalikan loyang sampai cake dingin. Dalam pengocokan putih telur untuk cake ini harus sampai benar-benar mengembang dengan kental, mulus serta creamy hingga tidak ada busa lagi, setelah itu baru bahan yang lain di masukkan. Pembuatannya mirip sekali dengan membuat sponge cake.

Jika bunda di rumah mempunyai stok putih telur yang banyak di rumah? Di buatkan cake ini bisa menjadi salah satu alternatif bunda bunda pembaca setia INIRecipes.

RAINBOW EGG WHITES CAKE

Bahan – bahan
  1. Putih telur ditimbang pada suhu ruang sebanyak 500 gram
  2. Gula pasir sebanyak 250 gram
  3. Cake emulsifier sebanyak 1 sendok makan
  4. Garam sebanyak ½ sendok teh
  5. Tepung terigu protein sedang sebanyak 250 gram
  6. Tepung maizena sebanyak 50 gram
  7. Butter atau margarin, dilelehkan sebanyak 200 gram
  8. Vanilla sebanyak 1 sendok teh
  9. Pasta perisa sebanyak 1 sendok teh masing-masing warna dan kalo aku memakai pandan, strawberry dan cokelat, atau sesuaikan dengan selera masing-masing
  10. Gula halus untuk taburan secukupnya
Cara Membuat Rainbow Egg Whites Cake
  • Pertama panaskan oven dengan suhu 160 sampai 170 celcius lalu olesi loyang tulban/bundt pan berukuran 26 cm dengan sedikit margarin, kemudian taburi dengan tepung terigu secara tipis-tipis, dan  sisihkan.
  • Ayak 250 gram tepung terigu dengan 50 gram tepung maizena dan sisihkan.
  • Kocok 500 gram putih telur dengan ½ sendok teh garam dan 1 sendok makan emulsifier menggunakan mixer berkecepatan sedang hingga berbusa, lalu masukkan 250 gram gula pasir dengan 3 tahapan sambil terus dikocok sampai gula habis. Dan setelah gula habis kocok dengan berkecepatan tinggi sampai adonan mengembang, kental dan berjejak.
  • Masukkan campuran tepung dan maziena yang sudah di ayak tadi ke dalam dengan beberapa tahapan [kalo aku 3 tahapan saja] kemudian aduk kembali dengan menggunakan spatula sampai rata, atau bunda bisa menggunakan mixer berkecepatan paling rendah.
  • Masukkan 200 gram butter/margarin tang sudah di lelehkan dan 1 sendok teh vanilla. Aduk kembali dengan menggunkan spatula sampai benar-benar rata. Di usahakan sampai tidak ada lagi butter/margarin cair yang tidak tercampur didalam adonan.
  • Bagi-bagi adonan sesuai jumlah warna yang diinginkan pada wadah, lalu tambahkan pasta perisa pada masing-masing adonan. Dan aduk rata.
  • Tuangkan adonan ke atas loyang dengan per lapisan warnanya atau bunda bisa bentuk acak dengan motif marble kemudian panggang hingga matang, dan permukaannya terlihat kecoklatan dan membal jika disentuh. Atau bisa di test dengan tusuk bersih. selama 50 menit, tapi tergantung oven masing-masing.
  • Keluarkan cake dari dalam loyang dan dinginka kemudian taburi dengan sedikit gula halus lalu potong-potong.
Note:
Ketika bunda mengocokan putih telur harus benar-benar mengembang dan kental, mulus serta creamy dan tidak ada busa lagi. Baru bunda bisa memasukkan bahan lain.
Jika bunda tidak mempunyai loyang berukuran seperti didalam resep, resepnya bisa bunda sesuaikan sesuai ukuran loyang yang dipakai.
Resep Cake Putih Telur
(Contoh adonan putih telur selesai dikocok dan siap ditambahkan dengan bahan lain seperti catatan yang aku maksud)

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai