Resep Chiffon Cake Pisang

Resep Chiffon Cake Pisang

Resep Chiffon Cake Pisang

Cara Membuat Chiffon Cake Pisang
Resep Chiffon Cake Pisang – Saya membuat Banana chiffon cake putih telur ini awalnya di karnakan ketika mambuka kulkas saya menemukan 4 butir putih telur dan juga kebetulan ada beberapa pisang ambon kupas nganggur sudah beberapa hari tidak ada yang memakannya, dan akhirnya pisang ambon tersebut saya sulap menjadi chiffon cake. Pada saat kue pisang dipanggang tercium sangat wangi dan menggugah selera. Saya memakai gula palem supaya nanti rasanya agak sedikit gurih dan manis.

Resep Banana Chiffon Cake (Putih Telur)

Bahan – Bahan A
  1. Putih telur sebanyak 4 butir
  2. Gula palem sebanyak 75 gram
Bahan  – Bahan B
  1. Tepung terigu protein sedang sebanyak 85 gram
  2. Tepung maizena sebanyak 15 gram
  3. Pisang ambon kupas, haluskan sebanyak 120 gram
  4. Minyak sayur sebanyak 80 ml
Cara Membuat Chiffon Cake Pisang
  • Pertama bunda panaskan oven dengan suhu 180 deg C, lalu masukkan loyang chiffonnya ke dalam oven tersebut selama 10 menit. (alasan loyang dipanaskan terlebih dahulu supaya nanti adonannya tidak rembes di bawah loyang).
  • Di dalam wadah, kocok semua bahan-bahan A sampai mengembang dan kaku, kira-kira lama kocokannya selama 5-10 menit.
  • Di dalam wadah yang lain, campurkan 85 gram tepung terigu dengan 15 gram tepung maizena sambil di ayak, lalu masukkan 120 gram pisang dan 80 ml minyak sayur dan kocok menggunakan mixer dengan kecepatan rendah sampai rata. Kemudian masukkan adonan putih telur tadi yang sudah mengembang, secara bertahap sambil diaduk bolak-balik dengan menggunakan spatula sampai tercampur dengan rata.
  • Keluarkan loyang dari dalam oven tadi lalu tuangkan adonan ke dalamnya. Loyang yang di gunakan tidak perlu bunda olesi dengan apapun (supaya nanti adonannya tidak menurun jika sudah matang dan di keluarkan dari oven).
  • Panggang adonan selama 45 sampai 60 menit atau sampai matang.
  • Jika cake sudah matang, balikkan loyang tersebut dengan di sangga sama kaki-kaki loyangnya. Jika bunda menggunakan loyang tulban biasa, bunda bisa membalikkan loyangnya, dengan sangganya dengan lubang tengah loyang seperti mulut botol, agar chiffon cake pisang ini tidak mengkerut atau permukaannya menurun dan uap panasnya keluar begitu saja.
  • Diamkan selam kira-kira 2-3 jam, sampai cake pisang ini benar-benar dingin, setelah dingin baru bunda bisa mengeluarkan kue dari loyang dengan di bantu dengan pisau atau sejeisnya. (Sisir pada bagian pinggir-pinggirn loyang/dikerik dengan pisau)
Note :
Jika bunda mau membuat chiffon cake pisang ini lebih tinggi lagi, bunda bisa membuat dengan 2 kali lipatnya resep diatas.

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai