Resep Magic Flan Cake

Resep Magic Flan Cake

Resep Magic Flan Cake

Resep Magic Flan Cake
Resep Membuat Magic Flan Cake – Dalam menggunakan cokelat bubuk untuk magic flan cake ini di sarankan gunakan coklat bermerk supaya nanti rasanya tidak pahit, gunakan coklat merek Bendico karena jika bunda menggunakan coklat bendico dengan jumlah banyak supaya nanti warnanya lebih cantik dan gelap tidak akan terasa pahit, beda dengan coklat  Van houten, memang untuk rasanya lebih enak dari bendico akan tetapi jika di gunakan dengan jumlah yang banyak, nanti rasanya terasa pahit. Intinya dari kedua coklat tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tinggal bunda pilih mau menggunakan coklat yang mana.

Tingkat kesulitan dalam pembuatan cake ini menurutku dalam menuangkan adonan flan ke atas adonan kue. Karena dalam menuangkanya harus menggunakan sendok sayur 1 sendok-1 sendok secara perlahan-lahan. Karena jika bunda menuangkanya dengan sekaligus begitu saja nanti adonan cake cokelatnya bisa tercampur dengan flan sehingga warna kuenya akan lebih gelap. Dan juga dalam penggunaan caramel dapat berpengaruh pada hasil cakenya. Semakin warna caramelnya gelap maka akan semakin wangi aromanya, tapi tidak sampai gosong juga bun ya, hehhe, akan tetapi semakin gelap pula hasil cakenya. Bunda bisa memilih dalam menggunakan caramelnya, separuh dituang ke atas loyang dan separuhnya lagi dituang pada saat akan disajikan di atas cake yang sudah matang.

Bunda bisa memilih resep caramel di bawah ini, mau pilih caramel yang biasa atau atau mau menggunakan resep karamel yang lebih rich karna aku menggunakan sedikit campuran krim kental dan butter dalam proses membuatannya.

Resep Magic Flan Cake

Bahan – Bahan Untuk Membuat Caramel Versi A
  1. Gula sebanyak 125 gram
  2. Air sebanyak 4 sendok makan
Bahan – Bahan Untuk Membuat Caramel Versi B
  1. Butter sebanyak 50 gram
  2. Gula pasir sebanyak 120 gram
  3. Krim kental sebanyak 200 ml
Bahan – Bahan Untuk Membuat Flan
  1. Susu kental manis sebanyak 250 ml
  2. Susu cair, bunda bisa gunakan susu evaporated sebanyak 300 ml
  3. Cream cheese, suhu ruang atau dilembutkan dengan menggunakan garpu sebanyak 85 gram
  4. Telur sebanyak 3 butir
  5. Kuning telur sebanyak 2 butir
  6. Vanili bubuk sebanyak ½ sendok teh
Bahan – Bahan Untuk Membuat Cake Cokelat
  1. Tepung terigu protein sedang sebanyak 30 gram
  2. Cokelat bubuk sebanyak 20 gram
  3. Gula pasir sebanyak 60 gram
  4. Soda kue sebanyak ½ sendok teh
  5. Kayu manis bubuk sebanyak 1 sendok teh
  6. Garam sebanyak ¼ sendok teh
  7. Dark cokelat di tim bersama dengan butter sebanyak 55 gram
  8. Butter sebanyak 45 gram
  9. Buttermilk sebanyak 60 ml
  10. Telur sebanyak 1 butir
  11. Vanili bubuk sebanyak ½ sendok teh
Cara Membuat Magic Flan Cake
  • Pertama olesi permukaan loyang tulban berukuran 20 cm dengan margarin lalu taburi dengan sedikit tepung terigu. Dan panaskan oven dengan suhu 350 F atau 175 C.
Membuat Karamel versi A
  • Tuangkan 125 gram gula dan 4 sendok makan air ke dalam panci lalu panaskan di atas api sedang, dan ketika gula mulai meleleh itu tandanya mulai terjadi proses karamelisasi. Dan ketika karamelisasi terjadi pastikan jangan dulu diaduk-aduk, maka dari itu harus diawasi terus karena takut kegosongan. Jika karamelnya gosong nanti  akan gekap dan rasanya pahit. Bunda cukup menggoyang-goyangkan pancinya supaya gula dapat meleleh dengan rata. Ketika caramel mulai terlihat kuning agak kecokelatan matikan api dan segera tuangkan separuhnya ke dalam loyang.
Membuat Karamel versi B
  • Masukkan 50 gram butter dengan 120 gram gula pasir di dalam panci. Lalu masak di atas api sedang sampai mendidih dan menjadi caramel matikan api. Memang sih gulanya terlihat tidak rata tapi tidak apa-apa. Kemudian tuangkan 200 gram krim kental sedikit demi sedikit sambil terus di aduk sampai mengental, dan tuangkan separuh caramel ke dalam loyang.
Membuat Flan
  • Masukkan semua bahan-bahan flan ke dalam tabung blender lalu proses sebentar asal tercampur dengan rata dan sisihkan.
Membuat Cake Magic Flan
  • Ayak semua bahan-bahan tepung seperti 30 gram terigu, 20 gram cokelat bubuk, ½ sendok teh soda kue dan 1 sendok teh kayu manis.
  • Di dalam wadah yang lain aduk 1 butir telur dengan 60 gram gula, 60 ml buttermilk, ½ sendok teh vanili dan ¼ sendok teh garam dengan menggunakan whisk sampai tercampur rata dan gulanya larut. Lalu masukkan 55 gram larutan cokelat yang telah ditim bersama dengan 45 gram butter, aduk rata kemudian tuangkan bahan-bahan tepung yang sudah di ayak tadi dan aduk-aduk sbentar asal tercampur rata saja dan jangan sampai overmix.
  • Tuangkan adonan cake secara perlahan-lahan ke atas lapisan karamel, lalu tuangkan adonan flannya 1 sendok-1 sendok dengan menggunakan sendok sayur sampai adonan flan habis.
  • Panggang dengan metode au bain marie atau bisa di sebut juga ditim di dalam oven selama kurang lebih 1 jam.
  • Setelah 1 jam berlalu segera angkat, lalu kikis secara perlahan-lahan di bagian pinggiran-pinggiran kue supaya setelah cake dingin mudah untuk kita lepaskan dari dalam loyang.
  • Biarkan dingin kuenya dengan di masukkan ke dalam lemari es selama 4 sampai 5 jam sebelum di pindahkan dari dalam loyang ke dalam wadah.
  • Jika kue sudah dingin tuangkan ke dalam wadah lalu siram dengan sisa karamel atau bunda bisa mencocolkannya ke dalam saus karamel ketika cake mau disantap.

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai