Resep Membuat Sponge Cake Jeruk

Resep Membuat Sponge Cake Jeruk

Resep Membuat Sponge Cake Jeruk

 Membuat Sponge Cake Jeruk
Resep Membuat Sponge Cake Jeruk dengan metode telur di pisahkan

Bahan - Bahan
  1. Kuning telur sebanyak 6 butir
  2. Minyak sebanyak 60 ml
  3. Tepung terigu protein sedang sebanyak 100 gram
  4. Garam sebanyak ½ sendok teh
  5. Susu cair sebanyak 40 ml
  6. Sirup rasa jeruk sebanyak 70 ml
  7. Kulit jeruk sunkist sebanyak ½ buah lalu,parut kulit luarnya dan sisihkan isinya.
  8. Putih telur sebanyak 6 butir
  9. Gula pasir sebanyak 90 gram
Resep Selai Jeruk

Bahan Untuk Selai Jeruk
  1. Jeruk sunkist sebanyak 1 buah
  2. Gula pasir sebanyak 1/3 cup
  3. Air sebanyak 100 ml
Cara membuat Sponge Cake Jeruk
  • Persiapkan loyang berbentuk kotak atau bulat dengan ukuran diameternya 20 cm lalu olesi bagian dasarnya dengan sedikit mentega dan untuk bagian pinggir loyang tidak usah di olesi, serta alasi dengan kertas roti. Lapisi pada bagian luar loyangnya dengan alumunium foil. Tapi jika bunda menggunakan loyang yang tidak ada sambungan luarnya berarti tidak usah dialasi dengan alfoil.
  • Panaskan oven dengan suhu 190Celcius dan jangan lupa persiapkan juga loyang berbentuk kotak yang ukurannya lebih besar, gunanya untuk au-bain marie atau biasa di sebut water bath, lalu Isi dengan air bersih kira-kira setinggi 1 cm.
  • Di dalam wadah, campurkan 6 butir kuning telur dengan 60 ml minyak sayur dan aduk rata dengan menggunakan whisk, lalu tuangkan 70 ml sirup dan 40 ml susu cair, aduk rata. Kemudian tambahkan 100 gram tepung terigu dan ½ sendok teh garam. Aduk hingga rata dan jangan sampai bergerindil ya bun, lalu masukan kulit jeruk yang sudah di parut aduk rata.
  • Pada wadah lain kocok 6 butir putih telur sampai berbusa lalu masukkan 90 gram gula pasir dengan tiga tahapan sambil adonan terus dikocok dengan menggunakn mixer berkecepatan tinggi sampai soft peak. Ingat Jangan nyampe kaku ya bun, cukup soft peak saja karena supaya nantinya gampang tercampur dengan adonan kuning telur tadi.
  • Ambil kira-kira 1/3 adonan putih telur tersebut lalu masukkan ke adonan kuning telur kemudian aduk bolak-balik secara perlahan hingga tercampur rata.lalu tambahkan lagi 1/3 adonan putih telur, aduk lagi hingga rata, dan berikutnya masukkan lagi putih telur yang terakhir kemudian aduk rata dan tuangkan ke atas loyang yang sudah di persiapkan lalu ratakan.
  • Panggang adonan di dalam oven selama kurang lebih 15 menit dengan metode au-bain marie  dengan suhu 190Celcius.
  • Kemudian setelah 15 menit berlalu turunkan suhu ovennya sampai 145Celcius dan panggang kembali selama krang lebih 1 jam.
  • Jika selama memanggang cake jeruk ini mulai terlihat ada retakan di di bagian permukaannya segera bunda turunkan suhu panas ovennya dan waktu memanggangnya tambah lagi menjadi 1,5 jam saja.
  • Untuk melihat kue ini matang atau belu, biasanya ditandai dengan ketika bagian permukaan kue ini di tekan akan kembali bentuknya ke bentuk semula atau bisa di sebut juga bounce back.
  • Setelah Cake jeruk matang segera matikan ovennya lalu biarkan sebentar kue di dalam oven/jangan langsung di keluarkan dari oven.
  • Setelah beberapa menit baru angkat dan pindahkan ke atas piring saji kemudian olesi semua permukannya dengan selai jeruk.
Cara Membuat Selai Jeruk :
  • Pertama kupas 1 buah jeruk dan ambil kulitnya lalu parut bagian luarnya saja yang berwarna orange,( perlu di perhatikan jangan parut sampai bagian putihnya karena nanti rasanya pahit). Selain itu buang juga pada bagian tengah jeruknya yang berwarna putih itu.
  • Setelah itu potong-potong jeruknya lalu masukkan ke dalam panci yang sudah di isi 100 ml air dan masukkan juga cincangan atau parutan kulit jeruk tadi dengan gula pasir, kemudian masak hingga agak mengental. Jika bunda mau cepat kental, bunda bisa menambahkan 1 sendok teh tepung maizena.
Jika sudh mendidih segera matikan kompor akan dan biarkan hangat kemudian oleskan ke semua permukaan kue jeruk lembut.

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai