Resep Ikan Kembung Bakar Pedas

Resep Ikan Kembung Bakar Pedas

Resep Ikan Kembung Bakar Pedas

IKAN KEMBUNG BAKAR PEDAS
IKAN KEMBUNG BAKAR – Pada kesempatan kali ini aku akan membagikan salah satu menu favorit keluargaku di rumah, ialah resep membuat ikan kembung bakar. Suamiku tersayang penggemar berat olahan ikan terutama ikan kembung ini, jadi aku sering memasak ikan kembung bakar dengan berbagai variasi, supaya suamiku tidak bosan, mulai dari hanya di garemin saja lalu di bakar, kemudian di kasih bumbu kecap dan bumbu super pedas. Untuk kesempatan kali ini ikan kembung yang akan aku buat, di bakar dengan bumbu kecap serta ada sedikit pedasnya. namun kalau bunda di rumah menyukai rasa pedas nya super hot, bunda bisa menambahkan cabainya lagi sesuai selera. Untuk sambal sebagai pelengkap bakar ikan kembung ini aku pakai resep sambal yang pedas dan gurih dari ibu mertuaku.

IKAN KEMBUNG BAKAR SAMBAL KACANG


Bahan - Bahan
  1. Ikan kembung ukuran sedang  sebanyak 3 ekor
  2. Garam sebanyak 1 sendok teh
  3. Jeruk nipis, sebanyak 1 buah lalu ambil airnya saja
Bahan Bumbu Bakar Ikan Kembung
  1. Cabai merah sebanyak 3 buah
  2. Cabai rawit sebanyak 3 buah
  3. Bawang merah sebanyak 7 butir
  4. Bawang putih sebanyak 3 siung
  5. Ketumbar sebanyak 2 sendok teh
  6. Jahe sebanyak 1 ruas
  7. Garam sebanyak 1 sendok teh
  8. Air asam jawa sebanyak 1 sendok teh
  9. Kecap manis sebanyak 5 sendok makan
  10. Minyak untuk menumis sebanyak 2 sendok makan
Cara Membuat Ikan Kembung Bakar Sambal Kacang
  • Pertama bersihkan terlebih dahulu 3 ekor ikan kembung lalu kerat-kerat bagian badannya kemudian lumuri semuanya dengan perasan air jeruk nipis dan 1 sendok teh garam. Biarkan kurang lebih selama 30 menitan.
  • Sementara itu haluskan 3 buah cabai merah, 3 buah cabai rawit, 7 butir bawang merah, 3 siung bawang putih, 2 sendok teh ketumbar, 1 ruas jahe dan 1 sendok teh garam dengan di tumbuk, lalu panaskan 2 sendok makan minyak, kemudian tumis hingga tercium harum dan tambahkan 1 sendok teh air asam jawa, aduk-aduk sampai rata dan matikan api.
  • Setelah itu tambahkan 5 sendok makan kecap manis, dan aduk rata.
  • Olesi ikan kembung ke seluruh permukaannya dengan bumbu bakar tersebut lalu biarkan selama 10 menit sebelum di bakar supaya bumbunya meresap.
  • Bakar ikan kembung yang sudah di kasih bumbu tersebut di atas bara api atau multi pan di api kecil, dan ketika di bakar oles-oles terus dengan bumbu secukupnya,sampai kedua sisi ikan matang,
  • Jika Ikan kembung bakar terlihat sudah matang segera angkat dan kini bakar ikan siap untuk di sajikan dengan sambal pedas serta 1 piring nasi panas.

IKAN KEMBUNG BAKAR KECAP

RESEP MEMBUAT SAMBAL KACANG


Bahan – Bahan Sambal Kacang
  1. Kacang tanah goreng sebanyak 3 sendok makan lalu uleg kasar
  2. Bawang merah, sebanyak 3 butir lalu diiris halus
  3. Tomat, sebanyak 1 buah lalu dipotong dadu
  4. Cabai rawit, sebanyak 5 buah lalu diiris halus
  5. Daun jeruk, sebanyak 3 helai lalu dibuang tulang daunnya kemudian iris halus
  6. Limau, sebanyak 2 buah lalu diperas airnya (kalo tidak ada bisa pakai jeruk nipis)
  7. Kecap manis secukupnya
Cara Membuat Sambal Kacang Pedas dan Gurih
  • Campurkan semua bahan di atas lalu aduk-aduk sampai rata, kemudain tambahkan kecap manis secukupnya atau sampai kekentalan yang di inginkan.
Cara Penyajian Bakar Ikan Kembung Sambal Kacang
  • Tata dengan rapi bakar ikan kembung di atas piring saji, lalu siram dengan sambal kacang kemudian taburi dengan irisan-irisan daun jeruk, dan kini bakar ikan siap untuk santap dengan 1 piring nasi hangat.
Notes : Aku membakar ikan kembungnya menggunakan multi pan di atas api kecil, maka dari itu waktu pemanggangan yang aku alami lebih lama dari pada di bakar di atas bara, akan tetapi walaupun membutuhkan waktu yang cukup lama, ikan bakarnya dapat matang dengan sempurna dan bumbu-bumbunya lebih meresap.

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai