Resep Onde Onde Kentang Yang Enak dan Super Lembut

Resep Onde Onde Kentang Yang Enak dan Super Lembut

Resep Onde Onde Kentang Yang Enak dan Super Lembut

Resep Kue Onde Onde Kentang
Resep Onde-Onde Kentang - Onde-onde biasanya terbuat dari campuran tepung ketan dengan tepung beras ya?... Kali ini aku mau membuat Onde-Onde dengan bahan dasar kentang. Aku menemukan Resep Onde-Onde kentang ini dari mbak Tati Widharti yang baik dan cantik itu. Untuk rasa dari Onde-onde kentang yang aku buat ini enak banget dan memiliki teksturnya yang sangat lembut di bagian dalamnya, tetapi di bagian luarnya tetap renyah dan crunchy dikarenakan di campur dengan tepung beras, pokoknya enak, lezat bun, apalagi kalau onde-onde nya masih hangat.

ONDE-ONDE KENTANG

Bahan - Bahan Kulit Onde Kentang
  1. Tepung ketan sebanyak 250 gram
  2. Tepung beras sebanyak 35 gram
  3. Kentang, dikukus lalu dihaluskan sebanyak 50 gram
  4. Gula pasir sebanyak 125 gram
  5. Vanilli sebanyak ¼ sendok teh
  6. Garam sebanyak ½ sendok teh
  7. Air sebanyak 200 ml
  8. Wijen putih sebanyak 100 gram
  9. Minyak goreng secukupnya

Bahan - Bahan Untuk Isian Onde Kentang
  1. Kacang hijau kupas sebanyak 100 gram lalu direndam selama 1 jam
  2. Gula pasir sebanyak 60 gram
  3. Daun pandan sebanyak 1 helai lalu simpulkan
  4. Santan sebanyak 100 ml
  5. Garam sebanyak ¼ sendok teh

Cara Membuat Kulit Onde Kentang
  • Campurkan 50 gram kentang kukus yang sudah di haluskan dengan 250 gram tepung ketan, 35 gram tepung beras, 125 gram gula pasir, ¼ sendok teh vanilli dan ½ sendok teh garam, aduk sampai rata, sisihkan
  • Panaskan 200 ml air, jangan sampai mendidih cukup sampai panas saja.
  • Setelah air panas tuangkan ke dalam adonan tepung sedikit-sedikit sambil terus diaduk sampai adonan sudah bisa dipulung, kalo aku menggunakan air sebanyak 150 ml saja, maka dari itu bunda sesuaikan dengan kondisi bahan kering nya, bunda bisa tambahkan jika adonan onde terasa masih kering dan hentikan jika adonan sudah kalis.
  • Cetak adonan dengan berbentuk bulatan-bulatan kecil dengan besarnya sesuai selera masing-masing, kalo aku ditimbang masing-masing beratnya 25 gr dan sisihkan.

Cara Membuat Isian Onde Kentang
  • Kukus 100 gram kacang hijau selama 20 menit, lalu angkat dan haluskan.
  • Setelah kacang halus tambahkan 60 gram gula pasir, 1 helai daun pandan, ¼ sendok teh garam dan 100 ml santan lalu masak sambil terus diaduk sampai kalis, angkat dan dinginkan.
  • Setelah dingin bentuk adonan isi dengan bulat-bulat kecil, kalo aku di timbang masing-masing beratnya 10 gram, dan kini bahan isi siap untuk digunakan.

Penyelesaian Pembuatan Onde-Onde Kentang Enak dan Lembuat
  • Pipihkan adonan kulit onde lalu buat seperti cekungan kemudian kasih adonan isi, dan tutup rapat-rapat serta bulatkan lagi sampai rapih
  • Celupkan adonan yang sudah di beri adonan isi ke dalam air dingin lalu gulingkan ke atas wijen putih, kemudian kepal-kepal secara perlahan-lahan agar wijen bisa menempel dan onde membentuk bulat sempurna. Lakukan terus sampai adonan habis.
  • Panaskan minyak goreng di atas wajan, lalu goreng onde-onde di atas api kecil sampai mengapung dan warnanya berubah menjadi warna kuning sedikit kecoklatan, kemudian segera angkat dan tiriskan minyaknya.

Notes :
1Ketika membuat kulit onde jangan sampai terlalu tebal bun ya, gunanya ketika onde di goreng bisa matang dengan sempurna.

2. Dalam memanaskan minyak goreng di usahakan agak banyak dan setelah minyak panas segera kecilin apinya kemudian onde kentang masukkan ke penggorengan.

3. Untuk kulit onde-onde nya bunda bisa variasikan misalnya diberi pasta sesuai selera, seperti onde pandan, green tea yang warnanya hijau. Atau jika bunda tidak suka menambahkan pasta pada makanan, bunda bisa variasikan dengan memakai campuran antara wijen hitam dengan wijen putih, pasti akan terlihat lebih cantik dan unik, tentunya dapat menambah selera makan hehehe....

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai