Resep Membuat Cake Tape Lembut

Resep Membuat Cake Tape Lembut

Resep Membuat Cake Tape Lembut

Resep Cake Tape
CAKE TAPE – Kebetulan di rumah aku punya banyak tape Jember. Aku sangat menyukai tape Jember karena rasanya itu manis dan juga legit. Biasanya di daerahku ada banyak yang jual tape ini, tetapi tidak setiap hari mereka lewat ke depan rumah. Biasanya kalo aku nemu tape jember pasti aku membelinya dan langsung aku makan, tapi unutk kali ini karena di rumah lagi ada tape banyak jadi sebagian tape aku olah menjadi cake tape lembut dan enak. Cake tape ini memiliki tekstur yang lembut. Resep cake tape yang satu ini ini sudah menjadi resep andalan aku, karena selain cake nya enak dalam pembuatannya tidak memerlukan bahan tambahan seperti cake no emulsifier, cake no baking powder dan cake no baking soda.

RESEP MEMBUAT CAKE TAPE


Bahan – Bahan
  1. Tape singkong sebanyak 175 gram, lalu dibuang sumbunya
  2. Susu kental manis putih sebanyak 1 sachet
  3. Telur utuh sebanyak 4 butir
  4. Gula pasir sebanyak 90 gram
  5. Tepung terigu sebanyak 75 gram
  6. Susu bubuk full cream sebanyak 15 gram
  7. Tepung maizena sebanyak 10 gram
  8. Butter / margarin sebanyak 75 gram
  9. Olive oil / vegetable oil sebanyak 25 gram
Cara Membuat Cake Tape Lembut
  • Panaskan oven dengan suhu 170'Celcius, lalu persiapkan loyang, olesi dengan margarin, kemudian alasi dengan kertas roti dan olesi margarin lagi. Sisihkan.
  • Campurkan dan ayak 75 gram tepung terigu dengan 15 gram susu bubuk dan 10 gram tepung maizena, sisihkan.
  • Sementara itu haluskan 175 gram tape singkong dengan menggunakan sendok, lalu masukkan 1 sachet susu kental manis dan aduk sampai rata dan tapenya halus, sisihkan.
  • Lelehkan 75 gram butter dengan 25 gram minyak, lalu biarkan dingin.
  • Kocok 4 butir telur dengan 90 gram gula pasir sampai mengembang dan mengental berjejak lalu masukkan tape singkong yang sudah di haluskan tadi dalam 2 tahap sambil adonan terus dikocok menggunakan mixer dengan kecepatan rendah. Dan Jangan terlalu lama dalam mengocoknya, cukup asal tercampur rata saja.
  • Setelah itu msukkan campuran teoung terigu sedikit-sedikit sambil adonan terus diaduk dengan menggunakan spatula, kemudian masukkan campuran butter yang telah dilelehkan dengan minyak tadi, dan aduk-aduk hingga rata dengan spatula.
  • Tuangkan adaonan ke dalam loyang yang sudah bunda persiapkan tadi, lalu panggang selama 30 sampai 35 menit.
  • Jika sudah matang segera angkat dan keluarkan dari dalam loyang, dinginkan.
Note :
  1. Dalam mengocok telurnya di pastikan telur sudah benar-benar mengembang dengan sempurna dan mengental berjejak bund ya.
  2. ketika mengaduk adonan dengan menggunakan spatula, jangan sampai terlalu lama supaya adonan tidak menurun terlalu banyak
  3. Setelah adonan dituangkan ke dalam loyang, hentakkan loyangnya secara perlahan gunanya untuk mengurangi udara yang ada di dalam adonan.
Cake tape yang aku buat kali ini tidak memakai tambahan apa-apa. Bunda bisa menambahkan keju atau kismis kedalam adonan atau bunda juga bisa memberikan topping keju, pasti uenaak. Jika bunda tidak menyukai keju, bisa bunda ganti dengan chocochip taua sesuaikan dengan selera keluarga bunda di sana ya. Selamat mencoba.....

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai