Resep Membuat Kue Mangkok Tape

Resep Membuat Kue Mangkok Tape

Resep Membuat Kue Mangkok Tape

Resep Membuat Kue Mangkok Tape
KUE MANGKOK TAPE - Sebelum aku menemukan resep kue mangkok tape ini, aku mencoba membuatnya tetapi selalu saja gagal membuatnya. Rata-rata hasilnya tidak mekar atau pada mingkem hehe mingkem kaya mulut saja mingkem bun ya, nah setelah aku menemukan resep yang pas, hasilnya pasti selalu mekar. Selain itu pembuatanya juga sangat simple banget tidak ribet, misalnya dalam membuat adonannya tidak memerlukan mixer, cukup hanya diuleni saja menggunakan tangan, selain itu penggunaan cetakannya pun tidak perlu dipanaskan terlebih dahulu! Jadi untuk bunda yang mempunyai dandang berukuran kecil seperti aku ini bisa mencoba membuatnya dengan resep di bawah ini. Dan cara mengukus kue mangkok ini sebenarnya sama seperti membuat bolu kukus, cukup di kukus di atas api besar lalu tutup dandang yang dialasi dengan serbet.


Resep Kue Mangkok Tape

Bahan - Bahan
  1. Air sebanyak 250 ml
  2. Gula pasir sebanyak 125 gram
  3. Tepung beras sebanyak 125 gram
  4. Tepung terigu sebanyak 25 gram
  5. Tape singkong yang matang dan empuk, lalu buang seratnya, kemudian haluskan sebanyak 100 gram
  6. Ragi instant sebanyak  1 sendok teh
  7. Baking powder sebanyak 1 sendok teh

Cara Membuat Kue Mangkok Tape
  • Pertama rebus 250 ml air dengan 125 gram gula pasir sampai gulanya larut, dan tidak usah sampai mendidih, lalu sngkat, dan biarkan hangat-hangat kuku.
  • Pada wada, campurkan 125 gram tepung beras dengan 25 gram terigu dan 100 gram tape singkong yang sudah di haluskan, lalu tuangkan air gula hangat tadi sedikit demi sedikit sambil adonan terus diuleni hingga rata dan adonan pasti akan menjadi encer.
  • Setelah itu masukkan 1 sendok teh ragi instant dan uleni kembali sampai rata kemudian diamkan adonan selama kurang lebih 30 menit di tempat yang hangat dan ditutup.
  • Sementara itu panaskan dandang hingga airnya mendidih dan uapnya banyak lalu persiapkan cucing plastik yang ukuran diameternya 5 cm dengan volume bisa menampung 50 sampai 60 ml serta jangan dioles apapun,biarkan kering saja.
  • Setelah 30 menit berlalu aduk adonan hingga buihnya hilang lalu masukkan 1 sendok teh baking powder, dan aduk hingga rata.
  • Kemudian tuangkan adonan ke dalam cucing tadi sampai penuh lalu kukus di atas api besar selama kurang lebih 10 menit dan angkat dari dalam kukusan, biarkan hangat terlebih dahulu baru kue mangkok bisa dilepas dari dalam cetakan.

Tips :
Untuk penggunaan cetakan tidak usah di panaskan terlebih dahulu
Sebelum adonan di tuangkan ke dalam cetakan wajib di aduk-aduk terlebih dahulu sampai buihnya hilang
Di pastikan dalam menuangkan adonan pada cetakan sesaat sebelum kue dikukus. Jangan sampai adonan di biarkan ngantri di dalam cetakan terlalu lama, karena nantinya adonan akan berbuih kembali yang berakibat kue mangkok tidak bisa mekar dengan sempurna.
Resep aslinya sebenarnya memakai gula merah, namun berhubung aku menginginkan kue mangkoknya berwarna putih jadi aku ganti dengan gula pasir, untuk takaran gulanya sama jika bunda di rumah mau menggunakan gula merah.
Takaran resep di atas menghasilkan 12 kue tape

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai