Resep Membuat Kue Talam Rebon

Resep Membuat Kue Talam Rebon

Resep Membuat Kue Talam Rebon

Kue Talam Rebon
Kue Talam Rebon – Sebenarnya kue talam ini aslinya resep kue talam ebi. Di karnakan di tempatku tidak gak ada ebi, akhirnya aku memakai rebon aja, dan alhamdullilah rasanya enak banget dan wanginya menggugah selera.

Resep yang akan aku pakai sekarang resep kue talam versi ibu aku. Hanya menggunakan tepung terigu serta metode pembuatannya mirip banget dengan pembuatan kue nona manis, dan hasil yang aku dapatkan kue talam yang lembut serta di bagian tengah kue nya terasa gurih. Selain itu yang perlu bunda ketahui di bagian tengahnya ini sangat lembut sekali jadi cocok banget jika di kasih taburan, sebab nanti taburannya akan nempel dengan lengket, tidak berhamburan.

Untuk takaranya menggunakan cangkir teh saja bund ya

Resep Kue Talam Rebon


Bahan - Bahan I :
  1. Telur ayam sebanyak 1 butir
  2. Gula pasir sebanyak 1 sendok makan
  3. Santan sebanyak 1 cangkir
  4. Tepung terigu sebanyak 1 cangkir
Bahan - Bahan II :
  1. Santan sebanyak 1 cangkir
  2. Tepung maizena sebanyak ½ cangkir
  3. Garam sebanyak ½ sendok teh
Bahan - Bahan III :
  1. Santan kental sebanyak 1 cangkir
  2. Gula pasir sebanyak 1 sendok makan
  3. Tepung beras sebanyak 2 sendok makan
  4. Garam sebanyak ¼ sendok teh
Bahan Untuk Taburan :
  1. Cabe merah sebanyak 1 buah
  2. Cabe rawit, potong-potong sebanyak 3 buah
  3. Rebon, sebanyak 30 gram lalu direndam dengan air panas, kemudian ditiriskan dan sangrai sampai kering
  4. Bawang putih sebanyak 2 siung
  5. Kencur sebanyak 1 cm
  6. Daun jeruk, sebanyak 2 lembar lalu buang tulangnya dan iris secara halus
  7. Gula pasir sebanyak ½ sendok teh
  8. Garam secukupnya
  9. Minyak sebanyak 2 sendok makan
  10. Bawang goreng, sebanyak 1 sendok makan lalu diremas-remas
  11. Daun seledri, dicincang halus secukupnya
Cara Membuat Kue Talam Rebon

Memasak Bahan taburan :
  • Haluskan semua bahan taburan kecuali cabe rawit, bawang goreng dan seledri menggunakan blender, lalu tumis semua bahan tersebut hingga harum, kemudian tambahkan 3 buah cabe rawit, aduk-aduk hingga layu dan matikan api. Sisihkan.
Memasak Bahan I :
  • Kocok 1 butir telur dengan 1 sendok makan gula pasir hingga mengembang dan tidak sampai kental berjejak, lalu turunkan kecepatan mixer, kemudian masukkan 1 cangkir tepung terigu, kocok rata dan tuangkan 1 cangkir santan lalu aduk-aduk sampai rata.
Memasak Bahan II :
  • Campurkan 1 cangkir santan, dengan ½ sendok teh garam dan ½ cangkir tepung maizena lalu masak di atas api sedang sambil terus diaduk-aduk hingga meletup-letup, dan angkat, kemudian Campurkan adonan I dan II lalu aduk dengan menggunakan mixer sampai tercampur rata. Sisihkan.
  • Panaskan dandang unuk mengukus.
Memasak Bahan III :
  • Campurkan 1 cangkir santan kental, dengan 1 sendok makangula pasir, 2 sendok makan tepung beras dan ¼ sendok teh garam, lalu aduk-aduk sampai rata dan tidak ada yang bergerindil lagi, kemudian masak di atas api sedang sambil terus diaduk supaya santannya tidak pecah, hingga mendidih dan angkat segera.
Penyelesaian Membuat Kue talam Rebon
  • Persiapkan cetakan cucing yang telah diolesi dengan minyak, lalu tuangkan adonan telur sampai hampir penuh, kemudian beri adonan santan pada bagian tengahnya dengan menggunakan sendok. Kukus selama 7 - 10 menit (sesuaikan dengan besar kecilnya cucing) dengan panas sedang.
  • Jika kue talam sudah matang segera angkat dari kukusan lalu rendam di atas air biasa supaya kue mudah dilepaskan dari cetakan, biarkan sebentar saja, kemudian kikis sedikit di sekeliling cucing dengan menggunakan sendok atau pisau kemudian balikkan kue di atas telapak tangan, lantas segera pindahkan/letakan di atas piring.
  • Di wajibkan dalam mengeluarkan kue talam dari cetakan lakukan dengan cepat suoaya adonan santan yang ada di tengah kue tidak beleber di tangan.
  • Setelah semua kue talam beres di keluarkan dari dalam cetakan beri taburan permukaanya dengan rebon, daun seledri dan bawang goreng.
  • Kini Kue Talam siap untuk di sajikan, selamat mencoba.

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai