Resep Membuat Martabak Brownies Manis

Resep Membuat Martabak Brownies Manis

Resep Membuat Martabak Brownies Manis

Martabak Brownies
Martabak Brownies - Terakhir aku membuat martabak brownies ini ketika waktu bulan ramadhan kemaren, lumayan sudah lama juga karena beberapa bulan lagi kita akan bertemu bulan yang berkah itu, aminnn, waktu itu aku lupa tidak memposting resepnya di sini. Ketika resep membuat martabak manis Brownies ini sudah mateng, langsung aku memberikan topping di atasnya lalu di potong-potong, dan baru saja aku beres memotongnya, eh langsung di serang sama anak-anak dan keponakan. Tetapi aku menyukainya jika aku membuat cemilan orng-orang rumah pada lahap memakanya terasa hasil masakanku berhasil. Resep Martabak manis atau resep martabak browies ini adalah salah satu resep andalan, karena cara pembuatanya mudah dan gampang sekali, serta untuk resiko gagal atau bantat kemungkinannya kecil (kecuali kalo raginya mati bund ya), teksture martabak brownies aku ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan rasanya itu nyoklat banget, pokonya jika bunda tidak menambahkan topping juga rasanya tetap enak, dan berikut resepnya


Resep Mambuat Martabak Manis Brownies


Bahan-bahan
  1. Tepung terigu sebanyak 350 gram
  2. Gula pasir sebanyak 75 gram
  3. Telur sebanyak 3 butir
  4. Santan atau susu cair sebanyak 400 ml
  5. Margarin sebanyak 100 gram
  6. DCC atau dark cooking chocolate, sebanyak 70 gram lalu potong-potong
  7. Ragi instan sebanyak 1,5 sendok teh
  8. Garam secukupnya
Bahan Untuk Olesan
  1. Margarin secukupnya
Bahan Untuk Taburan
  1. Gula Pasir secukupnya
  2. Keju parut secukupnya
  3. Susu kental manis secukupnya
Cara Membuat Martabak Brownies
  • Lelehkan 100 gram mentega, dan matikan api lalu masukkan 70 gram dcc yang sudah di potong-potong, aduk-aduk sampai dcc meleleh.
  • Campurkan 350 gram tepung terigu, dengan 75 gram gula pasir, sedikit garam garam, 3 butir telur, 1,5 sendok teh ragi instan, dan 400 ml santan atau susu cair menjadi satu di dalam wadah, lalu kocok dengan menggunkan mixer berkecepatan rendah asal rata saja, kemudian masukkan lelehan dcc tadi, dan aduk sampai rata, matikan mixser, diamkan adonan selama 30 menit
  • Sementara itu panaskan fry pan atau wajan yang datar serta anti lengket. Setelah panas segera tuangkan adonan ke atas fry pan, masak menggunakan api kecil (untuk fry pan nya tidak perlu diolesi dengan minyak atau margarin)
  • Jika adonan sudah mulai terlihat muncul ada lubang-lubang dan di bagian pinggirnya mulai mengering, segera taburkan gula pasir secukupnya, kemudian tutup kembali fry pan nya (gula pasir yang di taburkan berbeda dengan gula yang di pakai untuk adonan tapi gula bahan taburan bun ya)
  • Setelah martabak sudah matang atau sudah terlihat permukaan atasnya mengering (tidak basah atau lengket), langsung angkat dari fry pan lalu letakkan di atas talenan atau di atas piring yang datar.
  • Bagi martabak manis ini menjadi dua bagian, dengan masing-masing setengah lingkaran, lalu olesi dengan margarin secukupnya dengan cepat bund ya, kemudian tuangkan susu kental manis dan taburi dengan parutan keju dan tumpukkan.
  • Potong-potong martabak manis ini sesuai selera dan kini martabak brownies yang lembut dan lezat ini siap untuk di sajikan selagi masih hangat

Tips Membuat Martabak Manis

Untuk bahan taburannya bunda bisa ganti atau kreasikan sesuai selera misalnya dengan menamburkan meses coklat dan keju serta kacang tanah tumbuk kasar dan wijen juga enak bunda.
Satu resep martabak manis homade di atas bisa menjadi 4 sampai 5 batch, jika bunda menggunakan fry pan yang ukurannya  22cm.
Kalau bunda di rumah menginginkan rasanya lebih nyoklat lagi, bunda bisa menambahkan lagi 1 sampai 2 sendok makan coklat bubuk pada adonan mentahnya.

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai