Resep Membuat Nasi Goreng Mawut Balado

Resep Membuat Nasi Goreng Mawut Balado

Resep Membuat Nasi Goreng Mawut Balado

Nasi Goreng Mawut Balado Ala Magelang
Nasi Goreng Mawut Balado – Kebetuln sisa sambal tomat di rumah masih banyak, kemaren aku membuat tahu goreng, jadi otomatis sambel di wajibkan hadir di atas meja makan, Biasanya jika aku membuat sambal takaranya agak banyak karena semua keluarga di rumah menyukai sambal, selain itu jika aku membuat sambal tidak terlalu pedas agar dapat merasakan rasa gurih dari bumbu sambalnya. Kalo sambalnya terlalu pedas, lidah kita tidak akan dapat merasakan gurihnya bumbu karena baru saja nempel ke mulut langsung kepedesan. Maka dari itu karena sambel yang kemaren aku buat masih ada sisa, aku gunakan untuk membuat nasi goreng balado yang pastinya semua orang rumah tidak akan ada yang nolak, karena rasanya itu bikin nambah hehehe. Untuk nasi goreng kali ini aku menambahkan mie percis dengan nasi goreng mawut khas kota Magelang.

Resep Nasi Goreng Mawut Balado


Bahan – Bahan Untuk Membuat Nasi Goreng
  1. Mie kering sebanyak 100 gram
  2. Nasi pera dingin sebanyak 500 gram
  3. Kecap manis sebanyak 2 sendok makan
  4. Bawang merah, diiris halus sebanyak 5 butir
  5. Bawang putih, dicincang kasar sebanyak 3 siung
  6. Daun bawang, diiris halus sebanyak 1 batang
  7. Wortel, dipotong dadu kecil sebanyak 1 batang
  8. Air sebanyak 50 ml
  9. Bakso, siiris sesuai selera sebanyak 5 buah
  10. Sosis, diiris bulat-bulat sebanyak 3 buah
  11. Sawi hijau, dipotong 2-3 cm sebanyak 4 batang
  12. Garam sebanyak 1 sendok teh
  13. Gula pasir sebanyak 1 sendok teh
  14. Merica bubuk sebanyak ½ sendok teh
Bahan Untuk Membuat Sambal Balado
  1. Cabe merah besar sebanyak 3 buah
  2. Cabe merah keriting sebanyak 5 buah
  3. Bawang merah sebanyak 3 butir
  4. Bawang putih sebanyak 3 siung
  5. Tomat merah ukuran kecil sebanyak 1 butir
Cara membuat Nasi Goreng Mawut Balado Enak dan Gurih
  • Haluskan semua bahan-bahan sambal balado menggunakan ulekan lalu panaskan 1 sendok makan minyak goreng di atas wajan, kemudian tumis bumbu balado yang sudah di haluskan hingga matang dan harum sambil terus diaduk-aduk sampai kering lalu kasih garam dan gula secukupnya, dan koreksi rasanya, Jika di rasa sudah pas, segera angkat, sisihkan.
  • Rebus 100 gram mie kering hingga matang, lalu angkat dan tiriskan.
  • Di dalam wadah yang berukuran besar campurkan 500 gram nasi, dengan 2 sendok makan kecap, garam, gula dan merica bubuk secukupnya, aduk rata. Lalu masukkan mie yang sudah di rebus tadi, dan  aduk kembali hingga rata, sisihkan.
  • Setelah itu panaskan 2 sendok makan minyak di atas wajan, lalu tumis bawang merah yang sudah di iris sampai harum dan agak sedikit kering. Menyusul masukkan bawang putih dan daun bawang yang sudah di iris, aduk kembali sampai harum, kemudian masukkan wortel yang sudah di potong-potong dan 50 ml air, masak hingga wortelnya empuk dan airnya habis.
  • Masukkan sambal balado tadi dengan bakso, sosis dan sawi kedalamnya, aduk hingga sawi layu, kemudian masukan nasi yang sudah di campur dengan mie dan bumbu tadi, aduk hingga rata lalu kasih garam, gula dan merica bubuk secukupnya. Atau Jika bunda menyukai kaldu bubuk atau penyedap rasa lainnya, boleh di tambahkan.
  • Masak nasi di atas api besar sambil terus diaduk-aduk dengan cepat agar nasinya tidak hangus sampai nasi agak kering, lalu angkat dan sajikan dengan di taburi bawang goreng.

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai