Resep Mie Ayam Jamur Kancing

Resep Mie Ayam Jamur Kancing

Resep Mie Ayam Jamur Kancing

Mie Ayam Jamur Kancing
Mie Ayam Jamur Kancing – Di kota ku tasikmalaya beberapa hari ini sudah mulai turun hujan. Di suhu yang dingin karena hujan gini bawaannya aku menjadi menginginkan makan makanan yang berkuah dan anget. Sejenak aku berpikir dan terlintas hangatnya mie ayam yang pedas serta gurih eumm jadi urus kalo kata orang sunda mh. Lantas aku segera pergi ke market untuk membeli semua bahan-bahan yang di butuhkan dan langsung aku ekseskusi ketika tiba di rumah. Pertama aku nyalakan kompor sekaligus dua secara bebarengan, supaya memasak mie nya cepet. Beberapa saat mie ayam jamur ini matang hujan turun dengan derasnya, semakin bernafsu saja aku melahap mie ayam yang panas, gurih dan pedas ini, dan Alhamdulillah hasilnya sesuatu banget karena anak-anak dan suamiku menyukainya, apakah bunda pembaca setia INIRecipes mau mencobanya? ... silahkan simak dan catat resepnya di bawah ini!...

Resep Mie Jamur Kancing


Bahan-Bahan
  1. Dada ayam boneless, sebanyak ½ kg lalu direbus dengan2 liter air sampai empuk dan sisihkan kaldunya untuk kuah nanti.
  2. Mie kering, sebanyak 250 gram lalu direbus dan tiriskan, kemudian beri 1 sendok makan minyak sayur, aduk rata.
  3. Jamur kancing, sebanyak 250 gram diiris tipis
  4. Sawi, sebanyak 1 ikat dipotong-potong lalu direbus dan tiriskan.
  5. Minyak goreng sebanyak 2 sendok makan untuk menumis bumbu
Bahan bumbu yang dihaluskan
  1. Bawang putih sebanyak 5 siung
  2. Bawang merah sebanyak 8 buah
  3. Kemiri sebanyak 5 butir
  4. Kunyit sebanyak 1 ruah atau 1 biji
  5. Jahe sebanyak 3 cm
  6. Lengkuas sebanyak 3 sampai 4 cm
  7. Merica bubuk sebanyak ½ sendok teh
  8. Ketumbar bubuk sebanyak 1 sendok makan
  9. Semua bumbu di atas di haluskan lalu tumis hingga harum
Bahan bumbu untuk tumisan ayam
  1. Tumisan bumbu halusdi atas sebanyak ½ bagian
  2. Air kaldu ayam sebanyak 3 sendok sayur atau secukupnya
  3. Kecap manis sebanyak 3 sendok makan atau secukupnya
  4. Garam secukupnya
  5. Gula secukupnya
Bahan untuk kuah mie ayam
  1. Tumisan bumbu halus di atas sebanyak ½ bagian
  2. Air kaldu ayam atau air rebusan ayam tadi sebanyak 1250 ml
  3. Garam secukupnya
  4. Sejumput gula

Cara Membuat Mie Ayam Jamur Kancing

  • Pertama tumis semua bahan bumbu yang dihaluskan sampai harum, lalu bagi menjadi 2 bagian, separuh di pakai untuk bumbu tumisan ayam, dan separuhnya lagi untuk bumbu kuah mie.
Membuat Tumisan ayam jamur
  • Potong-potong kecil daging ayam yang sudah di rebus tadi, lalu panaskan 2 sendok makan minyak di atas wajan, kemudian masukkan ½ bagian tumisan bumbu halus dengan 250 gram jamur yang sudah di iris tipis lalu tuangkan 3 sendok sayur air kaldu ayam, aduk rata dan tunggu sampai jamurnya setengah matang,
  • Kemudian masukkan potongan ayam tadi lalu tambahkan 3 sendok makan kecap manis, bila diperlukan boleh menambahkan merica bubuk, garam dan gula secukupnya, dan koreksi rasanya. Untuk hasil rasa tumisannya ini, agak sedikit asin tapi lebih dominan manis, Jika sudah pas tunggu beberapa saat sampai bumbunya meresap pada ayam, dan matikan api.
Membuat Kuah Mie
  • Panaskan 125 ml kaldu ayam sampai mendidih lalu masukkan ½ bagian tumisan bumbu halus, kemudian Tambahkan gula dan garam secukupnya, aduk rata dan koreksi rasa, untuk rasa kuahnya ini, rasanya lebih dominan asin, dan angkat.
Penyajian Mie Ayam Jamur
  • Tuangkan mie yang sudah mateng di atas mangkuk, lalu tambahkan kuah mie secukupnya, aduk rata, kemudian kasih sawi yang sudah di resbus dan tumisan ayam jamur diatasnya.
  • Mie Ayam Jamur Ayam kini siap untuk di sajikan bersama dengan saus sambal yang super duper pedas dan pangsit goreng kriuk-kriuk.
Note : Untuk poto di atas aku lupa menambahkan saus sambalnya karena aku terpikat sama jamur ayamnya yang terlihat meminta ingin segera di santap hehehe.

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai