Resep Seblak Basah Pasta

Resep Seblak Basah Pasta

Resep Seblak Basah Pasta

Resep Seblak Basah Pasta
Seblak Basah Pasta – Apakah bunda sudah mengetahui apa itu seblak basah?... Seblak basah ialah salah satu jajanan khas sundanese yang terbuat dari kerupuk sagu atau kerupuk kanji. Lalu kerupuk tersebut di rendam dengan air panas sampai kerupuknya lunak kemudian setelah lunak ditumis bersama dengan bumbu. Untuk bahan pelengkap seblak bunda bisa menambahkan bakso, telur, sosis dan daging asap. Selain itu seblak basah bisa di modifikasi, seperti mengganti bahan kerupuk dengan pasta. Pasti bunda semua pernah mendengar tentang seblak macaroni. Bentuknya yang unik bangeet, tentunya pasta yang di padukan dengan bumbu seblak. Tetapi tidak hanya macaroni dan bowties pasta saja yang dapat di olah menjadi seblak, memakai fusilli atau dibikin spaghetti dan fettuccini dengan bumbu seblak, pasti mantab.

Namun untuk kali ini seblak basah yang aku buat menggunakn bahan dasar pasta serta bahan pelengkap aku menambahkan bakso dan telur saja, dan untuk tingkat kepedasnya bisa bunda sesuaikan dengan selera. Kalo aku memakai 1 lusin cabe rawit hehehe... karena menurutku masakan seblak ini bisa mengobati pusing di siang hari.

Resep Mambuat Seblak Basah Pasta super pedas


Bahan - Bahan
  1. Pasta sebanyak 100 gram kalo aku memakai bowties pasta
  2. Bakso sebanyak 7 butir, di iris tipis
  3. Telur sebanyak 2 butir, dikocok lepas
  4. Garam sebanyak 1 sendok teh
  5. Gula pasir sebanyak ½ sendok teh
  6. Daun bawang sebanyak 1 batang
  7. Air sebanyak 50 ml atau secukupnya
  8. Minyak untuk menumis sebanyak 2 sendok makan
  9. Bawang goreng secukupnya untuk taburan saja
Bahan Bumbu Yang di Haluskan
  1. Bawang putih sebanyak 4 siung
  2. Bawang merah sebanyak 2 siung
  3. Cabe rawit atau sesuai selera sebanyak 12 biji
  4. Kencur sebanyak 3 ruas
Cara Membuat Seblak Basah Pasta super pedas
  • Siram 100 gram pasta dengan air yang mendidih lalu diamkan sampai tekstur pastanya lunak atau direbus sebentar saja juga bisa, untuk melunakan pastanya saja, angkat, tiriskan dan sisihkan.
  • Setelah itu panaskan 2 sendok makan minyak goreng, lalu tumis semua bumbu yang dihaluskan sampai harum dan matang, kemudian masukkan irisan-irisan bakso, aduk-aduk sampai rata.
  • Masukkan 100 gram pasta yang sudah di rebus tadi lalu aduk-aduk sebentar  kemudian masukkan 2 butir telur yang sudah di kocok dan segera aduk dengan cepat sampai telurnya berserabut.
  • Bumbui dengan 1 sendok teh garam dan ½ sendok teh gula pasir lalu tuangkan 50 ml air atau secukupnya, dan masak sampai semua bahan-bahan matang, test untuk rasanya hingga sesuai selera.
  • Sebelum mau diangkat, masukkan dulu daun bawang yang sudah di iris tipis. aduk sampai rata.
  • Matikan api lalu angkat dan tuangkan ke atas piring saji kemudian hidangkan selagi masih hangat dan jangan lupa beri sedikit taburan bawang goreng, biar wanginya tambah menggoda

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai