5 Tips Membuat Bawang Goreng yang Renyah, Enak dan Tahan Lama

5 Tips Membuat Bawang Goreng yang Renyah, Enak dan Tahan Lama

5 Tips Membuat Bawang Goreng yang Renyah, Enak dan Tahan Lama

Tips Membuat Bawang Goreng
Tips Membuat Bawang Goreng - Aku peribadi sangat menyukai dengan bawang goreng. Kalo memakan Soto, bakso, sop, atau nasi putih apabila tidak menambahkan bwang goreng di atasnya, tidak tau kenapa seras ada yang kurang.mungkin karena aku tergila-gila sama bawang goreng ini, sampai-sampai aku cemilin seperti memakan kerupuk, keripik dan sejenisnya hehe...

Lagi asyik-asyiknya menjelajah di mbah google aku tersangkut di salah satu web yang membahas bawang goreng, ternyata bawang goreng ini memiliki kandungan zat MSG alami yang dapat membuat masakan menjadi lebih gurih dan enak. Wah aku sebagai penyuka bawang goreng merasa ada yang dukung. Dan akhirnya kalo aku masak tidak suka pakai MSG, aku ganti dengan bawang goreng yang maknyosss dan lebih sehat bebas pengawet.

Untuk bunda yang gemar dengan bawang goreng seperti aku ini, biar lebih hemat dan sehat, coba bunda bikin bawang goreng sendiri di rumah. Karena membuat bawang goreng yang enak dan renyah ini, jika bunda tahu cara memasaknya akan mudah. Dan jika bunda tidak tahu step by stepnya membuat bawang goreng ini pasti akan menghasilkan bawang goreng yang gosong, berminyak atau menjadi lembek. Dan berikut di bawah ini beberapa tips yang harus bunda ketahui ketika membuat bawang goreng yang enak dan renyah.

1. Pilih Bawang Merah Yang Berkualitas
  • Ketika bunda mau membuat bawang goreng, pilih bawang merah yang masih segar dan berkualitas, serta dengan ukuran bawang yang besar atau sedang. Jang sekali-kali pakai bawang yang kecil dan yang sudah layu.
2. Iris bawang merah secara tipis-tipis
  • Irisan bawang yang terlalu tebal akan membuat bawang goreng menjadi lembek dan tidak renyah. Jika memungkinkan gunakanlah alat pengiris bawang supaya hasil irisannya tipis dan rata.
3. Tambahkan sedikit tepung maizena dan garam pada bawang yang sudah di iris tipis
  • Untuk tahapan ini jangan sampai bunda lewatkan ketika membuat bawang goreng, Apabila bawang merah sudah diiris-iris secara tipis, tambahkan sedikit garam, lalu biarkan beberapa saat agar meresap dulu garamnya. Setelah itu baru bunda taburi dengan sedikit tepung maizena. Kira-kira untuk 1 kilo gram bawang merah membutuhkan maizena sebanyak 1 sampai 1.5 sendok tepung maizena aja, dan diamkan menit kemudian goreng di atas api kecil. Insaalloh akan menghasilkan bawang goreng yang gurih, enak dan renyah.
4. Gunakan api kecil ketika menggoreng
  • Bawang merah yang di iris tipis apabila di goreng akan mudah gosong apabila di goreng dengan minyak yang terlalu panas. Maka dari itu pastikan pada saat bunda menggoreng menggunakan api paling kecil. Dan ketika bawang mulai di goreng, aduk-aduk dengan cepat secara perlahan, hingga bawang mulai menguning segera bunda angkat, dan jangan sampai telat dalam mengangkat sebab bawang akan bertambah menguning sesaat sudah di angkat dari atas wajan.
5. Simpan bawang goreng di dalam wadah yang tertutup dan kedap udara
  • Bawang goreng yang matang segera tiriskan minyaknya lalu masukkan ke dalam wadah kedap udara agar tidak mudah melempem, dan pastikan sebelum di masukan kedalam toples sisa minyak penggorengan pada bawang sudah benar-benar habis.
  • Supaya mudah cara meniriskannya, simpan di atas kertas koran atau tisu makan. Karena apabila minyak goreng yang menempel berlebih pada bawang goreng akan mudah cepat tengik. Dan apabila bunda ingin bawang goreng ini lebih awet, bisa bunda simpan di dalam kulkas.
Selamat mencoba, jangan lupa bagikan ke teman bunda yang lain

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai