Rahasia Membuat Pandan Chiffon Cake Yang Cantik, Enak dan Anti Bantat

Rahasia Membuat Pandan Chiffon Cake Yang Cantik, Enak dan Anti Bantat

Rahasia Membuat Pandan Chiffon Cake Yang Cantik, Enak dan Anti Bantat

Resep Membuat Pandan Chiffon Cake
Rahasia Membuat Pandan Chiffon Cake Yang Cantik, Enak dan Tidak Bantat – Untuk bunda yang suka membuat Pandan Chiffon Cake, cara pepmbuatanya memang agak sedikit lumayan sulit untuk mendapatkan hasil sempurna. Kasusnya ialah meskipun cake jadi dan matang, tetapi teksturnya bantat, tidak mengembang tinggi di luar cetakan seperti halnya jamur. Untuk bunda yang kurang sabar dan telaten dalam membuat cake ini, biasanya akan gampang menyerah dan kapok membuat cake yang ini.

Saya salut dengan bunda Endang Indriani. Pemilik website justtryandtaste.com ini, meskipun sudah berkali-kali gagal membuat cake yang rumit ini, terus mencobanya sampai berhasil pandan chiffon cake yang cantik sekaligus enak mengembang dengan sempurna.

Nah, untuk bunda pembaca setia INIRecipes, tidak akan mengalami kesulitan tau kegagalan seperti bunda Endang alami dalam membuat pandan chiffon cake ini, sebab bunda Endang tahu letak permasalahan kegagalan membuat cake ini dan beliu dengan baiknya membagian tips dan cara membuat kue ini supaya cantik, enak, dan tidak bantat kepada kita semua. Yuk kita silahkan simak resep membuat pandan chiffon cake anti gantat di bawah ini.

Pandan Chiffon Cake


Bahan-Bahan

  1. Telur sebanyak 6 butir
  2. Putih telur sebanyak 1 butir
  3. Gula bubuk sebanyak 300 gram atau bunda bisa membuat sendiri dengan menggunakan blender dry mill.
  4. Tepung terigu protein rendah atau cake flour yang sudah diayak sebanyak 225 gram
  5. Air sebanyak 180ml
  6. Pasta pandan instan sebanyak 2 sendok teh
  7. Minyak sayur sebanyak 120 ml (kalo saya memakai minyak goreng biasa)
  8. Vanilla ekstrak sebanyak 1 sendok teh
  9. Baking powder sebanyak 1 sendok makan (kalo saya memakai double acting BP)
  10. Air jeruk nipis sebanyak ½ sendok makan
  11. Garam halus sebanyak ½ sendok teh

Persiapan Membuat Pandan Chiffon Cake

  1. Pertama pisahkan 6 butir telur antara putih dan kuningnya, dan jangan sampai kuning telur tersebut pecah lalu menetes ke putih telurnya, setelah itu masukkan telur tersebut ke dalam lemari es terlebih dulu agar kuning telurnya tidak mudah pecah, serta wadah yang di gunakan harus benar-benar bersih dan bebeas dari lemak atau minyak.
  2. Panaskan oven dengan suhu 170’C. Dan pastikan bagian atas loyang tidak menyentuh dengan langit-langit oven.
  3. Persiapkan loyang bongkar pasang untuk chiffon. Dengan berbentuk bulat dan bagian lubang di tengahnya bisa dibongkar. Pastikan loyang yang di gunakan bersih, serta jangan diolesi dengan margarin, minyak atau tepung. gunanya agar cake dapat menempel dengan kuat pada dinding-dinding loyang, sehingga cake tidak mudah melorot ketika mau dikeluarkan dari dalam oven.

Adonan Dasar Pandan Chiffon Cake

  1. Masukkan 225 gram tepung terigu, ½ sendok teh garam, 1 sendok makan baking powder dan 250 gram gula bubuk ke dalam wadah agak besar, lalu kocok menggunakan mixer dengan berkecepatan rendah selama kurang lebih 30 smpai 40 detik atua hingga rata.
  2. Buat lubang di tengah-tengan adonan tersebut, lalu masukkan 6 butir kuning telur, 2 sendok teh pasta pandan, 180ml air, 1 sendok teh vanilla, dan 120 ml minyak sayur, kemudian kocok kembali dengan mixer berkecepatan sedang selama 1 menit, dan matikan mixer, pindahkan adonan lalu mangkuknya cuci hingga bersih.

Meringue Pandan Chiffon Cake

  1. Masukkan 7 butir putih telur ke dalam mangkuk besar yang sudah dibersihkan, lalu kocok menggunakan mixer dengan berkecepatan sedang hingga berbusa atau selama 30 detik, lalu tuangkan ½ sendok makan air jeruk nipis kemudian kocok kembali dengan mixer berkecepatan tinggi hingga berbentuk soft peak atau ketika alat pengocoknya bunda angkat maka bagian ujung kocokan tersebut putih telurnya terlihat membentuk puncak yang lemas, atau terkulai ke satu sisi.
  2. Setelah itu masukkan 50 gram gula bubuk ke dalamnya, lalu mixer kembali adonannya dengan kecepatan tinggi hingga stiff peak atau puncak kaku. Kocokan putih telur tersebut akan terlihat mengkilap serta kaku bnget, dan matikan mixer jika kondisi ini sudah tercapai.

Cara membuat Pandan chiffon cake

  • Masukkan 1 sendok besar meringue ke dalam adonan dasar, lalu aduk secara perlahan-lahan dengan teknik aduk-balik atau folding menggunakan spultula. Jangan sampai bunda mengaduknya dengan cara memutar adonan, sebab margue akan menjadi kempis.
  • Setelah itu masukkan sisa adonan meringue secara bertahap lalu ulangi proses mengaduknya. Jangan sekali-kali bunda memasukkan adonan meringue sekaligus semuanya, aduk-aduk secara perlahan hingga meringue menyatu dengan adonan dasar.
  • Masukkan adonan cake ke dalam loyang, lalu panggang selama 60 menit atau hingga permukaan warna kue terlihat coklat keemasan seperti halnya gambar di atas. Atau bunda juga bisa mengecek tingkat kematangannya dengan cara menusukkan 1 buah lidi yang panjang ke dalam cake. Jika Kalau tidak ada yang menempel pada lidi, berarti cake sudah matang.
  • Keluarkan cake dari dalam oven lalu langsung balikkan loyang sampai bagian atas cake menghadap ke bawah, kemudian beri ganjalan agar loyang tidak menempel langsung pada permukaan meja, sehingga uap air bisa keluar dengan mudah. Tujuannya membalikkan loyang seperti itu adalah agar cake tidak mudah kempes dan mengkeret.
  • Setelah cake dingin, balikkan balikan kembali loyang tersebut lalu keluarkan cake dengan cara di sayat-sayat terlebih dahulu pada bagian pinggiran loyang dengan menggunakan pisau.

Pandan Chiffon Cake Resep
Kini Chiffon Cake Pandan sudah siap di potong-potong sesuai selera lalu disantap dengan menambahkan taburan gula halus atau es krim di atasnya. Eummmm enaak!

Selamat mencoba bun yaa..! jangan lupa bagikan reseonya keteman bunda yang lain, supaya dapat merasakan kelezatan dari cake ini menggunakan sosial median.

Sumber: www.justtryandtaste.com

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai