Resep Ayam Goreng Cabe Bumbu Kemangi

Resep Ayam Goreng Cabe Bumbu Kemangi

Resep Ayam Goreng Cabe Bumbu Kemangi

Resep Ayam Goreng Cabe Bumbu Kemangi
Ayam Cabe Bumbu Kemangi. Pedasnya Nendang! - Ayam adalah salah satu lauk yang cukup popular di masyarakat indonesia karena selain harganya yang cukup relatif bisa terjangkau oleh semua kalangan, rasanya pun sangat enak serta bisa di masak dengan beraneka ragam masakan ayam, seperti di bikin sate ayam, bakar ayam, sayur ayam dan lain-lain. Untuk bunda penggemar masakn ayam aku akan memberikan resep yang berbeda ialah Ayam Cabe Kemangi super guring dan pedas, cara memasaknya juga gampan dan simple banget hanya menyatukan ayam goreng dengan sambal pedas dan lalapan. Dan jangan salah, simple bukan berarti rasanya juga simple, meskipun pembuatanya simpe tapi rasanya itu ribeet bun, bikin nasi cepat habis hehehe, pokoknya bunda di rumah wajib mencobanya.

Sebenarnya masakan yang satu ini di khususkan untuk bunda penikmat makanan pedas, sebab pedasnya itu sungguh nendang bikin ketagihan. Akan tetapi jika bunda yang tidak menyukai pedas ingin mencobanya, oleh bunda skip dan sesuaikan takaran pedasnya sebab masakan ayam ini rasanya selain pedas gurih juga dan enak jika di makan dengan 1 piring nasi putih panas.

Ayam Cabe Bumbu Kemangi Pedas


Bahan-bahan
  1. Paha ayam sebanyak 500 gram
  2. Air sebanyak 50 ml
  3. Cabe rawit sebanyak 8 buah lalu di iris halus
  4. Cabe merah besar sebanyak 8 buah lalu di iris halus
  5. Bawang merah sebanyak 4 siung lalu di iris halus
  6. Bawang putih sebanyak 3 siung lalu di iris halus
  7. Kemangi, sebanyak 1 ikat dan ambil daunnya saja
  8. Air asam jawa sebanyak 1 sendok makan
  9. Garam sebanyak ½ sendok teh
  10. Gula pasir secukupnya
  11. Kaldu bubuk secukupnya [optional]
  12. Minyak goreng secukupnya
Cara Memasak Ayam Cabe Bumbu Kemangi
  • Cuci 500 gram paha ayam hingga bersih, lalu lumuri dengan ½ sendok teh garam, kemudian goreng hingga matang dan sisihkan.
  • Tumis 3 siung bawang putih dengan 4 siung bawang merah yang telah di iris halus hingga wangi, lalu masukkan kedua jenis cabe yang sudah di iris dan tumis hingga layu, tuangkan 1 sendok makan air asam.
  • Masukkan paha ayam yang sudah di goreng tadi dengan 50 ml air, kaldu bubuk, gula dan garam secukupnya, lalu masak hingga airnya menyusut, kemudian taburi atasnya dengan daun kemangi, masak kembali sambil di aduk sesekali secara perlahan hingga airnya habis serta semua bumbu-bumbunya menyerap kedalam.
  • Cicipi ayam sedikit untuk tes rasa dan jika menurut bunda sudah cocok bisa langsung angkat dan sajikan, dengan 1 piring nasi panas.
Selamat mencoba bunda ya dan Jangan lupa share resep ini ke teman bunda yang lainnya melalui sosial media yang bunda gunakan. Semoga bermanfaat, aminnnn.

Sumber : Ayu Diahrespatih / www.momylicious.com

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai