Resep Ayam Goreng Kecap Gurih, Meresap Luar Dalam

Resep Ayam Goreng Kecap Gurih, Meresap Luar Dalam

Resep Ayam Goreng Kecap Gurih, Meresap Luar Dalam

Ayam Goreng Kecap
Resep Ayam Goreng Kecap, Meresap Luar Dalam - Masakan Ayam goreng kecap ini adalah salah satu masakah khas dari negra Indonesia yang banyak digemari oleh semua kalangan, hingga anak-anak. Saus kecap yang cukup kental serta manis ini dapat memberikan sensasi berbeda ketika menyantap ayam goreng ini.

Kebanyakan orang memasak ayam goreng kecap ini selalu terfokus kepada bumbu saus kecapnya saja, jadi bagian luar ayamnya saja yang enak dan legit, tetapi pada bagian dalam daging tidak segurih bagian luarnya/hambar, gak ada rasanya, dan bahkan ada beberapa masih mengeluarkan darah. Hal tersebut dikarenakan dalam proses pembuatannya tidak melalui proses ungkep dahulu, selalu langsung di goreng dalam kondisi daging mentah.

Oleh sebab itu, pada resep yang akan INIRecipes bagikan kali ini, aku mencoba menggabungkan antara resep ayam goreng ungkep dengan ayam goreng kecap agar menghasilkan ayam goreng yang enak dan gurie di luar ataupun di dalam, serta tidak akan ada lagi sisa-sisa darah pada bagian dalam daging ayam.

Ayam Goreng Kecap


Bahan-bahan
  1. Paha ayam sebanyak 500 gram
  2. Daun bawang sebanyak 3 batang
  3. Bawang bombay dicincang halus sebanyak ½ buah
  4. Bawang putih, dicincang halus sebanyak 1 siung
  5. Kecap Asin sebanyak 1 sendok teh
  6. Kecap manis sebanyak 1 sendok makan
  7. Merica bubuk sebanyak 1 sendok teh
  8. Margarin sebanyak 1 sendok makan
  9. Garam secukupnya
Bahan bumbu untuk ungkep
  1. Daun jeruk sebanyak 1 helai
  2. Daun salam sebanyak 1 helai
  3. Sereh digeprek sebanyak ½ batang
  4. Jahe sebanyak 0,5
  5. Lengkuas sebanyak 1 cm
  6. Ketumbar sebanyak ½ sendok teh
  7. Bawang merah sebanyak 3 siung
  8. Bawang putih sebanyak 1 siung
  9. Air sebanyak 1 gelas
  10. Garam sebanyak 1 sendok teh
  11. Penyedap rasa secukupnya
Cara mengungkep ayam
  • Haluskan 1 siung bawang putih, 3 siung bawang merah, ½ sendok teh ketumbar, 0,5 cm jahe dan 1 cm lengkuas menggunakan ulekan hingga halus.
  • Setelah itu masukkan 500 gram paha ayam dengan semua bumbu halus ungkep ke atas wajan, lalu tambahkan 1 gelas air kemudian aduk-aduk hingga ayam dan bumbunya tercampur dengan rata.
  • Masak ayam tersebut di atsa api kecil hingga airnya menyusut, lalu angkat dan aisihkan. Biarkan sejenak hingga dingin.
Cara Membuat ayam goreng kecap
  • Panaskan minyak goreng di atas wajan lalu goreng ayam yang sudah di ungkep tadi hingga setengah matang, sisihkan
  • Sementara itu tumis 1 siung bawang putih dengan ½ buah bawang bombay hingga harum, lalu masukkan 500 gram ayam yang sudah di goreng setengah mateng tadi, dan tambahkan 1 sendok teh merica bubuk, garam secukupnya, 1 sendok makan kecap manis dan 1 sendok teh kecap asin. Sambil terus di aduk-aduk, kemudian tuangkan sedikit air hingga ayamnya setengah terendam, dan aduk hingga rata.
  • Masukkan 3 batang daun bawang utuh, lalu tutup dan masak sekitar selam 30 menit sampai kuah kecapnya cukup mengental, untuk proses ini masakan ayam tidak usah diaduk-aduk lagi.
  • Setelah airnya menyusut serta kuahnya mengental, segera matikan api lalu angkat.

Kini ayam goreng bumbu kecap gurih dan enak siap untuk di hidangkan bersama 1 reckuker nasi panas, karena ayam kecap ini dapat memboroskan nasi hehehe.....

Selamat mencoba bunda ya dan jangan lupa untuk membagikan resepnya ke teman bunda yang lain melalui sosial media yang bunda gunakan.

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai