Resep Bola-Bola Nasi Isi Abon Pedas Enak dan Gurih

Resep Bola-Bola Nasi Isi Abon Pedas Enak dan Gurih

Resep Bola-Bola Nasi Isi Abon Pedas Enak dan Gurih

Bola-Bola Nasi
Bola Nasi Isi Abon Pedas – Aku membuat bola nasi ini dalam rangka memanfaatkan sisa nasi, kalo bahasa kerennya biasa di sebut bitterbalen nasi atau arancini. Kebetulan hari ini setelah semua anggota keluarga di rumah selesai makan sore, ada sedikit sisa nasi. Kemaren-kemaren aku biasanya selalu memasak nasi ketika waktu subuh. Pas aku melihat masih ada sisa nasi yang terlintas di pikiranku bukan nasi goreng, mungkin karena sudah keseringan, ataupun nasi bakar sebab jika di bikin nasi bakar prosesnya lumayan sedikit lama, dan akhirnya aku buatkan bola-bola nasi saja, untuk kali ini bola nasi yang aku buat di kasih isian abon pedas karena di kulkas adanya cuma itu hehe. Selain itu sisa nasinya aku masak kembali dengan air kaldu supaya teksturnya lebih lunak dan rasanya gurih. Apabila bunda mau mencoba atau memanfaatkan sisa nasi, catat resep di bawah ini dan simak cara pembuatanya, lumaya buat cemilan.

Resep Membuat Bola Nasi Isi Abon


Bahan - Bahan Bola Nasi Isi Abon
  1. Nasi sebanyak 350 gram atau 1 piring
  2. Bawang bombay, sebanyak ½ butir lalu dicincang halus
  3. Bawang putih, sebanyak 3 siung lalu dimemarkan kemudian dicincang halus
  4. Air kaldu sebanyak 200 ml
  5. Garam sebanyak 1 sampai 2 sendok teh
  6. Merica bubuk sebanyak ½ sendok teh
  7. Gula pasir sebanyak ½ sendok teh
  8. Abon secukupnya
  9. Minyak goreng Secukupnya
Bahan Pelapis Bola Nasi Isi Abon
  1. Telur, sebanyak 2 butir lalu dikocok lepas
  2. Tepung panir secukupnya
Cara Membuat Bola Nasi Isi Abon
  • Panaskan 2 sendok makan minyak goreng di atas wajan, lalu tumis ½ butir bawang bombay dan 3 siung bawang putih yang sudah di iris halus sampai harum dan layu.
  • Masukkan 350 gram nasi, lalu aduk-aduk sampai rata kemudian kasih bumbu dengan 1 sendok teh garam, ½ sendok teh gula pasir dan ½ sendok teh merica bubuk, aduk rata
  • Tuangkan 200 ml air kaldu sedikit-sedikit, sambil di aduk secara perlahan lalu masak sampai air kaldunya meresap, Test rasanya hingga sesuai dengan selera, dan matikan api jika sudah pas lalu biarkan hangat.
  • Setelah nasi sudah hangat pulung nasi lalu pipihkan, kemudian beri isian abon secukupnya dan bentuk bulat. Lakukan hal yang sama sampai nasi habis.
  • Jika nasi sudah beres di kasih abon dan di bentuk bulat celupkan ke dalam kocokan telur lalu gulingkan ke atas tepung panir.
  • Dan proses pelapisan ini bisa bunda ulang sebanyak 2 kali supaya tepung panir yang melapisi nasi bisa lebih tebal dan rata.
  • Sebelum di goreng di sarankan simpan terlebih dahulu di dalam lemari es selama 1 jam supaya tepung panirnya dapat menempel dengan merekat.
  • Panaskan minyak goreng di atas wajan secukupnya, lalu goreng di atas api sedang sampai warnanya berubah menjadi keemasan, angkat dan tiriskan minyaknya.
Apabila bunda mau bola nasi ini terlihat dan rasanya lebih special, bunda bisa mencampurkan nasi dengan daging atau ayam cincang, pastinya akan lebih nikmt. Karena aku di sini lagi tidak punya, maka aku membuatnya polosan saja seperti di gambar, tetapi rasanya tetap mantap dan gurih. Kalau bunda mau membuat bola-bola nasi ini abon seperti ini, di sarankan memakai abon yang enak bund ya supaya rasanya nampol banget.

Aku membuat adonan bola nasi ini di waktu malam hari, maka setelah adonan selesai di buat aku simpan di dalam lemari es semalaman jadi pas paginya tinggal aku goreng saja, karena bola nasi ini enak juga apabila di sajikan untuk sarapan di pagi hari atau buat bekal anak sekolah juga oke bund.

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai