Resep Es Krim Susu Homemade Enak dan Irit. 20rb Dapat 2,5 Liter

Resep Es Krim Susu Homemade Enak dan Irit. 20rb Dapat 2,5 Liter

Resep Es Krim Susu Homemade Enak dan Irit. 20rb Dapat 2,5 Liter

Es Krim Susu Homemade
Es Krim Susu Homemade - Es krim? siapa bunda di sini yang tidak suka memakan es krim! Pasti bunda pembaca setia INIRecipes menukainya, karen es krim ini jajanan yang di gemari semua orang dari mulai anak kecil hingga orang tuanya pasti suka, karena mungkin untuk orang dewasa yang menyukai es krim konon katanya, es krim ini dapat menghilangkan stress, apabila bunda tidak percaya, bunda bisa mencobanya kalo pikiran bunda lagi kalut, mumet di karnakan banyak masalah atau banyak kerjaan, bunda langsung makan es krim pasti langsung fresh lagi.

Ceritanya aku bikin es krim ini karena anak-anak di rumah pada menyukainya, setiap ada tukang es krim lewat depan rumah pasti mereka teriak-teriak pengen membelinya, dan kebetulan di daerah ku tukang es krim yang pake musik itu bund banyak sekali sampai-sampai sehari bisa nyampe 3-5 orng, lama-lama kan bobol bund uang bulanan ku hehehe...

Dan akhirnya aku search di google lalu tersangkut di cookpad tepat di postingan bunda Diana Gazaly nemu resep es krim susu ini, setelah aku baca-baca ternyata cara pembuatanya pun mudah sekali, cukup 1 kali mixer saja, selain itu bahan-bahan yang di perlukan juga sangat simple, kemudian aku catat resepnya dan mencoba membuatnya dan hasilnya mantabbb bingit, anak-anak pun menyukainya, terimakasih bunda diana ya sudah berbagi ilmunya

Untuk bunda pembaca setia INIRecipes yang mau membuat dan merasakan kelezatan dari es krim susu super murah ini, silahkan simak dan catat resepnya di bawah ini.

Resep Membuat Es Krim Susu Homemade


Bahan – Bahan Yang di Butuhkan Untuk Membuat Es Krim Susu

Bahan - Bahan Es Krim
  1. Dancow bubuk sebanyak 2 sachet
  2. Air sebanyak 2 ½ gelas (yang 1 gelas air hangat bund yan untuk mencairkan susu)
  3. Gula pasir sebanyak 12 sendok makan
  4. Tepung kanji sebanyak 3 sendok makan
  5. Cake emulsifier sebanyak 1 sendok teh atau kalo tidak ada bisa di ganti dengan (SP/tbm/ovalet/sponge 28)
Bahan - Bahan untuk Perasa
  1. Pasta rasa strawberi sebanyak 1 tetes atau bisa bunda ganti dengan pop ice rasa strawberi/sesuaikan selera
  2. Susu kental manis coklat sebanyak 1 sachet atau bisa bunda ganti dengan milo, ovaltine atau pop ice
  3. Esens vanili sebanyak 1 tetes
Cara Membuat Es Krim Susu Homade
  • Persiapkan bahan-bahan untuk es krim, untuk kali ini aku mau membuat es krim 'walls tiruan' dengan 3 rasa ialah rasa coklat, rasa vanila dan rasa strawberi. Kali ini tepung maizena aku ganti dengan tepung kanji sebab tepung kanji harganya lebih hemat dan kebetulan sangat cocok dengan hasil akhirnya.. menghasilkan tekstur yang lembut dan enak. Susu yang aku gunakan susu dancow bubuk full cream sachetan agar nanti rasanya mirip dengan rasa es krim walls ato campina hehe... tapi ini menurut lidah aku pribadi dan anak-anak di rumah karena mereka doyan banget makan es krim homade buatan sendiri ini. Nah, apabila bunda memakai susu kental manis katanya rasanya mirip dengan es krim pizza hut. Atau bisa bunda di campurkan pakainya misal, 1 susu dancow dan 1 lagi pakai susu kental manis.
  • Larutkan 2 sachet susu dengan 1 gelas air hangat, dan aduk rata, pada wadah lain, larutkan 3 sendok makan tepung kanji atau bisa bunda ganti degan maizena, sama sisa air yang 1 1/2 gelas (pakai air dingin biasa saja), lalu aduk sampai tepungnya larut, kemudian campurkan dengan susu tadi, dan tambahkan 12 sendok makan gula pasir.
  • Setelah itu rebus adonan di atas api sedang, sambil adonan terus di aduk-aduk secara terus menerus hingga mengental seperti vla dan terlihat meletup-letup, segera matikan api.
  • Kemudian angkat dan pindahkan bubur susu tersebut ke dalam wadah yang lain, dan biarkan dingin pada suhu ruang. Setelah bubur susu dingin, masukkan ke dalam frezeer dan diamkan selama 2-3 jama atau sampai membeku. Bentuknya nanti akan terlihat seperti puding
  • Sementara itu, sambil menunggu, cairkan 1 sendok teh cake emulsifier atau SP dengan cara di tim, lalu angkat dan biarkan dingin, apabila ketika mau di gunakan sp membeku lagi, tidak apa-apa  itu, langsung gunakan saja, asal yang terpenting cake emulsifier ini sudah masak atau di tim.
  • Setelah 3 jam berlalu dan bubur susu mengeras, segera bunda keluarkan dari dalam frezeer, lalu hancurkan dengan menggunakan garpu, caranya ditusuk-tusuk dan di garuk-garukkan garpu tersebut.
  • Apabila adonan sudah hancur pindahkan ke dalam baskom atau wadah yang cukup besar. Lalu masukkan SP yang telah ditim tadi, kemudian kocok menggunakan Mixser dengan kecepatan tinggi hingga lembut dan mengembang 2 x lipatnya, kira-kira selama 20 menitan, kurang dari 20 menit juga bisa kalo menurut bunda kelamaan menunggu asal volume kecepatanya lebih tinggi/tergantung mixer masing-masing. apabila bunda mix adonan ini setengah full saja, bunda bisa mendapatkan es krim 2,5 liter, bagaimana kalo di mixnya lama, mungkin bisa dapat 3 liter kurang – lebih.
  • Bagi adonan menjadi beberapa bagian (jika bunda mau membuat banyak variasi rasa), lalu tambahkan masing-masing adonan dengan pasta selera bunda (bisa menggunakan serbuk minuman instant misalnya, pop ice, kopi mocca, milo dan lain-lain). Aduk-aduk hingga rata, atau di mix juga ga apa-apa asal gunakan kecepatan paling rendah/secara pelan.
  • Tuangkan adonan ke dalam beberapa wadah atau ke dalam cup es krim, lalu simpan ke dalam frezeer sampai membeku, seperti gambar di bawah
Resep Es Krim Susu

Untuk bunda yang kesulitan dengan takaran yang memakai gelas bunda bisa lihat gambar di bawah
dan untuk keteranganya, gambar gelas belimbing itu untuk takaran air dan apabila bunda tidak ada gelas belimbing bunda bisa gunakan takaranya 236ml seperti terlihat pada gambar karena takaran gelas belimbing sama percis, untuk takaran sendok makan itu untuk takaran tepung yang pas segitu bunda ya, semoga datap membatu..

Resep Es Krim Susu Homemade

Selamat mencoba dan jangan lupa bagikan resepnya ke teman yang lainya....

Resep by : Diana Gazaly

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai