Resep Kue Lapis Ketan Srikaya

Resep Kue Lapis Ketan Srikaya

Resep Kue Lapis Ketan Srikaya

Kue Lapis Ketan Srikaya
Lapis Ketan Srikaya – Pertama kali aku merasakan ketan srikaya ini di bawakan teman lama waktu berkunjung ke rumah, ternyata rasanya uenak banget, terasa gurih dari lapisan ketannya dan ada manisnya dari lapisan srikayanya serta teksturnya lembut sekali, membuat aku menjadi ketagihan dan akhirnya aku mencoba membuatnya sendiri di rumah. Dan alhamdullilah hasilnya memuaskan hati sebab anak-anak dan ayahnya menyukainya. Apabila bunda penasaran dengan lapis ketan srikaya ini silahkan simak langkah-langkah dan cara pembuatanya serta catat resep membuat lapis ketan srikaya di bawah ini

Resep Lapis Ketan Sarikaya


Bahan - Bahan Untuk Lapisan Dasar
  1. Beras ketan, sebanyak 250 gram lalu dicuci bersih kemudian rendam selama 2 jam
  2. Santan sebanyak 125 ml atu dari setengah butir kelapa (jika tidak ada bunda bisa memakai santan instan)
  3. Garam halus sebanyak 1 sendok teh
Bahan - Bahan Untuk Sarikaya
  1. Telur sebanyak 2 butir
  2. Santan instan sebanyak 175 ml
  3. Gula pasir sebanyak 125 gram
  4. Tepung terigu sebanyak 2 sendok makan munjung
  5. Garam halus sebanyak ½ sendok teh

Cara Membuat Lapis Ketan Sarikaya
  • Pertama panaskan dandang kukusan hingga mendidih lalu kukus 250 gram beras ketan selama kurang lebih 15 menit sampai setengah matang, dan angkat.
  • Setelah itu campurkan 125 ml santan dengan 1 sendok teh garam, lalu rebus sampai mendidih, dan angkat, kemudian tuangkan beras ketan tadi ke dalamnya, dan aduk sampai santan terserap, kukus kembali selama 20 menit atau hingga matang, angkat.
  • Tuangkan ketan ke dalam loyang yang telah di alasi sama daun pisang serta di olesi minyak tipis atau bunda juga bisa menggunakan cetakan cucing plastik (Kalo aku memakai loyang bongkar pasang berukuran 18 cm).
  • Supaya lapis ketan mudah di keluarkan ketika sudah mateng dan tidak lengket, di sarankan dalam memasukan adonan ke dalam loyang dipadatkan dengan menggunakan plastik, dan pastikan harus benar-benar padat supaya tidak ada space yang kosong di antara beras ketan serta nanti hasil ketannya terasa legit.
Membuat Sarikaya
  • Kocok 2 butir telur dengan 125 gram gula sampai gulanya larut, lalu masukkan semua bahan lainnya, aduk hingga rata, dan saring.
  • Setelah di saring tuangkan adonan sarikaya ke atas lapisan ketan lalu kukus kembali hingga matang dan bagian tengahnya mengeras, kira-kira selama 40 menit di atas api sedang, angkat, dinginkan. Supaya mudah mengeluarkan kue dari dalam loyang atau cetakan, kikis terlebih dulu bagian pinggirann lapis secara perlahan menggunakn pisau.
  • Untuk bunda yang menggunakan cucing, setelah lapis ketan dingin, hanya cukup ditekan-tekan saja bagian pinggirannya, nanti juga lapis akan keluar dengan sendirinya.

Note :
  1. Saat Lapis ketan sarikaya baru matang, tekstur lapisan sarikaya nya lembek serta lembut. Di sarankan sebelum mengeluarkan dari loyang tunggu hingga benar-benar dingin dulu, supaya lapisan sarikayanya agak sedikit mengeras, baru bunda keluarkan dari dalam loyang lalu potong-potong, sesuai selera.
  2. Apabila bunda menginginkan lapisan sarikaya nya lebih padat, bisa bunda tambahkan untuk takaran tepung terigunya sedikit, dan apabila bunda menyukai lapisan sarikaya nya lebih tebal, bisa bunda gunakan 1,5 atau 2 resep dari bahan-bahan sarikaya di atas.
  3. Penting ketika sedang mengukus wajib kukusannya ditutup rapat, kalo aku tutupnya dilapisi dengan kain bersih.

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai