Resep Kue Lupis Ketan Hitam Putih. Legit, Kenyal dan Enak

Resep Kue Lupis Ketan Hitam Putih. Legit, Kenyal dan Enak

Resep Kue Lupis Ketan Hitam Putih. Legit, Kenyal dan Enak

Resep Kue Lupis Ketan
Resep Kue Lupis Ketan Hitam Putih. Legit, Kenyal dan Enak! - Kue Lopis atau Lupis ini adalah salah satu jajanan yang melegendaris dari jenis kue basah. Banyak sekali yang menjual jajanan yang satu ini dan bisa kita temukan di pasar-pasar tradisional yang menjual bugis, ongol-ongol, cenil, awug, dan sejenisnya. Kue lopis ini Jajanan favorit aku di masa kecil hingga sekarang namun saat ini sudah jarang yang menjual.

Kue Lupis mempunyai berbagai macam bentuk, yang saya pernah temui berbentuk segitiga dan panjang sedikit lonjong mirip dengan bentuk lontong. Penyajian dari kue lopis ini disiraman dengan kuah gula merah lalu di taburi dengan parutan kelapa muda. Jadi rasanya itu manis dan ada asinnya dari parutan kelapa, pokonya lezat banget di tambah teksturnya  yang kenyal-kenyal gimana gitu.

Resep Membuat Kue Lupis Ketan


Bahan - Bahan Kue Lupis
  1. Beras ketan hitam sebanyak 200 gram
  2. Beras ketan putih sebanyak 200 gram
  3. Garam sebanyak 2 sendok teh
  4. Air kapur sirih sebanyak 2 sendok makan
  5. Tali untuk mengikat secukupnya
  6. Daun pisang untuk membungkus secukupnya
  7. Garam secukupnya
  8. Air untuk merebus secukupnya
Bahan kuah atau Kinca Untuk Kue Lupis
  1. Gula merah diserut sebanyak 200 gram
  2. Air sebanyak 400 ml
  3. Gula pasir sebanyak 50 gram
  4. Nangka sebanyak 3 buah lalu buang bijinya dan potong dadu
  5. Daun pandan, sebanyak 3 lembar lalu dipotong-potong
Bahan Untuk Taburan
  1. Kelapa muda sebanyak ½ butir lalu parut
  2. Garam sebanyak ½ sendok teh
  3. Campurkan semua bahan lalu kukus
Cara membuat Kue Lupis Hitam dan Putih
  • Rendam 200 gram ketan hitam dan 200 gram putih pada wadah yang berbeda kurang lebih selama 2 jam, dan tiriskan.
  • Setelah 2 jam masukkan air kapur sirih pada masing-masing ketan dan beri masing –masing 1 sendok teh garam pada kedua ketan tersebut, lalu aduk hingga rata, kemudian kukus kedua jenis ketan tersebut secara terpisah hingga setengah matang, dan angkat.
  • Ambil daun pisang 1 lembar lalu buatkan seperti contong, kemudian masukkan ketan secukupnya dan tutup dengan berbentuk segitiga, Ikat dengan tali agar tidak mudah terbuka lipatanya. [di sarankan jangan di ikan dengan karet gelang, karena nanti rasa kue lupisnya akan menjadi pahit]
  • Jika semua ketan sudah di bungkus dengan daun pisang segera rebus di dalam panci terpisah yang di isi air dan garam secukupnya (untuk garam pada air rebusan jangan terlalu banyak, cukup sedikit saja, takutnya menjadi keasinan), masak selama 4 jam. Jika air rebusannya sudah mau habis bisa di tambahkan, di sarankan air rebusanya agak banyak karena merebusnya cukup lama, di takutkan sebelum 4 jam airnya sudah kering. Angkat lalu tiriskan.
Membuat Kinca:
  • Masukkan semua bahan-bahan di atas kecuali buah nangka ke dalam panci lalu masak hingga gulanya larut dan kental, kemudian masukkan semua potongan nangka, aduk rata, angkat.
Kini kue lupis hitam dan putih siap di sajikan dengan di siram kinca lalu di taburi dengan kelapa parut, euuum yummy.. Selamat mencoba ya!

Score: Majalah Sedap

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai